Untuk Kamu yang Suka Icip-icip, Coba 5 Jajanan Khas Bandung dengan Rasa yang Susah Dilupakan!

2041 views

Hobi makan atau hanya sekedar icip-icip? Banyak menu jajanan yang terkenal dari berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya adalah bandung, selain terkenal karena wisata alamnya yang begitu mempesona, Bandung juga tidak kalah memanjakan para wisatawannya untuk hanya sekedar icip-icip jajanannya. Menu jajanan khas Bandung juga dapat dengan mudah kamu temukan, namun yang bercita rasa khas serta sesuai dengan selera kamu akan jarang ditemukan. Jadi disamping berwisata alam mengelilingi kota bandung, layaknya kamu juga bisa mencoba beberapa jajanan khasnya.

Jajanan ini memang sudah sangat terkenal dimana-mana, bukan hanya dijajakan di Bandung tapi sudah banyak oleh-oleh khas Bandung ini dijajakan beberapa daerah di Indonesia. Tapi kiranya sangat kurang pas jika kamu berjalan-jalan ke Bandung tanpa mencicipi resep khasnya. Walaupun hanya lewat jajanan sederhana dan bahkan hanya dijajakan di kedai-kedai kecil pinggir jalan, namun cita rasa dan keakraban para penjualnya membuatmu susah lupa akan rasa istimewanya jajanan ini. Beberapa cita rasa dan suasana keakraban Bandung akan terasa dari jajanan berikut ini:

Cilok Bisa Jadi List Pertama Kamu untuk Mengenali Cita Rasa Bandung Sebenarnya

Cilok Khas Bandung

Cilok Khas Bandung via boombastis.com

Cilok menjadi jajanan yang cukup akrab dilidah orang Indonesia, terutama di Jawa Barat yang merupakan daerah asal Cilok ini diciptakan. Bentuknya yang hamper sama dengan bakso, maka cilok juga tak kalah hits dari bakso pada umumnya, apalagi jika kamu menemukannya di Bandung. Cilok bandung memang terkenal lezatnya, berbeda dengan jajanan lain yang khususnya terbuat dari tepung kanji.

Kini kamu juga bisa mencoba berkreasi untuk membuat cilok khas bandung ini. Dengan bahan sederhana dan mudah ditemukan didapur kamu, maka seporsi cilok akan sukses kamu buat. Adapun bahan yang digunakan adalah tepung terigu, tepung kanji, bawang putih, garam dan kaldu ayam, kemudian bahan tambahan berupa daun banwang untuk menambah aroma yang khas dan tampilan menarik.

Kemudian pelengkap yang membuat cilok menjadi sangat special dengan rasanya yang susah dilupakan adalah saus kacangnya. Dengan kacang hasil sangrai yang telah kamu haluskan, kemudian tambahkan cuka, gula, dan garam, lalu masak hingga merata. Saus kacang ini bisa kamu tambahkan diatas cilok yang telah kamu buat, rasanya pasti akan nikmat. Sama seperti cilok khas bandung yang kaya rasa.

Surabi bandung memang Special Dihati Para Penikmatnya

Surabi Bandung Kini Makin Mewah

Surabi Bandung Kini Makin Mewah via jalanjajanmurah.com

Jika kamu bertanya dimana kota asal Surabi, maka Bandung jawabannya. Di kota ini banyak tersedia berbagai surabi dari A hingga Z, dengan varian rasa yang tak kalah beragam. Jadi bagi kamu yang tengah menjelajahi kota Bandung rasanya tidak akan pas sebelum mencoba menu jajanan yang satu ini.

Pada awalnya, surabi hanya menu jajanan tradisional yang terbuat dari tepung berasa yang dipanaskan dengan menggunakan cetakan khusus, kemudian penyajiannya ditambahkan dengan santan kelapa yang sangat gurih. Namun di era modern ini, surabi sudah banyak menyajikan rasa dan didukung oleh topping yang menambah selera makan kamu. Jadi tidak perlu khawatir karena menu jajanan surabi ini tidak akan membuat lidahmu bosan untuk mencicipinya berkali-kali.

Salah satu kedai yang menjajakan surabi yang paling terkenal adalah Surabi Imut atau Surabi Inhaii yang berlokasi di Jl. Setiabudi. Dengan lokasi yang paling stategis ini membuat kedai Surabi Imut menjadi destinasi kuliner wisatawan domestic untuk singgah mencicipi surabi ini.

Selain Nimkat Misro dan Combro juga memiliki Cita Rasa Khas Tersendiri

Combro

Combro via sebandung.com

Jajanan khas yang terbuat dari bahan utama berupa singkong kadang sudah sangat langka dijajakan. Di kota asalnya, seperti Bandung Combro menjadi menu jajanan tradisional yang biasanya disajikan keluarga di pagi hari didampingi dengan segelas teh hangat. Namun kini sudah jarang ditemukan suasana keakraban keluarga seperti ini.

Combro secara umum diambil dari resapan nama bahan yang digunakan, yaitu oncom yang digunakan masyarakat sunda untuk menyebut olahan tempe dengan bumbu khas. Combro atau oncom di jero sangat nikmat disajikan bersama dengan sambal yang segar. Jajanan yang biasanya dinikmati oleh masyarakat tradisional sunda ini kiranya bisa kamu buat sendiri. Dengan bahan yang sederhana maka combro khas bandung dapat kamu sajikan sendiri.

Adapun bahan yang digunakan adalah singkong yang dihaluskan dengan cara diparut atau ditumbuk. Kemudian tambahkan dengan kelapa dan garam untuk member rasa gurih. Bahan lain yang perlu ditambahkan untuk membuat combro adalah oncom, bawang merah, bawang putih, daun bawang dan seledri yang semuanya diiris tipis.

Campurkan dengan bumbu seperti gula, merica, kecap, dan garam.

Sedikit berbeda dengan Combro, menu jajanan Misro menggunakan gula merah sebagai isiannya. Dengan menggunakan bahan utama singkong yang telah dihaluskan dan ditambahkan dengan garam dan kelapa, membuat misro tak kalah nikmat disantap saat mengawali hari. Kombinasi antara singkong yang gurih dengan gula merah yang manis membuat misro semakin susah dilupakan rasanya.

Jangan Salah, Siomay Bandung Akan Lebih Unggul dari Siomay yang Pernah Kamu Cicipi Sebelumnya

Siomay Bandung yang Nikmat

Siomay Bandung yang Nikmat via calisthaproperty.com

Memang menjadi barang tentu bahwa siomay merupakan jajanan khas daerah Bandung. Jajanan khas Bandung ini memang sudah sangat terkenal, bahkan kamu tidak harus jauh-jauh ke Bandung untuk menemukan jajanan yang satu ini. Pasalnya tiap daerah juga sudah banyak menjajakan menu jajanan ini. Tak kalah dengan rasa dan cita rasa masyarakat sunda, Siomay di beberapa daerah juga melabelkan nama Khas Bandung pada produknya untuk lebih menarik pelanggan.

Untuk kamu yang suka melakukan eksperimen didapur, siomay Bandung juga tidak kalah sederhana untuk dibuat sendiri. Adapun bahan yang dibutuhkan hanya tepung terigu, tepung kanji, ikan tenggiri sebagai perasa khas Siomay. Kemudian bahan tambahan seperti bawang merah, bawang putih, air, dan garam. Cara membuatnya juga cukup simple, dimana semua bahan yang tersedia dicampurkan hingga merata. Kemudian adonan yang telah siap tadi bisa dibentuk bulatan seperti membuat bakso, selanjutnya kukus adonan hingga masak.

Siomay akan terasa lezat jika ditambahkan dengan saus kacang. Berbeda dengan saus kacang yang digunakan untuk cilok, saus kacang pada siomay lebih kental dan gurih. Biasanya siomay disajikan bersama kubis, kentang, dan tahu yang telah dikukus.

Rujak Cireng Harus Kamu Coba untuk Mendapat Keistimewaannya

Cireng Khas Bandung

Cireng Khas Bandung via oleholehkhasbandung.com

Inovasi dari varian menu jajanan yang terbuat dari tepung kanji kini di kombinasikan dengan bumbu rujak. Disinilah kamu kenal dengan jajanan khas Bandung yang disebut Rujak Cireng. Cireng merupakan olahan tepung terigu dan tepung kanji yang ditambahkan dengan bumbu khas berupa kelapa dan bawang putih juga bawang merah, dibentuk sedemikian rupa hingga menjadi cireng.

Cireng sendiri dinamakan berasal dari bahan utama dan proses pembuatannya, dimana Ci berasal dari kata aci atau tepung kanji, dan Reng yang berasal dari kata Goreng. Jadi keduanya memiliki arti olahan makanan yang tebuat dari tepung kanji yang digoreng.

Jadi untuk kamu yang ingin mengenal lebih dalam menu jajanan khas bandung, cobalah kreasikan menu jajanan tersebut dengan resep kamu.

bandung Jajanan Khas Bandung wisata kuliner bandung

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply

    9 − 5 =