6 Tempat Wisata Misterius Ini Bakal Bikin Bulu Kuduk Bediri Ketika Kamu Berada Disana

1387 views

Secara geografis Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak pulau dan lautan, sehingga Indonesia dikenal memiliki banyak tempat wisata dengan keindahan alam yang menakjubkan. Namun disisi lain terdapat pula kisah-kisah misterius dari beberapa tempat wisata tersebut yang cukup menyeramkan dan membuat bulu kudu berdiri. Apa saja kah tempat-tempat tersebut? Mari kita simak keunikan, keanehan, dan kemistisan masing-masing tempat berikut ini :

Nusa Barong, Jember

Nusa Barong, Jember

Nusa Barong, Jember via jembertourism.com

Pulau ini memiliki luas sekitar lebih kurang 6100 hektar dan dulunya dikenal sebagai pulau penghasil sarang wallet.  Kapal-kapal besar yang berasal dari Inggris, Belanda, Vietnam dan Cina hilir mudik melintasi Nusa Barong dan kawasan pesisir selatan Jawa lainnya untuk meramaikan perdagangan sarang wallet. Pulau ini juga menjadi tempat perlawanan rakyat yang tidak ingin ditindas oleh VOC (Verenigdeoostindische Compagnie). Sejak intervensi yang dilakukan oleh VOC, produktivitas sarang wallet terus menurun tajam disebabkan karena pola pengambilan sarang yang berlebihan. Pulau ini pun menjadi titik penguasaan dan pertarungan antara VOC, pedagang nusantara, dan bajak laut.

Pulau ini memiliki empat ekosistem yaitu, ekosistem hutan payau, hutan rawa, hutan-hutan dataran rendah, dan pantai, juga terdapat lebih kurang 20 spesies hewan dan 16 spesies tumbuh-tumbuhan. Sehingga menjadikan kondisi alam di pulau ini masih sangat asri. Untuk mencapai pulau ini tidaklah mudah, ini disebabkan oleh ganasnya ombak dari Samudera Hindia. Oleh masyarakat sekitar, pulau ini dipercayai sebagai pulau yang dihuni oleh banyak hantu, oleh karena itu tidak ada seorang manusia pun yang berani untuk menghuni pulau tersebut. Bila kamu tertarik untuk mengunjungi Nusa Barong dan memulai petualangan yang sedikit mencekam di pulau yang tidak berpenghuni ini, jangan lupa untuk membawa persediaan air tawar yang cukup karena di pulau ini tidak ada sumber air tawar.

Pantai Papuma, Jember

Pantai Papuma, Jember

Pantai Papuma, Jember via merdeka.com

Pantai Papuma ini terletak di pesisir Jawa Timur yang lebih dikenal dengan nama Pantai Pasir Putih Malikan dan menjadi salah satu andalan wisata kota Jember, Jawa Timur. Memiliki batu-batu karang yang unik menjadikan daya tarik utama pantai ini. Terdapat 7 gugusan batu karang yang masing-masing memiliki nama yaitu Dhampar Kencana, Genteng/Kura-Kura, Kodok, Kresna, Narada, dan Kajang, Terkadang ada juga yang menyebutnya Batara Guru, Kresna, Narada, Nusa Barong, Dan Kajang. Akan tetapi ada sebuah batu karang yang tidak memiliki nama dan dihindari oleh masyarakat sekitar karena konon karang tersebut dihuni ular-ular berbisa.

Batu Malikan yang terdapat di pantai ini memiliki kisah legenda yang cukup menyeramkan. Konon disinilah Raden Mursada dan Mursaud atau dalam versi cerita lain memiliki nama Marsudo dan Joko Samudera memancing. Mereka tidak sengaja memancing ikan ajaib Raja Mina di atas batu tersebut namun kemudian dia lepaskan. Disitu pula Joko Samudera tersangkut dengan ular raksasa yang kemudian dibelah menjadi tiga bagian oleh Marsudo dengan cemeti pemberian Raja Mina.

Seperti kebanyakan tempat-tempat wisata yang memiliki unsur mistis, pantai ini pun dikenal memiliki banyak misteri. Karena merupakan rangkaian pantai selatan Jawa, maka ombak yang dihasilkan pun terkenal dengan keganasannya dan berkekuatan tinggi yang banyak menelan korban jiwa. Di pantai ini rutin dilakukan ritual larung sesajen yang diselenggarakan pada waktu-waktu tertentu untuk menunjukkan rasa syukur atas hasil panen ikan yang melimpah .

Gunung Limo, Pacitan

Gunung Limo, Pacitan

Gunung Limo, Pacitan via infopacitan.com

Gunung Limo ini terletak di Desa Mantren, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Gunung Limo berada di sebelah timur kota Pacitan. Gunung ini merupakan kumpulan beberapa gunung di wilayah Pacitan yang berjajar lima dan merupakan ciri khas kabupaten Pacitan. Dengan pemandangannya yang indah dan udara yang sejuk, kamu dapat melihat ke arah pusat kota Pacitan.

Konon Gunung ini adalah tempat betapanya Ki Tunggul Wulung. Gunung ini memiliki sebuah keunikan dimana kamu bisa diperlihatkan buah-buahan yang lezat namun tidak semua orang beruntung untuk mendapatkan penglihatan tersebut. Menurut kisah masyarakat sekitar, apabila kamu termasuk salah satu orang yang bernasib baik atau beruntung mendapat buah tersebut, lebih baik jangan membawanya pulang karena apabila dibawa pulang maka konon buah tersebut akan berubah menjadi batu atau hilang.

Alas Purwo, Banyuwangi

Alas Purwo, Banyuwangi

Alas Purwo, Banyuwangi via intaninchan.wordpress.com

Alas Purwo memiliki luas 434 kilometer dan memiliki lebih kurang 40 goa yang sering dijadikan tempat untuk bertapa dan tempat untuk mencari pesugihan. Selain memiliki keindahan alam dengan ribuan flora dan fauna serta merupakan salah satu taman nasional terbesar, Alas Purwo juga memiliki keangkeran dan kemistisan dengan banyak kisah. Menurut masyarakat sekitar, Alas Purwo merupakan pintu gerbang utama makhluk astral dan jangan coba-coba untuk memasukinya tanpa pendamping. Penduduk setempat juga mempercayai bahwa alas ini merupakan tempat berkumpulnya para jin.

Banyak kisah menyeramkan mengenai tempat ini salah satunya adalah manusia yang meninggal di dalam alas purwo ini tidak akan pernah ditemukan jasadnya. Salah satu goa yang terkenal di alas ini adalah Goa Istana yang konon merupakan tempat bertemunya Bung Karno dengan Nyi Roro Kidul (penguasa laut selatan). Goa ini dijaga oleh dua prajurit bertubuh besar dan juga merupakan tempat tinggal banyak mahkluk dari bangsa jin. Di goa ini juga dipercayai adalah merupakan kerajaan yang menjadi pusat dari alas purwo tersebut.

Alas Lali Jiwo, Gunung Arjuna

Alas Lali Jiwo, Gunung Arjuna

Alas Lali Jiwo, Gunung Arjuna via embunkopi.blogspot.com

Gunung Arjuna atau Arjuno terletak di kota Malang, Jawa Timur di samping Gunung Welirang dan memiliki ketinggian lebih kurang 3.339 mdpl. Selain terkenal dengan trek pendakiannya yang berat dari tiga jalur yaitu Lawang, Tretes, dan Batu, gunung ini juga menyimpan berbagai kisah mistis yang menyeramkan.

Gunung ini dikenal sebagai lokasi pemujaan pada era Majapahit dimana disana masih banyak ditemukan peninggalan bersejarah seperti arca dan candi. Salah satu tempat mistis yang terkenal di kawasan Gunung Arjuna adalah Alas Lali Jiwo yang menurut kepercayaan penduduk setempat bahwa jika ada orang berniat jahat maka hutan tersebut akan membuat orang itu lupa diri atau tersesat. Alas ini dikenal sebagai tempat hunian berbagai bangsa Jin. Kadang-kadang para pendaki mendengar suara gamelan yang kemudian tiba-tiba menghilang. Terdapat juga larangan-larangan yang tidak boleh dilanggar seperti salah satunya tidak memakai baju merah, tidak berjumlah ganjil, dan lain-lain. Bila kamu tertarik untuk melakukan pendakian di kawasan ini, lebih baik kamu menghormati dan menaati adat istiadat dan larangan yang disampaikan oleh penduduk setempat. Tidak ada salahnya, bukan?

Pantai Boom, Banyuwangi

Pantai Boom, Banyuwangi

Pantai Boom, Banyuwangi via banyuwangibagus.com

Pantai ini terletak di Kelurahan Kampung Mandar, Kecamatan Banyuwangi dan dulunya merupakan pelabuhan utama kota Banyuwangi. Mungkin kamu dulu pernah mendengar tragedy INKAI yang memakan banyak korban. Para peserta karateka yang menyeberangi muara sungai dengan kedalaman sebatas lutut orang dewasa tiba-tiba dikejutkan dengan gelombang besar yang datang menyeret mereka ke laut dan menelan korban jiwa lebih kurang 26 karateka. Konon menurut pandangan mistis, pantai ini merupakan dapur dari kerajaan besar bangsa jin dimana pusatnya berada di kawasan Alas Purwo.

Nah travellers, diatas adalah beberapa tempat wisata mistis yang menyimpan berbagai kisah misterius yang dapat kamu kunjungi. Percaya atau tidak percaya, apapun itu lebih baik kamu tetap berhati-hati dan menghormati adat setempat bila berkunjung ke tempat-tempat diatas oke?!.!

bulu kuduk berdiri kisah misterius Tempat Wisata Misterius wisata alam wisata mistis

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply

    14 − 1 =