Asli Indonesia! 4 Wanita Ini Terkenal Karena Keberaniannya Menjelajah Alam!

1501 views

Tindakan yang didasarkan pada emansipasi wanita layaknya telah banyak menyentuh sendi kehidupan masyarakat sosial pada umumnya. Sudah banyak prestasi wanita yang telah tercapai yang membuktikan tentang kesamaan derajat wanita. Berbagai bidang juga dijajaki wanita untuk membuktikan prestasinya, membuktikan kemampuannya dibidang kehidupan. Dari bidang kehidupan yang sangat kecil perannya, hingga kini wanita juga bisa mendapatkan posisi yang sama tingkatannya dengan kaum pria.

Alam Bebas

Alam Bebas via nationalgeographic.co.id

Karena keteguhan dan kegigihannya menjalani proses yang terjadi dikehidupannya, maka tidak menutup kemungkinan kalau ketekunan atau hobi seorang wanita akan sama dengan kaum pria. Mulai dari hobi bertualang hingga hobi yang menguji adrenalin. Beberapa wanita ini membuktikan bahwa tidak ada alasan untuk menilai wanita dengan sebelah mata, karena wanita pun bisa. Kesetaraan gender kini telah merasuk dan mampu mengembalikan peran dan hal wanita kepada keadaan yang sebenarnya.

Untuk itu, berikut beberapa wanita Indonesia yang hobi memicu adrenalin dengan menjelajah alam di dunia :

Medina Kamil, Wanita Juga Bisa Lebih Berani di Alam

Medina Kamil

Medina Kamil via detik.com

Namanya mulai banyak dikenal sejak kemunculannya sebagai presenter di sebuah acara televisi swasta. Program yang dibawanya berupa program petualangan menjelajahi alam, baik penjelajahan di alam Indonesia maupun hingga manca negara pernah ia jajaki.

Bermodalkan nekat dan keyakinan untuk mencoba hal yang baru, saat itu di tahun 2006 Medina Kamil mencoba melebarkan sayapnya di acara Jejak Petualang Trans7. Profesi yang sebenarnya membuat banyak para wanita mundur teratur dan memilih untuk berfikir ulang sebelum mencoba terjun ke dunia petualangan tersebut. Berbeda dengan Medina yang saat itu justru bersikeras mencoba meraih kesuksesan dengan bertualang.

Tanpa pengalaman yang cukup dan berbekal minatnya pada hobi jalan-jalan, Medina mengajukan diri menjadi presenter Jejak Petualang. Berbagai macam karantina dan pelatihan menghadapi berbagai kondisi alam bebas ia lakukan demi melatih profesionalitas dibidang penjelajahannya.

Setelah perekrutannya menjadi presenter Jejak Petualang, ia ditugaskan untuk melakukan ekspedisinya di Papua untuk yang pertama kalinya. Menurut pelaporan, ia sempat tersesat dan diduga terombang-ambing di laut Arafuru. Saat itu Medina bersama tim terjebak di lautan selama 20 jam, hingga akhirnya menemukan pulau kecil yang tidak berpenghuni. Bermodal semangat bertualang, ia dan tim bertahan hidup di pulau kecil itu selama empat hari sebelum akhirnya ditemukan hanya dengan makan siput dan minum air hujan.

Medina dan tim pernah mengalami kejadian yang lebih mengharukan dibalik pengalamannya tersesat di pulau kecil saat itu. Wanita biasanya lebih memperhitungkan persiapan perjalanan secara detail dan lengkap, begitu juga dengan Medina Kamil yang dikenal oleh tim selalu mempersiapkan bahan dan keperluan bertualang yang lengkap, bukan hanya persiapan darurat seperti obat-obatan tapi juga persiapan bekal makanan dan minuman. Namun saat itu, ketika tim berharap banyak dan berusaha mengumpulkan barang bawaan milik mereka, ternyata Medina melupakan keperluan makannya saat itu, yang didapatkan hanya perlengkapan mandi, make-up dan pisau saja. Karena itulah Medina dan tim berusaha mendapatkan makanan dan minuman dari alam selama berhari-hari.

Namun dari berbagai pengalaman dan beberapa ekspedisi yang pernah dialaminya, justru membuat Medina Kamil lebih merasa tertantang dan bersemangat untuk mendapatkan pengalaman barunya, terlebih untuk menjelajah pelosok negeri.

Nadine Chandrawinata, Menemukan Cintanya Di Pesona Dasar Laut

Nadine Chandrawinata

Nadine Chandrawinata via tribunnews.com

Namanya mulai dikenal secara luas karena ajang Puteri Indonesia yang selanjutnya berhasil mewakili Indonesia di ajang Miss Universe tahun 2006 silam. Kesuksesan karirnya juga ternyata dimulai dari sana. Nadine yang juga memiliki perhatian lebih terhadap dunia petualangan membuatnya semakin bersemangat untuk mencoba menjejakkan kakinya di daerah-daerah di Indonesia, terlebih menjelajahi eksotisme Indonesia yang belum pernah ditemukannya.

Hobinya untuk melakukan penyelaman ke dasar laut, membuatnya dikenal sebagai penyelam wanita professional. Jika hobi wanita pada umumnya adalah shopping, maka sangat jauh berbeda dengan Nadine yang hobi mengakrabkan diri pada keindahan laut Indonesia. Prestasinya juga dibuktikan dengan dirilisnya sebuah buku karangannya sendiri dengan judul Nadrenaline. Dalam bukunya, ia banyak mengisahkan pengalamannya menjelajahi berbagai tempat di Indonesia dan di luar negeri.

Hobi traveling dan diving layaknya sudah sangat melekat di pribadi Nadine. Ia bisa membuktikan bahwa wanita juga bisa berkarya dalam menjaga kelestarian alam Indonesia yang mempesona. Nadine Chandrawinata juga menjadi sosok yang sangat menginspirasi wanita Indonesia bahwa dunia ini begitu luas jika kita mampu menjelajahinya.

Ryanni Djangkaru, Tidak Akan Berhenti Menemukan Keindahan Alam yang Hakiki

Ryanni Djangkaru

Ryanni Djangkaru via jpnn.com

Ryani Djangkaru mulai tertarik di dunia petualangan sejak dirinya masih belia. Bahkan Ryani dikenal sebagai wanita petualang sejati yang berani menembus berbagai medan dan rintangan di alam bebas. Perkenalannya di dunia petualangan dimulai dari pengiriman surat lamaran pekerjaan untuk menjadi seorang news presenter. Saat itu walaupun batas pengiriman berkas lamaran telah ditutup, namun karena tekadnya Ryani tetap mengirimkannya. Hingga akhirnya pada tahun 2002 Ryani ditugaskan sebagai presenter acara Jejak Petualang.

Menurutnya menjadi seorang traveler itu ada untung dan ruginya, terlebih seorang wanita. Selain karena tidak semua wanita dapat menajalani hobi ekstrem semacam ini juga karena minatnya ingin bersatu dengan alam menemukan keindahan yang hakiki. Namun disamping itu, wanita petualang yang satu ini merasa rugi karena anggapan orang mengenai lemahnya kaum wanita juga dirasakan olehnya. Menurutnya lemahnya kaum wanita bukan berarti ia tidak bisa melakukan hal berat seperti yang dilakukan pria. wanita pun bisa melakukannya asal didahului dengan latihan.

Chintya Tangens, Berkenalan dengan Alam dan Mengakrabkan Diri dengan Hewan Liar

Chintya Tangens

Chintya Tangens via travel.detik.com

Jiwa petualangnya terlatih sejak hobinya untuk menemukan informasi terbaru seputar alam sekitar. Chintya yang mengawali karirnya sebagai finalis Miss Selebrity, membuatnya mendapat banyak penawaran dari berbagai pihak. Salah satunya adalah penawaran menjadi presenter acara Jejak Petualang di Trans 7. Chintya juga ternyata sangat terkenal dan menjadi sosok yang inspiratif di daerah asalnya, yaitu Ambon. Pasalnya beliau menjadi wanita Ambon yang sukses meraih popularitasnya di Ibu Kota saat usia mudanya.

Penawaran untuk menjadi presenter di acara Jejak Petualang akhirnya ia terima, dengan maksud untuk mendapatkan pengalaman yang lebih untuk mengenali lebih dalam budaya dan kehidupan masyarakat di Indonesia. Pengalaman pertama didapatkannya ketika melakukan ekspedisinya yang pertama kali di Wasior, Papua. Disanalah Chintya mulai mencoba mengakrabkan diri berinteraksi dengan hewan liar.

Pembuktian keberaniannya pada hewan liar dilakukan dengan menguji nyalinya dengan ular. Dalam petualangannya, ia pernah melakukan pengujian nyali dengan melilitkan ular ditubuhnya. Tanpa gentar dan rasa ngeri ia pun berani menantang nyalinya. Pengalamannya tidak berhenti sampai disana, ia pun mulai menejejakkan kakinya di karir sebagai host petualangan di stasiun TV swasta lainnya. Menjelajah daerah-daerah terpencil Indonesia dan dengan keberaniannya menaklukkan alam bebas, mencoba membaur dalam kehidupan adat dan budaya masyarakat yang masih kental.

Kini karirnya semakin gemilang, dan Chintya dikenal sebagai perempuan generasi muda yang tangguh penjelajah alam Indonesia dan sangat menginspirasi perempuan lainnya, di Indonesia dan di manca negara.

keberanian wanita indonesia perempuan tangguh wanita penjelajah alam wanita petualang

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply

    10 − six =