9 Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi Ketika Berlibur Di Manado, Sulawesi Utara

1440 views

Selain terkenal karena berbagai makanannya yang lezat dan menggugah selera, kota Manado di Provinsi Sulawesi Utara juga terkenal dengan berbagai tempat wisata yang menawan dan menakjubkan. Ada Wisata Taman Laut Bunaken yang terkenal sebagai salah satu surga taman bawah laut, ada pulau Siladen dengan airnya yang begitu jernih dan indah, dan masih banyak lagi tempat lainnya yang bisa kamu nikmati ketika berkunjung ke Kota Manado. Ternyata Indonesia memiliki banyak kota yang menyuguhkan tempat wisata yang indah ya sobat. Yuk mari kita simak beberapa tempat wisata di Manado yang mempesona.

WISATA BUNAKEN

Wisata Taman laut Bunaken

Wisata Bunaken via gocelebes.com

Wisata Alam Bunaken

Wisata Bunaken via lilytour.com

Wisata Bunaken adalah salah satu wisata alam yang sangat indah dan terkenal dengan keberadaannya di segitiga Terumbu Karang dengan 390 spesies terumbu karang dan 90 spesies ikan serta spesies hewannya. Dari pusat kota Manado diperlukan kurang lebih 40 menit untuk menuju ke Taman Laut Bunaken. Bagi kamu nih sobat pecinta diving maka kamu benar-benar berada di tempat yang tepat untuk menyaksikan keindahan luar biasa yang disuguhkan oleh Taman Nasional Laut ini.

Berbagai aktivitas dapat kamu pilih disini seperti berkeliling dengan perahu berkaca atau disebut dengan katamaran, kamu juga dapat melakukan snorkeling, foto bawah laut, dan menikmati pantai yang indah. Selain itu kamu juga dapat bersantai menghabiskan waktu di cottage, rumah makan atau berbelanja di aneka kios yang menjual souvenir.

DANAU TONDANO

Danau Tondano

Danau Tondano via lantividyapura.wordpress.com

Rumah Apung di Danau Tondano

Rumah Apung di Danau Tondano via panduanwisata.id

Danau Tondano adalah danau yang terluas di provinsi Sulawesi Utara terletak di kota Tomohon dan diapit oleh Pegunungan Lembean, Gunung Kaweng, Bukit Tampusu, dan Gunung Masarang. Danau ini berada di ketinggian 600 meter di atas permukaan laut dan memiliki luas sekitar 4.278 hektar. Jarak yang harus kamu tempuh dari kota Manado untuk menuju tempat wisata yang terkenal ini adalah sekitar kurang lebih 30 km.

Kota Tomohon sendiri merupakan daerah wisata yang terkenal dengan Festifal Bunga. Danau ini memiliki daya tarik wisata “Sumaru Endo” Reboken dan Resor Wisata Bukit Pinus. Apabila kamu mau menikmati keindahan danau ini, kamu dapat menggunakan jasa penyewaan perahu untuk berkeliling seharga Rp. 50.000 dengan muatan 10 penumpang.

PULAU LEMBEH

Pulau Lembeh

Pulau Lembeh via tribunnews.com

Bagi para pecinta snorkeling dan diving, pulau lembeh yang terletak di Bitung, Sulawesi Utara adalah salah satu pilihan yang layak untuk dicoba karena memiliki 88 spot penyelaman yang menawarkan keindahan bawah laut yang menakjubkan. Keanekaragaman hayati yang amat mempesona menjadikan pulau ini sangat memikat bagi wisatawan yang ingin berkunjung kesana. Kamu juga dapat menikmati tepi pantai yang ada di sepanjang Selat Lembeh sambil menunggu pemandangan mempesona ketika matahari kembali ke peraduannya.

BUKIT KASIH

Bukit Kasih

Bukit Kasih via gocelebes.com

Bukit Kasih merupakan sebuah tempat yang menjadi simbol keharmonisan antar umat beragama. Dari kota Manado kamu harus menempuh jarak kurang lebih 55km atau sekitar 2 jam untuk sampai ke tempat ini. Di puncak pertama, kamu dapat melihat sebuah salib putih yang tingginya sekitar 53 meter sedangkan di puncak kedua terdapat lima rumah ibadah di Bukit Kasih yaitu Gereja Katolik,Gereja Kristen, Kuil BuddhaMesjid, dan Candi Hindu. Kelima tempat ibadah tersebut dihubungkan dengan akses jalan berupa anak tangga yang berliku mewakili simbol bahwa penganut agama apa saja dapat hidup rukun berdampingan tanpa ada permusuhan.

Selain berkeliling, kamu juga dapat menghabiskan waktu dengan berbelanja berbagai souvenir seperti kalung, gelang dan berbagai kerajinan lainnya sambil menikmati segarnya udara pegunungan atau sekedar mencoba makanan, seperti jagung atau ubi yang semuanya direbus di kawah bukit.

GUNUNG TUMPA

Gunung Tumpa

Gunung Tumpa via hipwee.com

Gunung Tumpa

Gunung Tumpa via commons.wikimedia.org

Dengan ketinggian 750 meter di atas permukaan air laut menjadikan gunung tumpa memiliki spot fotografi yang memikat. Dari kota Manado, kamu perlu menempuh perjalanan kurang lebih sekitar 50 menit. Disini kamu dapat menyaksikan panorama matahari terbit dan matahari terbenam yang merupakan salah satu kekuatan wisata yang tidak ingin kamu lewatkan. Dari perjalanan menuju puncak Gunung Tumpa, kamu dapat menikmati pemandangan ke arah daratan dan laut kota Manado. Pusat kota Manado, kawasan Boulevard dan perbukitan yang memagari kota Manado di bagian tengah dan selatan.

PULAU SILADEN

Pulau Siladen

Pulau Siladen via initempatwisata.com

Pulau Siladen

Pulau Siladen via blog.hicity.co.id

Dengan hamparan pasir putih dan kondisi dalam airnya yang tidak terlalu banyak terumbu karang dan didominasi pasir, menjadikan pulau eksotis ini sangat cocok nih buat kamu yang hobi berenang. Pulau ini terletak di sebelah timur Pulau Bunaken dan memiliki spot penyelaman menarik yang menyuguhkan keindahan yang sangat memikat di Siladen 1 dan Siladen 2.

PANTAI MALALAYANG

Pantai Malalayang

Pantai Malalayang via sitaro.wordpress.com

Pantai Malalayang terletak di ujung selatan berjarak sekitar 4 km dari pusat kota Manado yang dapat di tempuh sekitar kurang lebih 10 menit. Pantai ini memiliki bebatuan karang dan pasir yang berwarna hitam. Di pantai ini kamu dapat menikmati taman laut dengan berbagai koral berwarna warni dan berbagai jenis spesies ikan.  Selain bersantai menikmati ombak yang tenang, kamu juga dapat melakukan aktivitas diving dengan biaya yang relatif lebih murah dibandingkan dengan tempat lain.

KOTA BOULEVARD

Kota Boulevard

Kota Boulevard via manadoinfo01.wordpress.com

Kota Boulevard merupakan ikon kota Manado. Dulunya kawasan ini adalah pusat pedagang kaki lima dan kafe jalanan, namun sekarang di pusat kuliner Manado pada malam hari, kamu dapat menemukan beragam masakan Manado yang lezat dan makanan lainnya dengan harga yang cukup terjangkau. Dengan adanya kawasan wisata ini menjadikan Manado bukan hanya sebagai kota wisata pantai namun juga sebagai wisata kuliner. Sambil bersantai bersama kerabat, teman atau keluarga sembari menuntaskan lapar dan dahaga dengan hidangan yang menggugah selera, kamu juga dapat menikmati panorama alam seperti Pulau Manado Tua di tengah lautan.

KOTA BUNGA TOMOHON

Kota Bunga Tomohon

Kota Bunga Tomohon via varia.id

Kota Bunga Tomohon

Kota Bunga Tomohon via lovelytoday.com

Tomohon terletak sekitar 22 kilometer sebelah timur Manado. Tanah yang subur dan cuaca yang sejuk mendorong masyarakat di sekitarnya menumbuhkan beragam bunga dan sayuran sehingga tidak heran apabila kota Tomohon dijuluki sebagai kota bunga. Setiap dua tahun sekali diadakan festival bunga di kota ini dimana kamu dapat melihat hamparan bunga beraneka warna yang sangat menawan dan menakjubkan. Disini kamu juga dapat membeli berbagai bunga yang dijual di toko-toko bunga bahkan sejumlah pemilik bunga mungkin akan mengizinkan kamu untuk memetik dan memilih bunga yang kamu sukai. Menarik bukan?

Bagaimana travel lovers, tertarik untuk berlibur di Manado yang menyimpan berjuta pesona? Let’s travel and explore Manado!

indahnya kota manado keindahan alam indonesia pesona alam di manado tempat wisata manado wisata alam

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply

    four × 4 =