Setelah Baca Tips Solo Travelling Dan Baca Kisah Para Solo Backpacker, Beranikah Kamu Untuk Mencobanya?

1627 views

Melakukan perjalanan seorang diri mungkin masih menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian orang. Bisa jadi karena mereka tidak pede jika tidak ada teman seperjalanan yang dapat diajak berbagi solusi bila terjadi masalah atau tidak ingin merasa kesepian selama perjalanan. Namun ada baiknya juga jika sesekali kamu berpetualang seorang diri tentunya dengan sudah menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan.

Nah para backpacker berikut ini melakukan perjalanan solo mereka yang mungkin dapat menginspirasi kamu untuk mencoba your own solo travelling oke?

Dewi Patlia Novitasari (Deva)

Dewi Patlia Novita Sari (Deva), solo backpacker

Dewi Patlia Novita Sari (Deva) via brilio.net

Dewi Patlia Novitasari atau biasa dipanggil dengan sebutan Deva nekat untuk mengundurkan diri dari pekerjaan kantornya demi bisa berkeliling Indonesia sebelum berumur 25 tahun. Deva sudah memulai misinya untuk mengelilingi Indonesia semenjak 6 bulan yang lalu. Dalam waktu 6 bulan tersebut dia telah mengunjungi berbagai tempat dengan rute utama Kalimantan, Jawa, Nusa Tenggara, Maluku, Sulawesi, sampai dengan Papua. Melalui akun instagram catatan backpacker, Deva selalu mengupdate posisi terbarunya. Akun ini dibanjiri 10.000 follower dalam waktu 50 hari karena Deva selalu memuat kisah-kisah menarik mengenai perjalanannya.

Deva yang senang berbaur dengan anak-anak dan masyarakat setempat memang menjadikannya mudah untuk menyesuaikan diri dengan setiap perjalanan yang dilakukannya.

Ashari Yudha

Ashari Yudha, solo travelling

Ashari Yudha via youtube.com

Ashari Yudha merupakan mahasiswa tingkat akhir jurusan Teknik Geologi di sebuah universitas di Jawa Barat. Berbagai perjalanannya pun sering diupdate di akun instagram yang dia beri nama catatan backpacker. Ashari yang biasa disebut dengan nama panggilan Yudha ini melakukan perjalanan karena terinspirasi oleh pesan ayahnya yang juga seorang perantau. Selain itu dia juga memiliki niat mulia yaitu ingin memberikan inspirasi kepada para muda mudi Indonesia untuk lebih mencintai tanah air dengan mengenal Indonesia lebih dalam dari berbagai aspek.

Seperti yang dia ceritakan dalam akun instagramnya, Yudha pernah melakukan perjalanan solo travelling mengelilingi Indonesia selama lebih kurang 5 bulan dengan rute Jawa-Karimunjawa-Bali-NTB-Maluku Utara-Maluku-Papua-Sulawesi.

Salah satu ciri khasnya dalam melakukan perjalanan adalah dia suka membaur dengan kearifan lokal dimana dia bisa tidur dimana saja baik di kantor polisi ataupun halte, rumah penduduk dan juga dapat membaur dengan berbagai transportasi seperti menumpang mobil pribadi, bus ataupun truk tronton.

Nah apakah kamu tertarik untuk mencoba melakukan perjalanan seperti Yudha?

Deni Aprianto

Deni Aprianto

Deni Aprianto via twitter.com

Deni Aprianto masih berusia muda yaitu 25 tahun kelahiran Kediri dan telah mengunjungi 52 negara dan 100 kota yang tersebar di berbagai belahan dunia. Seperti yang diceritakan oleh Deni Aprianto kepada Gulalives, Deni selalu menyusun dulu itinerary atau detail setiap rencana perjalanan.

Berikut kutipannya “Betul, traveling itu nggak hanya asal jalan-jalan. Coba deh tulis itinerary yang matang sesuai rute perjalanan yang ingin anda tuju. Hal ini akan memudahkan traveler menyusun agenda dan tempat-tempat mana saja yang mau dikunjungi. Sebaik mungkin arah rutenya dipilih yang sejalur untuk memangkas cost berlebih. Jangan lupa browsing untuk mendapatkan tiket pesawat murah dan tempat penginapan yang terjangkau. Setelah semuanya siap, boleh deh berangkat,”

Deni berkeliling dunia dengan budget miring lho. Nah apakah kamu tertarik untuk berkeliling dunia seperti yang dilakukan oleh Deni? Yuk segera menabung dan susun itinerary kamu!

Medina Umandap & Jonathan

Medina & Jonathan

Medina & Jonathan via travelfindsshop.com

Kisah dua traveler ini dimulai ketika mereka memutuskan untuk berhenti bekerja dan memulai perjalanan keliling dunia. Medina dulunya bekerja sebagai pegawai perusahaan minyak di Kurdistan, Irak sedangkan Jonathan dulunya adalah seorang arsitek di Inggris. Untuk membiayai perjalanannya, Jonathan bahkan sempat mengajar Bahasa Inggris di Hanoi, Vietnam ketika Medina berlatih Yoga di Thailand. Dua bulan kemudian akhirnya mereka memutuskan untuk bertemu kembali dan memulai perjalanan cinta mereka sebagai pasangan Travel Blogger.

Banyak pahit dan getir yang mereka lalui bersama ketika bertahan hidup di negara-negara yang mereka singgahi. Seperti mengajar bahasa Inggris di Vietnam dan Peru hingga mengajar Yoga. Mereka juga hidup hemat dengan cara menumpang ketika bepergian dan berbagi shelter serta berbagi makanan dengan para backpacker lain.

Awalnya mereka tidak terpikir untuk menulis blog tentang perjalanan keliling dunia tersebut. Namun kemudian teman-teman dan keluarga menyarankan keduanya untuk membuat blog dan mulai menulis perjalanan mereka. Akhirnya mereka belajar selama lebih kurang sebulan untuk membuat blog dan melahirkan kisah cinta unik perjalanan mereka yang memiliki taglineMonkey Backpackers to Luxury Travelers“.

Akhirnya dengan perjuangan dan fokus untuk mewujudkan impian mereka, lambat laun mereka dapat merasakan menginap di kamar mewah, menikmati Jacuzzi, terbang dengan pesawat carteran, skydiving di Brazil, bahkan berlayar dengan menggunakan kapal pesiar pribadi di Kolombia, dan lain-lain.

Nah apakah kamu cukup terinspirasi dengan kisah perjuangan Medina dan Jonathan untuk memulai petualangan sebagai backpacker keliling dunia? Tidak ada di dunia ini yang mustahil untuk dilakukan jika kamu memiliki tekad dan keinginan yang kuat bukan?!

Tips-Tips Untuk Menjadi Solo Backpacker

  1. Jaga kesehatan

    Penting untuk menjaga stamina kamu sebelum melakukan perjalanan karena jangan sampai perjalanan kamu terganggu karena penyakit tak diundang. Selalu bawalah perlengkapan obat yang dibutuhkan untuk jaga-jaga jika kamu sakit di perjalanan. Jangan lupa juga untuk menjaga pola makan kamu karena tubuh kamu akan memerlukan asupan energi yang cukup.Waktu untuk istirahat pun penting untuk kamu perhatikan, begitu juga bila memungkinkan lakukan olahraga ringan untuk menjaga stamina kamu oke?!

  1. Perhitungkan Waktu

    Penting untuk membuat detail rencana atau itinerary setiap perjalanan yang akan kamu lakukan. Browsinglah jauh-jauh hari mengenai tempat-tempat yang akan kamu tuju, transportasi, harga tiket, dan lain-lain. Jangan sampai kamu kebingungan karena kamu tidak membuat itinerary yang kamu perlukan.

  1. Bawa perbekalan makanan dan minuman

    Jangan lupa untuk selalu membawa perbekalan makanan dan minuman yang kamu perlukan dalam perjalanan. Hal ini dilakukan sebagai upaya jaga-jaga kalau di tempat yang kamu tuju susah untuk mendapatkan makanan ataupun minuman. Kamu tentu tidak ingin kelaparan kan di tempat tersebut?! Kamu dapat membawa makanan yang ringan seperti roti, biskuit dan yang terpenting bawalah air mineral supaya kamu tidak dehidrasi.

  1. Jangan takut bertanya bila tersesat

    Pernah mendengar istilah malu bertanya sesat di jalan kan? Jadi bila kamu merasa tersesat dan kebingungan, tenang saja, kamu dapat bertanya untuk mencapai tempat tujuan kamu.

  1. Jangan lupa untuk meyimpan uang cash dalam beberapa tempat terpisah jadi jika kamu kehilangan satu, kamu masih punya simpanan yang lain.
  2. Selalu bawalah kartu identitas kamu seperti KTP ataupun paspor. Jangan sekali-sekali meninggalkan kartu identitas ini di penginapan atau hotel tempat kamu tinggal oke?!
  3. Jangan pulang terlalu malam terutama untuk para traveller cewek. Jika sudah malam lebih baik kamu kembali ke penginapan kamu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  4. Jangan lupa untuk menyiapkan nomor-nomor khusus polisi ataupun institusi yang terkait dengan keamanan para wisatawan.
  5. Berkenalanlah dengan para backpacker lain atau teman baru. Biasanya para backpacker ini saling menjaga dan kamu juga mungkin dapat merencanakan perjalanan bersama-sama. Tetapi sekali lagi jangan langsung mudah percaya oke?! Tetap waspada adalah lebih baik.
  6. Jangan mudah menerima pemberian makanan ataupun minuman dari orang yang tidak kamu kenal. Hal ini lebih baik kamu lakukan untuk berjaga-jaga karena kamu tidak tahu kan kemungkinan apa yang ada di makanan tersebut.

Nah bagaimana travel lovers? Setelah membaca tips solo backpacker di atas, apakah kamu berani mencoba petualangan sebagai solo travellers? Let’s travel and start your solo journey!

kisah solo backpacker tips solo travelling

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply

    five + nineteen =