Tempat Wisata Ekstrim Yang Penuh Tantangan, Berani Mencoba?

1345 views

Sesekali berwisata ke tempat-tempat yang menawarkan berbagai aktivitas yang memacu adrenalin bisa jadi sangat menyenangkan lho. Beberapa tempat berikut ini menawarkan berbagai kegiatan yang dijamin akan membuat kamu tertantang dan siapa tahu kamu malah akan semakin ketagihan setelah mencobanya. Penasaran? Yuk kita simak tempat-tempat aja sajakah itu.

Pantai Timang

Kereta gantung pantai timang

Kereta gantung pantai timang via matajatim.com

Pantai timang ini terletak di deretan pantai di Kabupaten Gunung Kidul dan memiliki keindahan alam yang sangat mempesona. Pantai ini terletak di Dusun Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus. Pantai ini berdekatan dengan Pantai Nglambor, pantai Jogan, Pantai Siung, Pantai Seruni, Pantai Ngetun, dan Pantai Pok Tunggal.

Jika kamu menyukai jenis wisata yang memacu adrenalin, maka kamu bisa mencoba wisata yang ditawarkan di pantai Timang ini. Wisata apakah itu? Di pantai Timang ini kamu dapat menyeberangi karang berombak besar dengan hanya menggunakan kereta gantung tradisional yang digerakkan dengan tenaga manusia. Kereta gantung ini terbuat dari kayu dengan penghubung berupa tali tambang. Kereta gantung tersebut ditarik dari bibir pantai menuju ke pulau watu panjang.

Kereta gantung ini atau disebut dengan gondola kayu sebenarnya merupakan alat transportasi yang umum digunakan oleh nelayan setempat untuk berburu lobster.

Sensasi Paralayang Di Matantimali

Sensasi Paralayang Di Matantimali

Sensasi Paralayang Di Matantimali via wisatapalu.com

Bagi para pencinta olahraga paralayang, nah tempat ini cocok untuk kamu kunjungi. Tempat ini bernama Matantimali yaitu sebuah tempat wisata di sebelah ujung selatan Kota Palu dan terletak di sebuah desa di atas gunung. Ketinggian tempat wisata ini mencapai kurang lebih 1.500 mdpl dan menghadap ke lembah palu dan teluk palu sehingga memberikan banyak keuntung bagi para paraglider. Berbagai hal disini sangat mendukung kegiatan paralayang ini seperti daerah pegunungan yang terkena angin lalu cuaca yang panas.

Di Matantimali ini kebanyakan para paraglider mengambil posisi take off dari sebuah bukit yang menghadap ke arah tenggara (timur laut) dengan ketinggian kurang lebih 1100 mdpl. Kondisi medan yang berada di ujung lereng yang sangat terjal memang merupakan poin yang bagus untuk memulai take off.

Nah jika kamu tidak ingin mencoba paralayang, kamu juga tetap dapat menikmati keindahan tempat wisata ini dengan bersantai sambil menikmati udara yang sejuk dan panorama alam pegunungan Gawalise dan hamparan lembah Palu yang indah. Juga dapat menikmati hidangan khas yang disebut Sogili yang terbuat dari belut air tawar raksasa yang diolah dengan bumbu khusus khas daerah ini.

TEBING LEMBAH HARAU

Lembah harau

Lembah harau via blogyoiko.com

Lembah Harau ini merupakan obyek wisata yang terletak di Riau yaitu dekat dengan perkampungan dan hutan yang tidak jauh dari Jalan Nasional, Sumbar – Riau. Lembah ini memiliki luas kurang lebih 250 hektar dan menyatu di dua nagari yaitu Nagari Tarantang dan Nagari Harau, Kecamatan Harau. Perjalanan menuju ke lembah harau ini dapat ditempuh hingga gerbang tua berusia belasan tahun kemudian melintasi jalan selebar kurang lebih 3,5 meter dengan areal persawahan yang berada di kanan dan di kiri jalan. Jalanan ini tidaklah mulus namun terdapat beberapa lubang. Sekitar kurang lebih tiga kilometer dari gerbang tua tersebut maka para wisatawan akan sampai di pos pembelian karcis untuk masuk ke tempat wisata Lembah Harau ini.

Dari pos pembelian karcis tersebut, perjalanan dilanjutkan lagi sejauh kurang lebih 2 kilometer untuk sampai di Lembah Harau. Para wisatawan akan ditakjubkan dengan indahnya lembah-lembah perbukitan yang menjulang tinggi hingga kurang lebih 200 meter. Di tempat ini juga terdapat air terjun dari perbukitan dan lembah bebatuan. Sementara suasana hutan yang masih asri sangat segar dinikmati karena udaranya yang sejuk.

Obyek wisata ini terbagi menjadi dua yaitu Lembah Harau di Nagari Harau dan Sarasah Bunta di Nagari Tarantang. Para pengunjung dapat memilih untuk menuju ke lembah harau atau yang juga dikenal dengan sebutan akar barayun atau memilih untuk menuju ke kawasan Sarah Bunta untuk menikmati tiga air terjun yang sangat indah dan alami.

Nah jika kamu menyukai tantangan aktivitas panjat tebing, kamu dapat melakukan aktivitas tersebut di Lembah Harau yang terkenal ini. Selain itu berbagai wahana juga dapat kamu nikmati disini seperti kolam renang ataupun pemandian.

Body Rafting Green Canyon

Body rafting green canyon

Body rafting green canyon via novafirliani.wordpress.com

Green Canyon ini merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran. Ngarai ini terbentuk sebagai akibat dari erosi tanah oleh aliran sungai Cijulang selama berjuta-juta tahun yang menembus gua dengan stalakmit dan stalaktit yang sungguh mempesona dan diapit oleh dua bukit dengan pepohonan yang rimbun dan juga bebatuan. Untuk menuju ke tempat ini, para wisatawan harus menyewa perahu dari dermaga Ciseureuh dan menempuh perjalanan kurang lebih sekitar 25 menit atau 3 kilometer. Air sungai di tempat ini sungguh memukai dan di mulut gua terdapat air terjun Palatar yang sangat sejuk. Di obyek wisata ini terdapat beberapa paket yang ditawarkan yaitu Paket Green Canyon Body Rafting yang memiliki aktivitas panjat tebing, berenang, bersampan dan juga memancing.

Tebing Citatah

Tebing citatah

Tebing citatah via sebandung.com

Tebing Citatah adalah merupakan salah satu tebing yang biasa digunakan sebagai tempat berlatih bagi para pemanjat tebing dan berlokasi di Desa Citatah, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Tebing Citatah ini memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 125 meter dari permukaan tanah dan memiliki jalur pemanjatan tebing yang amat beragam. Dan disekitar tebing ini juga terdapat beberapa tempat peristirahatan berupa saung yang aman dan nyaman digunakan sebagai tempat untuk menginap.

Gua Pindul

Gua pindul

Gua pindul via gapuranews.com

Gua Pindul ini memiliki panjang kurang lebih sekitar 350 meter dengan lebar hingga kurang lebih 5 meter. Kedalaman air di gua pindul ini kurang lebih adalah sekitar 5-12 meter. Gua ini memiliki 3 zona yaitu zona terang, zona remang, dan zona gelap. Disini kamu dapat melakukan aktivitas cavetubing yaitu kegiatan menyusuri gua dengan menggunakan ban dalam. Di dalam tengah gua terdapat ruangan yang agak besar dengan lubang diatasnya yang disebut oleh masyarakat setempat dengan sebutan sumur terbalik. Sinar matahari yang menerobos masuk dari atas lubang tersebut semakin menjadikan tempat ini sangat indah. Selain itu ketika kamu melakukan cavetubing, kamu juga akan menemukan sebuah stalaktit yang telah menyatu denan stalakmit sehingga Nampak seperti sebuah pilar berukuran lebar dan sangat indah. Stalaktit yang besar ini tetap aktif dengan tetesan airnya yang konon menurut masyarakat setempat tetesan air tersebut dapat membuat orang awet muda dan cantik. Di zona terang di gua ini, kamu dapat melakukan aktifitas melompat, berenang ataupun juga melihat ikan.

Nah bagaimana travel lovers? Tertarik untuk memacu adrenalin kamu dengan berwisata ke tempat-tempat menantang tersebut? Siapin mental baja ya yang mau coba ke tempat wisata di atas.

tempat wisata ekstrim tempat wisata yang menantang wisata adrenalin wisata alam

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply

    three × four =