Wajib Coba! 8 Makanan Khas Korea Selatan Ini Bikin Lidah Bergoyang!

1233 views

Korea Selatan tidak hanya terkenal dengan K-pop semacam SUJU dan BIGBANG yang tampang personilnya yang sedap dipandang ataupun dramanya yang bisa buat kamu enggak tidur 48 jam. Korea Selatan menjadi negara yang paling banyak dikunjungi se-Asia Timur beberapa tahun belakangan ini.

Para wisatawan yang berkunjung bukan hanya untuk bertemu dengan artis idola mereka tapi juga untuk menikmati keindahan alam di Negara Gingseng ini. Korea Selatan terkenal dengan winter season-nya dimana kamu bisa menikmati bermain sky di Daerah Pengunungan.

Tidak hanya itu, Korea Selatan juga terkenal dengan kulinernya. Bagi kamu pecinta kuliner, wajib hukumnya mencicipi kuliner di Korea Selatan. Berikut beberapa makanan khas Korea yang sayang jika dilewatkan.

Kimchi

Kimchi

Kimchi via www.autostraddle.com

Kalau kamu pecinta drama Korea pasti tahu dong makanan jenis apa si kimchi ini. Yups! Kimchi sering banget diucapkan oleh orang Korea saat berfoto. Entah apa tujuannya mereka menyebut kimchi saat berfoto. Mungkin aja nih yah mereka mau memamerkan barisan gigi putih nan bersihnya. “Let’s say Kimchi”, cekrek.

Semua makanan yang disajikan di Korea selatan pasti kimchi enggak pernah kelupaan. Makan tanpa kimchi rasanya hambar. Ibarat orang Indonesia enggak bisa makanan kalau enggak ada sambelnya. Kimchi biasanya dimakan dengan nasi putih, makanan yang lain dn bisa juga di jadiin camilan. Rasa dari kimchi seperti nano-nano, manis, asam dan juga pedas.

Bahan utama dari kimchi adalah sawi putih dan wortel. Cara pembuatannya dengan proses fermentasi selama 2 hari setelah kimchi dicampur dengan pasta.

Kimbap

Kimbap

Kimbap via www.yelp.com

Kim (rumput laut) dan bap (nasi) merupakan salah satu makanan traditional Korea Selatan yang sudah banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Untuk bisa mencicipi makanan ini sangatlah mudah. Hampir setiap sudut kota di Korea Selatan menjual makanan ini.

Kamu juga bisa mendapatkannya di supermarket ataupun di pedagang kaki lima. Bagaimana dengan Indonesia? Kamu pecinta kuliner enggak usah bingung. Di Indonesia sudah banyak restoran yang menjual makanan ala-ala Korea. Dan yang pasti kimbap merupakan salah satu menu yang wajib ada.

Cara pembuatannya enggak terlalu susah kok. Hanya memerlukan nasi dan juga rumput laut untuk membungkusnya. Untuk isinya kamu bisa menambahkannya dengan sayuran dan juga daging. Gampang ‘kan?

Bibimbap

Bibimbap

Bibimbap via www.mekainkorea.com

Selain kimbap ada juga bibimbap meski namanya hampir sama tapi rasanya beda jelas beda. Dari namanya kamu sudah bisa tahu dong kalau makanan ini bahan utamanya pasti nasi (bap).  Makanan yang disajikan dalam sebuah mangkuk dengan tambahan topping seperti sayuran, daging dan juga telur.

Oleh karena itu, wajar jika makanan ini  mempunyai kandungan gizi yang tinggi. Saat bertandang ke Korea Selatan kamu bisa menjadikan bibimbap sebagai makan siang dan juga makan malam. Bentuknya hampir sama dengan makanan Indonesia kok guys!

Arti dari bibimbap adalah “bibim” (campur) dan “bap” (nasi) atau nasi campur. Biasanya masyarakat Korea menyajikannya dalam mangkuk panas (hotplate) yang dalamnya diolesi dengan minyak wijen. Tujuannya agar telur yang menjadi topping-nya bisa matang dan juga terbentuk kerak nasi pada mangkuk tersebut. Yang pasti rasanya pasti sangat lezat.

Ramyeon

Ramyeon

Ramyeon via www.k-pophits.com

Sepintas terlihat bentukannya sama aja dengan indomie khas Indonesia. Makanan khas Korea ini hampir sama juga dengan mie yang ada di Jepang. Apa yang membedakan? Jelas dari rasanya. Makanan khas Korea ini sudah cukup terkenal di berbagai negara. Bisa dikatakan bahwa makanan khas Korea yang sangat mudah ditemukan di negara lain adalah Ramyeon atau disebut juga ramen.

Ramen sudah banyak dijual di minimarket maupun di supermarket yang ada di Indonesia apalagi di kota asalnya sendiri, Korea. Rasanya pun berbeda-beda. Mulai dari yang original, rasa daging sapi, rasa keju, rasa seafood, ada yang pedas dan ada juga yang manis. Meski rasanya berbeda-beda akan tetapi bahan utama dari bumbunya sama kok yang membedakan hanya pelengkap rasanya saja.

Buat kamu nih yang ingin membuat sendiri di rumah, kamu hanya memerlukan mie basah dan beberapa bumbu dapur. Tapi, kalau kamu enggak mau repot kamu bisa membelinya di supermarket terdekat.

Jjajangmyeon

Jjajangmyeon

Jjajangmyeon via en.wikipedia.org

Kalau kamu sering nonton drama Korea jjangmyeon pasti sudah enggak asing lagi buat kamu. Biasanya di drama-drama Korea jjangmyeon ini disajikan dengan pasta hitam panas yang terbuat dari kedelai hitam yang dimasak dengan bawang bombay, daging giling ataupun seafood. Sebelum memakan jjangmyeon sebaiknya mienya diaduk rata dulu dengan pastanya agar rasanya semakin lezat. *Membayangkannya saja sudah membuat perut keroncongan*

Mie hitam ini wajib kamu coba jika berkunjung ke Korea. Kamu enggak akan kesulitan menemukannya. Pasalnya, makanan ini banyak dijual di warung-warung pinggir jalan. Ada juga loh yang dijual instant di supermarket tapi rasanya pasti beda dengan yang dijual di warung kaki lima. Buat kamu yang muslim, hati-hati yah jika ingin mencicipi makanan ini. Tanyakan dulu ke ahjumma-nya pastanya dicampur dengan daging apa.

Bulgogi

Bulgogi

Bulgogi via www.busanhaps.com

Bul (api) gogi (daging) sendiri artinya adalah daging panggang. Daging yang digunakan adalah daging sapi. Makanan ini dibuat dengan cara daging sapi yang bagus diiris kecil dan agak tipis kemudian dicelupkan ke dalam saus yang terbuat dari jus buah pir, bawang putih, kecap dan bumbu lainnya.

Biasanya makanan ini akan disajikan menggunakan hotplate ditambah dengan kimchi dan juga daun selada. Nah, agar rasanya lebih enak kamu bisa menyantapnya dengan cara membungkusnya dengan daun selada mencampurnya dengan kimchi dan juga bawang putih. Seperti orang Korea gitu deh! Pasti rasanya akan membuat kamu ketagihan.

Di Korea sendiri makanan ini biasanya ditemukan di restoran. Harganya? Hmm, lumayan merogoh dompet orang Indonesia. Maklum nilai tukar rupiah untuk won(mata uang Korea selatan) hampir setara dengan dollar Amerika.

Tapi, kamu tetap bisa mencicipi makanan yang terkenal dengan rasanya yang super duper lezat ini kok. Ada beberapa restoran yang mematok harga murah untuk 1 piring Bulogogi. Kalau rasa enggak jauh beda kok dengan bulgogi yang dijual di restoran mahal.

Sannakji

Sannakji

Sannakji via www.sayangi.com

Sannakji merupakan salah satu makanan khas Korea Selatan berupa gurita yang di makan hidup-hidup. Seperti apa rasanya memakan gurita yang masih bergerak? Yang jelas kamu enggak bakalan tahu bagaimana sensasinya menelan daging gurita yang licin kalau kamu enggak mencobanya.

Buat kamu yang masih pemula disarankan untuk meminta bimbingan dari teman atau kerabat yang sudah terbiasa memakan makanan sejenis ini. Katanya sih, sannakji ini lebih enak kalau disajikan dengan soju minuman khas Korea yang mengandung alkhohol.

Kalau kamu mau pengalaman kuliner yang luar biasa di Korea Selatan, kamu bisa mencoba Sannakji ini. Selamat mencoba!

Jajanan Pinggir Jalan

Jajanan Pinggir Jalan di Korea

Jajanan Pinggir Jalan di Korea via www.masakanpraktisrumahan.com

Bagi kamu yang suka goreng-gorengan jajanan pinggir jalan makanan yang wajib kamu cicipi saat berkunjung ke Korea Selatan. Jajanan pinggir jalan ini banyak macamnya ada tteokbokki (kue beras pedas), odeng (fish cake), hot dog, bungeoppang, jipangyi ice cream dan juga hweori gamja (tornado potato). Untuk rasa enggak perlu diragukan lagi. Pasti kamu akan ketagihan sampai kebawa mimpi. Hehehe

Jajanan ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di Korea. Kalau kamu mau menikmati malam sambil wisata kuliner kamu bisa mengunjungi pasar Dongdaemun yang buka 24 jam atau kamu juga bisa mengunjungi pasar Kwangjang yang terkenal dengan makanan murah. Pasar Myeongdong dan Insadong cocok buat kamu yang mau shopping dan juga menikmati wisata kuliner.

Mugkin kamu udah enggak sabar nih pengen mencicipi makanan khas Korea Selatan. Gimana? Sudah punya rencana untuk berkunjung ke sana? Selamat bersenang-senang yah!

jajanan pinggir jalan korea kelezatan kuliner korea makanan khas Korea Selatan wisata korea selatan wisata kuliner

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply

    ten − 8 =