Untuk Kamu yang Suka Wisata Kuliner, Tidak Pas Jika Belum Mencoba Street Food Khas dari 5 Negara di Asia Ini!

1148 views

Street Food atau jajanan pinggir jalan menjadi hal yang tidak boleh terlewatkan bagi kamu pelancong dan pecinta kuliner. Kuliner khas Asia tentunya sudah banyak dikenal dunia, terlebih karena rasanya yang khas dengan berbagai bumbu dan rempah yang membuatnya semakin nikmat. Kuliner khas Asia bisa kamu temukan dengan mudah di jajaran street food berbagai kota di Asia, tidak hanya di kota besar, di kota kecil juga banyak yang menjajakan kuliner khas negaranya pada street food. Berikut adalah jajanan khas di beberapa negara di Asia yang sudah banyak diminati oleh wisatawan lokal maupun asing.

Seperti yang Kita Tahu, Thailand Menjadi Surganya Street Food

Street food Thailand

Street food Thailand via nytimes.com

Bangkok, merupakan salah satu kota yang memang sudah banyak dikenal dunia. Terlebih jika kamu food lover, pasti tahu dan paham bahwa Bangkok menjadi salah satu kota dimana banyak variasi makanan dijajakan di pinggir jalan. Street food di Bangkok banyak menyediakan fresh-cooked meals.

Dimulai dengan Tom yum goong (spicy shrimp soup) yang merupakan makanan khas Thailand dan cukup populer dikalangan mancanegara. Tom yum goong sendiri merupakan sup udang pedas yang terdiri dari cita rasa khas rempah yang cukup nikmat dimakan bersama menu lainnya. Rasanya yang asam pedas membuat Tom yum goong menjadi makanan favorite yang banyak digemari para wisatawan.

Tom yum goong

Tom yum goong via mademoisellejoanne.blogspot.co.id

Dilanjutkan dengan Som tum (spicy green papaya salad) yang merupakan kuah asam manis pedas yang diisi bersama dengan irisan pepaya muda dan tomat yang segar. Ditambahkan dengan bumbu berupa bawang putih, cabai, dan kacang hijau. Dibeberapa daerah terdapat variasi Som tum yaitu dengan menambahkan udang kering atau kepiting asin.

Som tum

Som tum via inpermataku.blogspot.co.id

Kemudian terdapat Tom kha gai (chicken in coconut soup), yaitu sup ayam santan kelapa yang memiliki cita rasa khas karena penambahan bumbu berupa lengkuas, bawang merah, serai, dan cabai yang menambah rasa manis gurih dan lembut. Menu andalan dari Thailand selain Tom yum ini wajib dicoba untuk kamu pecinta kuliner.

Tom kha gai

Tom kha gai via ikanricarica.com

Terdapat Pad thai (thailand style fried noodle), yang dikenal juga sebagai mie goreng khas Thailand. Dibuat dengan variasi mie tipis ataupun lebar yang digoreng bersama tauge, bawang, dan telur. Kemudian ditambahkan bumbu berupa cabai, tumbukan kacang, dan kecap ikan, menjadikannya sangat istimewa. Mie goreng khas Thailand ini bisa ditambahkan dengan kesegaran air jeruk nipis untuk menambah kesegaran dalam menikmatinya.

Ped thai

Ped thai via dapurselera.com

Ho Mok Pla (Steamed Fish Snack) merupakan menu khas ikan segar yang dicampurkan bersama santan kelapa dan sayuran lainnya, kemudian dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Menjadikannya terasa istimewa dengan bumbu yang begitu kental.

Ho mok pla

Ho mok pla via superkidsindonesia.com

Jadi, tunggu apalagi cobalah beberapa menu khas Thailand yang bisa kamu temukan di jajaran street food-nya.

Tak Kalah dari Thailand dan Turki, Jepang Juga Punya Segudang Street Food yang Harus Kamu Coba

Japan Street food

Japan Street food via 3soeponos.wordpress.com

Mulai dari kota Tokyo yang merupakan jantung negara Jepang sendiri, banyak menjajakan Street Food yang cukup memanjakan lidah. Takoyaki menjadi menu andalan dalam Street Food di Jepang. Adonan terigu berbentuk bola-bola yang didalamnya diisi dengan gurita, paling mudah kamu temukan diberbagai tempat di Jepang.

Takoyaki

Takoyaki via wikipedia.org

Selanjutnya yaitu korokke atau kroket khas jepang yang berupa gulungan bulat melonjong terbuat dari kentang dilapisi dengan telur dan tepung roti. Didalamnya diisi dengan ayam, sayuran, udang, dan gurita. Sebenarnya hampir sama dengan kroket pada umumnya yang kita kenal, namun dalam hal ini Korokke memiliki keistimewaan pada isian didalamnya yang lebih sehat berupa sayuran seperti wortel dan bawang, namun kamu juga bisa menemukan kroket dengan isian daging atau seafood.

Korokke

Korokke via resepmasakankue.tumblr.com

Ramen, makanan khas jepang yang tak kalah populernya dikalangan pecinta kuliner. Mie yang direbus bersama dengan beberapa sayuran serta daging atau ikan dan rumput laut, dilengkapi dengan bumbu dan rempah pilihan membuat siapa saja ingin segera mencicipinya. Cita rasa khas yang ada pada ramen terletak pada kuah ramen yang sangat pedas.

Ramen

Ramen via seriouseats.com

Udon, atau dikenal juga sebagai mie udon yang merupakan mie kuah dengan bentuk yang lebih tebal dan lebih besar dari ramen. Biasanya mie udon disajikan bersama dengan tempura atau udang yang digoreng bersama dengan tepung terigu. Adapun cita rasa udon terdiri dari pedas, gurih-manis, dan original yang sangat menggugah selera.

Udon

Udon via common.wikimedia.org

Yakitori, sate khas jepang. Sama dengan sate yang ada di Indonesia, Yakitoki merupakan potongan daging ayam yang berupa kulit, hati, atau daging yang ditusuk kemudian dibakar diatas arang. Membuatnya sedikit berbeda dengan sate yang kita kenal di Indonesia adalah bumbu yang digunakan hanya berupa garam atau kecap asin.

Yakitoki khas jepang

Yakitoki khas jepang via pengenliburan.com

Jadi, penasaran bagaimana rasa jajanan khas Jepang yang sudah terkenal? Mulailah menapakkan kawasan wisata kuliner ke negeri sakura tersebut.

Korea Menjadi Tempat Favorite Temukan Street Food yang Tak Kalah Beragam

Korea dengan Street food-nya

Korea dengan Street food-nya via studyinkorea.wordpress.com

Dimulai dari tempat yang paling terkenal untuk menemukan jajanan pinggir jalan di pasar Myeongdong, surganya wisata kuliner dengan street food beragam di Korea. Sebenarnya masih banyak lagi tempat lain yang menyediakan jajanan khas korea di pinggir jalan, baik di kota besar maupun kota kecil banyak yang menjajakan makanan khasnya.

Adapun jajanan yang cukup terkenal dikalangan pelancong kuliner adalah Tteokbokki. Tteokbokki atau Spicy Rice Cakes menduduki peringkat teratas dalam jajaran makanan khas Korea yang paling populer. Bukan hanya di negerinya sendiri, namun Tteokbokki juga sudah menjelajahi negara lain, terbukti di beberapa Restoran dan kedai di Indonesia banyak menyediakan menu khas Korea yang satu ini. Tteokbokki merupakan salah satunya yang paling banyak digemari.

Tteokbokki

Tteokbokki via earthexcursion.com

Tteokbokki sendiri merupakan camilan yang terbuat dari kue beras yang direbus dan biasanya disajikan dengan saus olahan bersama bumbu khas yang sudah mendapat fermentasi. Pelengkap lainnya dalam sajian Tteokbokki adalah telur rebus dan fish cake.

Kemudian terdapat Kimbap yang sebenarnya sepintas lebih mirip dengan sushi khas jepang. Kimbap sendiri merupakan nasi putih yang digulung dengan gim atau rumput laut, diisi dengan daging sapi, telur, fish cake, dan sayuran berupa bayam, wortel, acar lobak, dan mentimun. Hal yang membedakannya adalah penambahan minyak wijen pada nasi, berbeda dengan sushi yang ditambahkan dengan cuka beras. Jika kamu mencobanya, pasti akan jelas terasa perbedaan tersebut.

Kimbap

Kimbap via annisaasanti.blogspot.com

Odeng atau Fish Cake khas Korea juga cukup banyak memiliki penggemar. Odeng merupakan olahan ikan yang ditusuk dan disajikan bersama dengan kuah kaldu. Odeng banyak sekali ditemukan di street food korea, biasanya kebanyakan street food terdapat di area pasar seperti Myeongdong. Odeng juga cukup populer karena harganya yang terjangkau.

Odeng khas korea

Odeng khas korea via seoulistic.com

Jadi, sudah cukup yakinkah kamu untuk mencoba street food  yang ada di Korea?

Singapore dengan Beragam Street Food-nya yang Khas dan Menggugah Selera

Street food di Singapore

Street food di Singapore via aquila-style.com

Chinatown sering dikenal sebagai tempat ditemukannya berbagai macam kuliner khas Singapore. Dimulai dengan jenis es krim potong atau Uncle Ice Cream dari Singapore yang wajib untuk dicoba, terletak di Orchard Road yang sangat terkenal bukan hanya karena pusatnya perbelanjaannya tapi juga gudangnya kuliner khas Singapore. Es krim potong ini tersedia dalam berbagai rasa, seperti cokelat, mint choco chip, strawberry, dan durian. Biasanya es krim potong ini dinikmati bersama waffle atau roti tawar sesuai dengan selera.

Es krim potong

Es krim potong via qraved.com

Selanjutnya terdapat Hokkien mee yang merupakan mie yang direbus bersama kaldu udang dan ditambahkan sedikit telur. Hokkien mee juga dapat digoreng bersama tambahan sayuran dan udang. Tentunya memiliki cita rasa yang sangat nikmat dengan rasanya yang pedas dan gurih. Old Airport Road Food Center merupakan tempat terbaik untuk mencicipi Hokkien mee.

Hokkien mee

Hokkien mee via cnn.com

Selanjutnya kamu juga bisa mencicipi nasi ayam hainan yang cita rasanya sangat istimewa. Nasi ayam hainan atau Hainanese Chicken Rise terasa istimewa karena perebusan ayamnya, ayam direbus dalam air kaldu dan jahe. Kadayanallur Street merupakan tempat dimana kamu bisa menemukan Hainanese chicken rise terbaik di Singapore.

Ayam goreng Hainan

Ayam goreng Hainan via resepnya.com

Kemudian terdapat Chili Crab yang merupakan menu istimewa khas Singapore. Bukan hanya restoran ternama saja yang bisa menyajikan Chili Crab, kamu juga dapat menemukan Chili Crab hanya dengan mengunjungi Sreet Food di Singapore. Kepiting menjadi sangat istimewa karena direbus dengan saus cabai dan tomat, biasanya ditambahkan dengan nasi atau roti sesuai dengan selera.

Chili Crab

Chili Crab via vkeong.com

Menu jajanan khas Singapore yang wajib dicoba lainnya adalah laksa. Laksa merupakan sup mie yang dicampurkan dengan udang, otak-otak, dan telur rebus dilengkapi juga dengan sayuran lainnya. Laksa menjadi sangat istimewa karena cita rasa khas China dan Malaysia tergabung menjadi satu dan banyak ditemukan di Singapore.

Laksa Khas Singapore

Laksa Khas Singapore via pinterest.com

Jadi, bagaimana dengan street food yang disajikan Singapore, jika kamu ingin mencobanya, kini sudah banyak kedai yang khusus menyajikan menu khas Singapore bahkan di dalam negeri.

Indonesia, Tempat Temukan Keharmonisan Cita Rasa dan Keramahan Penduduk dalam Street Food-nya

Keramahan Indonesia dalam Balutan Street food

Keramahan Indonesia dalam Balutan Street food via www.abc.net.au

Tak kalah dengan negara-negara Asia lainnya, Indonesia juga memiliki keberagaman pada cita rasa jajanan khas di street food-nya. Hampir diberbagai kota besar dan kota kecil di Indonesia sudah banyak menyajikan jajanan pinggir jalan. Adapun keramaian street food terjadi pada momen-momen tertentu seperti pada bulan ramadhan ketika menjelang waktu berbuka puasa. Ada beberapa jenis makanan khas Indonesia yang umumnya dijajakan di pinggir jalan, menjadikannya istimewa karena kaya akan bumbu dan rempah khas Indonesia.

Sambal

Sambal via life.viva.co.id

Sambal memang sudah tidak asing bagi pecinta kuliner khas indonesia. Sambal yang merupakan menu pelengkap untuk segala jenis makanan bisa kamu nikmati dengan mudah diberbagai street food yang tersedia. Sambal sendiri ada karena orang Indonesia memiliki kegemaran dan selera pedas pada setiap masakan. Tapi dibeberapa kondisi orang menginginkan menu sambal yang terpisah. Sambal sendiri merupakan campuran cabai, bawang, dan rempah lainnya yang digiling atau dihancurkan bersama. Dengan tambahan tomat, asam, kacang, atau terasi untuk berbagai menu sambal special.

Sate Khas Indonesia

Sate Khas Indonesia via suararakyatindonesia.org

Sate, merupakan jajanan khas Indonesia yang cukup mendunia. Sate merupakan potongan kecil daging, kulit, lemak, dan hati yang dibakar dengan arang dilengkapi dengan bumbu special menjadikannya makin nikmat. Sate sendiri memiliki beberapa variasi yaitu sate daging yang dibuat dari daging kambing atau daging sapi, kemudian terdapat sate ayam yang tidak kalah nikmatnya.

Bakso

Bakso via resepmasakpedia.blogspot.com

Bakso, jajanan ini cukup banyak dikenal dunia sudah cukup lama. Bakso merupakan adonan yang direbus bersama dengan mie dan bihun dalam air kaldu, terbuat dari campuran daging dan tepung kanji. Pelengkap dari penyajian Bakso ini adalah sayuran dan kerupuk, yang sangat nikmat dihidangkan pada musim penghujan seperti ini.

Soto

Soto via masteresep.com

Tak kalah nikmatnya, soto juga memiliki cita rasa yang khas pada kuahnya. Soto merupakan nasi yang dicampurkan dengan kuah kaldu kental dilengkapi dengan bihun dan sayuran seperti tauge, kubis, dan daun bawang. Biasanya ditambahkan dengan perasan jeruk nipis menambah segar rasanya.

Nasi Goreng

Nasi Goreng via resepmasakanindonesia.me

Rasanya kurang lengkap jika berkunjung ke Indonesia tanpa mencicipi menu yang satu ini. Nasi goreng hanya dimiliki oleh Indonesia, menu ini merupakan menu nasi yang digoreng bersama beberapa bumbu yang khas membuatnya nikmat dengan tambahan seafood atau telur ataupun sayuran.

Jadi, jangan ragukan setiap kelezatan khas dari jajanan khas berbagai negara di Asia tersebut, terlebih kamu pecinta kuliner. Ide yang bagus untuk mencicipi tiap jajanan tersebut pada suasana street food-nya.

jajanan pinggir jalan Street Food Khas asia wisata kuliner

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply

    5 × 2 =