Tempat Wisata Misterius Dan Menyeramkan Di Jawa Tengah

1345 views

Jawa Tengah, Propinsi ber-Ibukota Semarang ini banyak memiliki destinasi wisata yang menarik dan layak untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alamnya yang begitu menawan menampilkan pesonanya, hingga wisata kulinernya yang bakal memuaskan rasa laparmu. Namun, ada juga lho tempat-tempat wisata di Jawa Tengah yang menyimpan segundang misteri menyeramkan dan menyimpan sejarah yang kelam. Yuk, kita simak beberapa tempat wisata misterius yang ada di Jawa Tengah!

Misteri Suara Aneh Di Lawang Sewu, Semarang

Lawang Sewu, Semarang

Lawang Sewu, Semarang via wonderfullindonesia45.blogspot.com

Bagi kamu yang tinggal di wilayah Semarang, tentu tidak asing dengan tempat yang dinamakan Lawang Sewu yang artinya Seribu Pintu. Gedung ini terletak di bundaran Tugu Muda yang pada saat masa penjajahan disebut Wilhelminaplein dan dibangun pada tahun 1904. Kenapa gedung ini dijuluki Lawang Sewu? Karena memang bangunan ini memiliki pintu yang sangat banyak.

Gedung ini telah berdiri lebih kurang 112 tahun yang lalu dan menyimpan banyak kisah misterius di dalamnya. Bangunan tersebut menjadi saksi bisu kisah kelam masa penjajahan yang dirasakan oleh masyarakat Indonesia. Dipercayai oleh masyarakat setempat, gedung tersebut dihuni oleh ribuan makhluk gaib yang menjadikan tempat ini sangat angker dan menyeramkan.

Berbagai penampakan makhluk halus konon sering terlihat di gedung ini. Mulai dari hantu wanita berambut panjang atau kuntilanak yang sering terlihat di lorong-lorong sepanjang gedung Lawang Sewu, kemudian ada juga Penjara Berdiri yang konon dulunya digunakan sebagai tempat untuk menjejalkan sebanyak lebih kurang 6 tahanan kemudian ditutup pintu besi. Apabila ada yang belum meninggal maka kepala mereka akan dipenggal. Bau anyir darah sering tercium dari bekas penjara ini.

Ada juga kisah mistis lainnya seperti teriakan misterius dari sumur tua yang terletak di salah satu bagian depan halaman gedung. Menurut rumor yang beredar di masyarakat setempat, seringkali terdengar suara teriakan kesakitan dan tangisan. Konon sumur tersebut dulunya digunakan oleh tentara Jepang untuk menyembelih tentara Belanda. Selain penjara Berdiri, di dalam gedung ini juga terdapat Penjara Jongkok yang terletak di bagian bawah tanah. Sekitar lebih kurang 9 tahanan dimasukkan ke dalam kotak setinggi 60 meter yang berukuran 1,5 meter persegi kemudian kotak tersebut diisi air setinggi leher sampai para tahanan tersebut meninggal. Suasana di penjara ini sangat pengap dan gelap. Selain kisah-kisah tersebut, masih banyak lagi kisah-kisah mistis yang menjadikan Lawang Sewu menjadi salah satu tempat paling angker di dunia.

Kegiatan Spiritual Di Gunung Lawu, Karanganyar

Gunung Lawu, Karanganyar

Gunung Lawu, Karanganyar via naturexpeditionteam.com

Gunung ini terletak di perbatasan antara Jawa Timur dan Jawa Tengah dengan ketinggian lebih kurang 3.625 mdpl. Terdapat tiga puncak utama yaitu puncak hargo dalem yang diyakini sebagai tempat pemusnahan diri yang dilakukan oleh Raja Majapahit Prabu Brawijaya, kemudian ada juga puncak harga dumilah dimana di area ini sering dipakai sebagai tempat untuk bersemedi.

Gunung ini diyakini sebagai pusat kegiatan spiritual di Jawa Tengah. Bagi setiap orang yang ingin mendaki gunung tersebut, diharuskan untuk mematuhi segala larangan yang ada untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat membuat orang tersebut mengalami kecelakaan.

Misteri Kabut Hitam Di Gunung Sindoro

Gunung Sindoro

Gunung Sindoro via explore1ndonesia.blogspot.com

Ada cerita misterius dari Gunung Sindoro yang beredar di masyarakat dan para menakluk tingginya Gunung. Gunung ini memiliki dua jenis kabut yaitu kabut berwarna putih dan kabut berwarna hitam. Kabut putih ini muncul setiap hari menyelimuti badan hingga puncak gunung, sedangkan kabut hitam sering muncul di dekat puncak dengan tiba-tiba. Kemunculan kabut hitam di Gunung Sindoro tidaklah lama, namun sering kali membuat para pendaki tersesat. Menurut para penduduk di sekitar Gunung Sindoro, mereka yang tersesat biasanya kurang berhati-hati dan kurang menjaga kesopanan dalam mendaki gunung.

Misteri Mata Air Di Lembah Posong, Temanggung

Lembah Posong

Lembah Posong via dolandolen.blogspot.com

Tempat wisata ini terletak diantara gunung Sumbing dan gunung Sindoro yang merupakan perbatasan dua kabupaten yaitu Temanggung dan Wonosobo. Pemandangan alam di Posong sangat menakjubkan terutama pada saat matahari terbenam menatap ke arah puncak gunung Sindoro. Dan pada pagi hari kamu dapat juga melihat terbitnya matahari dengan warna merah meyala yang menyuguhkan panorama alam luar biasa dengan puncak gunung Sumbing.

Selain keindahan alam, lembah posong juga menyimpan banyak kisah misterius yang menyeramkan. Konon terdapat mata air yang cukup besar diatas posong, namun ketika masyarakat setempat bermaksud untuk memanfaatkan mata air tersebut pada musim kemarau ketika mengalami krisis air, beberapa orang mulai kerasukan roh halus dan kejang-kejang. Beberapa orang yang telah mengalami kesurupan tersebut mengatakan bahwa bila masyarakat setempat tidak melakukan nanggap kuda lumping tiga hari tiga malam dan tetap mengambil air maka penunggu mata air tersebut akan menumpas seluruh penduduk. Ketika akhirnya masyarakat melakukan apa yang diminta oleh makhluk halus tersebut, mata air pun mengalir kembali dan dapat dimanfaatkan oleh mereka.

Misteri Suara Tangisan Di Gunung Merapi

Gunung Merapi

Gunung Merapi via andimanwno.blogspot.com

Gunung ini memiliki ketinggian puncak 2.968 mdpl dan merupakan salah satu gunung api teraktif di Indonesia. Lereng sisi selatan berada dalam wilayah kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, sisi barat terletak dalam wilayah Kabupaten Magelang, sisi utara dan timurĀ  terletak dalam kabupaten Boyolali, dan sisi tenggara terletak di Kabupaten Klaten.

Gunung ini termasuk gunung yang sangat berbahaya karena sering mengalami erupsi dan disekitarnya dikelilingi oleh pemukiman padat penduduk. Seperti layaknya gunung lain yang menyimpan banyak kisah mistis, Gunung Merapi pun dikenal memiliki banyak kisah misterius yang mencekam dan membuat bulu kuduk berdiri.

Salah satu kisah mencekam yang terkenal adalah Pasar Bubrah yang terdapat di bawah puncak gunung tersebut. Tempat ini sebenarnya adalah daerah batuan dan pasir yang dipercayai oleh masyarakat setempat sebagai pasar besar Keraton Merapi. Para pendaki yang memasuki area ini, disarankan untuk menjaga kesopanan karena konon apabila berlaku tidak sopan kepada makhluk halus yang mendiami kawasan tersebut, mereka akan menculik orang itu.

Kisah lainnya adalah adanya sebuah keraton di puncak merapi yang diatur oleh dua orang yaitu Empu Rama dan Empu Permadi. Keraton ini dipercayai sebagai pemerintahan yang mengatur segala aktivitas gunung Merapi.

Kemudian terdapat pula kisah mistis lainnya seperti Bunker Menangis di Kaliadem. Konon bunker ini adalah tempat yang dijadikan perlindungan oleh dua orang relawan yang berusaha melindungi diri mereka dari terjangan awan wedhus gembel namun mereka berdua tewas terpanggang. Menurut masyarakat setempat, di malam hari sering terdengar suara tangisan yang begitu menyedihkan.

Misteri Makhluk Kerdil Di Gunung Slamet

Gunung Slamet

Gunung Slamet via triptrus.com

Gunung Slamet terletak diantara 5 kabupaten yaitu Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang. Gunung ini memiliki ketinggian 3.428 mdpl dan memiliki medan yang sulit untuk pendakian.

Gunung ini juga memiliki beberapa kisah mistis yang menyeramkan. Menurut masyarakat, jalur pendakian Bambangan dipercaya sebagai gerbang pintu masuk kerjaan makhluk halus yang ada di kawasan Gunung Slamet. Di sepanjang jalur ini terdapat Pos Samarantu yang terkenal dengan keangkerannya. Tidak ada seorang pun yang berani untuk bermalam di area itu karena konon banyak makhluk halus yang akan datang menganggu. Terdapat pula jalur pendakian lain yang dikenal dengan nama jalur pendakian guci yang memiliki kisah tak kalah seram. Konon di jalur pendakian ini, terdapat makhluk kerdil. Dahulu makhluk kerdil ini adalah manusia yang tersesat dan tidak dapat kembali dan suka bersembunyi. Menurut cerita penduduk setempat, bila seorang pendaki mendirikan tenda dan bermalam di kawasan tersebut maka si makhluk kerdil akan mengambil semua perbekalan dan memakannya di tempat itu juga tanpa disadari oleh si pendaki yang sedang bermalam di tenda.

Bagaimana, travel lovers? Apakah kamu tertarik untuk mengunjungi tempat-tempat wisata misterius dan menyeramkan di atas?

 

bulu kuduk berdiri tempat wisata jawa tengah Tempat Wisata Misterius tempat wisata terangker di Indonesia

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply

    4 + fourteen =