Tips dan Trik Ini Buat Kamu, Saat Mendaki Gunung Merapi via New Selo!

3008 views

Pendakian gunung mungkin sudah diangap hal biasa bagi para muda – mudi dijaman ini. Dari kalangan pria dan wanita perkasa sampai pria dan wanita biasa pun kini bisa mendaki. Yang terpenting dalam pendakian adalah adanya niat untuk naik gunung serta fisik yang prima.

Kali ini saya akan berbagi tips dan trik tentang pendakian gunung. Gunung yang akan saya bahas adalah Gunung Merapi, di daerah Jawa tegah yang berbatasan dengan D.I.Yogyakarta. Jalur pendakian yang dugunakan adalah jalur pendakian via New Selo. Tapi denger-denger jalur pendakian Merapi via Kali Adem juga sudah dibuka.

Puncak Garuda Gunung Merapi dari Pasar Bubrah

New Selo masuk dalam kabupaten Boyolali, tepatnya di jalan Boyolali – Muntilan. New Selo berada Di Sebelah utara gunung Merapi dan sebelah timur kota Muntilan. Kalo dari kota Muntilan ke arah Selo memakan waktu sekitar 2 jam, dan tidak ada kendaraan umum semisal bus, ojek, mungkin kalo gojek bisa, hihih. Sepanjang jalan kita hanya dapat melihat truck – truck pengangkut pasir. Saran saya mending bawa kendaraan pribadi kalo tidak sewa travel.

Sampailah ke daerah New Selo, Boyolali.

Setelah sampai, kita bisa langsung ke basecamp Barameru sebagai tempat penitipan kendaraan, penjualan sovenir dan pendaftaran sebelum kita mendaki. Biaya pendaftaran sebesar Rp. 15.000/ orang itu sudah termasuk asuransi dan Rp. 5.000 untuk penitipan satu motor selama satu hari. Saran saya sebelum melakukan pendakian kita singgah sejenak untuk aklimatisasi tubuh kita terhadap suasana yang baru, agar diatas tubuh kita sudah bisa menyesuaikan dengan suhu dan udara saat melakukan pendakian. Dan rekomendasi saya naik sekitar jam 10an malam.

Oh iya barang – barang yang dibawa sama seperti penadakian biasa, yang terpenting air yang agak banyak karena diatas tidak ada sumber air.

Jalur pendakian gunung Merapi via Selo adalah sebagai berikut :

• Basecamp
  • Pos Bayangan
  • Pos 1
  • Pos 2
  • Watu Gajah
  • Pasar Bubrah
  • Puncak Garuda

Basecamp – Pos Bayangan (1-2 jam)

Pos Bayangan via Selo

Dari Basecamp sampai pos bayangan kita akan disugguhi pemandangan kebun – kebun warga dan pepohonan yang terlihat dikiri kanan jalan. Track yang dilalui adalah susunan conblock dan naik dari awal sampai pos bayangan. Bonus / track datar sedikit sekali. Yang terpenting adalah jangan menyerah karena track diatas lebih berat lagi.

Lelah terbayar sudah setelah sampai pos bayangan. Di pos bayangan kita bisa duduk – duduk sejenak di sebuah saung yang lumayan besar, bisalah buat melepas lelah dengan tidur-tiduran. Di pos bayangan ini lah kita sudah mulai memasuki kawasan taman gunung Merapi dan terdapat gapura selamat datang bagi para pendaki. Sejuk terasa kalau pagi dan siang tapi kalo malam yang terasa adalah dingin. Lelah sudah hilang kita mulai lagi perjalanan ke pos 1.

Pos Bayangan – Pos 1(1 jam)

Dari pos bayangan kita mulai dengan track tanah dan terjal agak naik. Cocok buat para wanita yang pengen tambah langsing. Di kiri kanan masih terlihat pepohonan dan ilalang yang menyambut kita. Makin lama makin tinggi dan yang sebelumnya tanah sesekali kita menjumpai batu-batu. Disitulah kita harus agak berhati – hati karena batuannya mudah runtuh, salah salah injak kita pun rubuh. Tanda tanda kita sudah mau sampai pos 1 adalah batu besar di kana kiri kita.

Pos 1

Sampailah kita di pos 1. Pos 1 masih sama seperti pos bayangan tadi. Terdapat saung dan dari sini kita bisa melihat gunung sumbing, sindoro disebelah barat, dan gunung merbabu terlihat jelas di barat kita. Disini pos ini kita juga bisa mendirikan tenda bagi yang sudah tidak kuat lagi, dan baru akan melanjutkan ke puncak keesokan harinya.

Pos 1 – Pos 2(1,5 jam)

Puncak Garuda dilihat di perjalanan antara pos 1 ke pos 2 via selo

Disinilah rasa bosan menghampiri karena tidak hanya naik saja, track batu terjal dan jalan sempit kita temui saat dari pos 1 menuju pos 2. Jalan naik turun akan membuat kita merasa lebih lelah. Tapi dari track inilah puncak garuda sudah mulai terlihat. Kita akan disuguhi city light dari bawah, Gunung Sumbing Sindoro, dan Gunung Merbabu yang terlihat jelas, syukur – syukur kalo disebelah timur cerah maka Gunung Lawu pun akan terlihat. Sungguh indah pemandangan di sepanjang jalan, kalau pagi hari, pohon berwarna-warni terlihat juga.

Pos 2

Sekeliling pos 2 hanyalah pepohonan rindang dan sebuah lembah yang terlihat di barat daya pos 2. Ada juga yang mendirikan perapian disini, tapi mending lanjut saja sampai ke Pasar Bubrah.

Pos 2 – Watu Gajah (45 menit)

Lekas beranjak berjalan lagi, awalnya sih masih sama naik turun bukit yah miriplah ninja hatori yang beda cuman nggak ada sungai. track disini masih sama seperti sebelumnya.

Watu Gajah

Ketika sudah terlihat Batu Bear ditengah jalan, itulah yang disebut Watu Gajah.

Watu Gajah – Pasar Bubrah (1 jam)

Kawasan Pasar Bubrah Pendakian Gunung Merapi via Selo

Dari Watu Gajah sampai Pasar Bubrah ini lah kita di tuntut untuk lebih berhati-hati dan lebih cermat lagi. Dikarenakan track yang akan kita lewati adalah pasir dan bebatuan yang rapuh. Selain itu di kanan kiri kita terdapat lembah-lembah yang dalam. Terjal dan licin track yang akan kita lewati sekarang. Vegetasi sudah tidak ada di akhir Watu Gajah sampai Pasar Bubrah. Satu tanjakan lagi dan terlihatlah Pasar Bubrah dari atas bukit. Kita turun dan sampailah kita ke Pasar Bubrah.

Pasar Bubrah Gunung Merapi

Puncak Garuda dilihat dari kawasan Pasar Bubrah Gunung Merapi

Di Pasar Bubrah ini tempat paling asik dan rekomen banget buat mendirikan rumah singgah sementara atau tenda yang kita bawa. Meletakan kepala meluruskan kaki, merasakan nikmatnya perjuangan akan kita dapatkan disini karena puncak sudah terlihat dan tinggal selangkah lagi. Masak-masak kalo yang perbekalannya banyak boleh. Tidur hingga menjelang subuh juga boleh. Setelah itu bangun lagi dan membawa day pack berisi minum dan makanan untuk perbekalan naik ke puncak.

Pasar Bubrah – Puncak Garuda

Track yang sudah telihat jelas dari Pasar Bubrah. Berupa batu dan pasir, naik dari awal sampai ke ujung puncak. Butuh tenaga ekstra untuk menuju ke Puncak Garuda. Dan di puncak itulah kita bisa merasakan semuanya. Seperti cita – cita yang butuh perjuangan sudah kita raih dengan susah payah dan tenaga kita. Tapi jangan anggap puncak itu segalanya, karena puncak itu hanyalah bonus dari semua proses yang kita lewati. Maka bersyukurlah.

Saran saya bagi pemula yang baru mau mendaki adalah selalu jaga kebersihan dimana pun kalian berpijak. Jangan menjadi sok karena kalian masih kuat dan kawanmu sudah lemah, itu ga bangets deh. Jaga sikap dan perkataanmu karena disitu bukan tempatmu, kamu hanyalah tamu.

Sekian dari saya semoga tulisan ini bermanfaat, kalo ada salah mohon dimaafkan karena kesempurnaan hanyalah milik Tuhan, tapi boleh juga kasih saran. Terimakasih banyak.

ke gunung merapi via selo keindahan puncak gunung merapi Mendaki Puncak Gunung Merapi tips mendaki gunung merapi wisata alam