Berbagai Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Timur Suguhkan Surga Tersembunyi

1559 views

Nusa Tenggara Timur terlatak di tenggara Indonesia dan memiliki banyak wisata potensial yang perlu dieksplorasi karena memiliki keindahan alam yang sungguh luar biasa. Cukup jauh memang buat kamu yang tinggal di sekitaran pulau Jawa dan Sumatra untuk menuju daerah timur Indonesia ini. Namun gak ada salahnya kan, kita simak apa saja tempat wisata menarik di NTT yang layak kamu kunjungi disaat kamu sedang butuh refreshing.

GUNUNG KELIMUTU, NUSA TENGGARA TIMUR

Danau di gunung kelimutu

Danau di gunung kelimutu via m.tempo.co

Gunung Kelimutu merupakan gunung berapi yang terletak di Pulau Flores, Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Lebih tepatnya gunung ini berada di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende. Dari kota Ende, kamu dapat menempuh perjalanan sekitar 54 kilometer atau kurang lebih 2 jam. Gunung ini memiliki tiga danau kawah di puncaknya yang dikenal dengan nama Danau Tiga Warna yaitu merah, putih, dan biru. Warna tersebut berubah-ubah dalam jangka waktu tertentu. Masyarakat lokal memiliki kepercayaan bahwa masing-masing warna yang terpancar dari danau tersebut memiliki arti dan kekuatan alam yang dahsyat. Danau-danau tersebut diberi nama sesuai dengan warnanya yaitu :

  • Tiwu Nuwa Muri Koo Fai (danau yang berwarna biru) yang dipercayai merupakan tempat berkumpulnya jiwa para muda mudi yang telah meninggal.
  • Tiwu Ata Polo (danau yang berwarna merah) yang dipercayai merupakan tempat berkumpulnya jiwa orang-orang yang telah meninggal namun selama masa hidupnya selalu melakukan kejahatan.
  • Tiwu Ata Mbupu (dana yang berwarna putih) yang dipercayai merupakan tempat berkumpulnya jiwa para orang tua yang telah meninggal.

Ketiga danau ini memiliki luas sekitar 1.051.000 meter persegi dengan batas antar danau yang berupa batu sempit yang mudah longsor.

Bila kamu ingin melihat keindahan ketiga danau di gunung Kelimutu, kamu dapat memilih penerbangan dari Jakarta ke Denpasar. Kemudian melanjutkan penerbangan dari Denpasar ke Labuan Bajo dengan harga tiket kurang lebih sekitar Rp 1 juta. Apabila kamu ingin sedikit berpetualang, kamu dapat menggunakan kapal ferry dari pelabuhan Sape di sumbawa menuju ke Labuan Bajo. Setelah kamu tiba di Labuan Bajo, kamu dapat menyewa mobil untuk melanjutkan perjalanan ke Kelimutu. Perjalanan akan memakan waktu kurang lebih 9 jam.

PINK BEACH, FLORES

Pink Beach Flores

Pink Beach Flores via ataflores.wordpress.com

Pernahkah kamu membayangkan melihat hamparan pasir yang bukan berwarna putih atau hitam, tetapi merah muda alias pink?! Hanya ada tujuh pantai di dunia yang memiliki hamparan pasir merah muda sehingga disebut Pink Beach yaitu di Indonesia, Pink Beach di Harbor Island, Bahamas; Bermuda; Santa Cruz Island, Filipina;  Sardinia, Itali; Bonaire, Dutch Caribbean Island; dan di Balos Lagoon, Crete, Yunani.

Di Indonesia, Pink Beach ini terletak di dalam Kawasan Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur dan memiliki kehidupan bawah laut yang sangat indah dan menarik dengan beragam jenis ikan, batu karang dan berbagai jenis biota laut. Bagi kamu yang memiliki hobi diving ataupun snorkeling, tempat ini adalah tempat yang tepat untuk kamu jelajahi dan sangat sayang untuk dilewatkan. Untuk menuju ke pantai yang mempesona ini, kamu dapat menyewa kapal atau speed boat dari Labuhan Bajo.

Warna merah muda di pantai ini masih belum ditemukan kejelasan yang pasti darimana sumbernya. Beberapa pendapat mengatakan warna tersebut berasal dari pecahan karang yang memiliki warna merah, namun beberapa pendapat lainnya mengatakan bahwa warna tersebut dihasilkan oleh hewan mikroskopik foraminifera yang memproduksi warna pink terang ataupun merah pada terumbu karang.

AIR TERJUN CUNCA WULANG, FLORES

Air Terjun Cunca Wulang

Air Terjun Cunca Wulang via tempatwisatakita.net

Obyek wisata air terjun Cunca Wulang ini terletak di desa Cunca Wulang, Kecamatan Mbeilling, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Cunca Wulang memiliki arti air terjun dan bulan. Dari Labuan Bajo, kamu dapat menempuh perjalanan sekitar kurang lebih 30 kilometer atau sekitar 2 jam. Jalanan menuju ke Cunca wulang banyak yang rusak parah dipenuhi dengan rute jalan yang penuh dengan tanjakan, turunan dan juga tikungan yang tajam. Setelah kamu sampai di gerbang utama, kamu diharuskan untuk berjalan kaki dengan ditemani oleh pemandu melewati hutan untuk menuju ke air terjun. Perjalanan ini akan memakan waktu sekitar kurang lebih 45 menit.

Ketika sampai di air terjun ini, kamu akan dibuat terpesona oleh keindahannya yang membius mata dan segala penat beserta keringat yang kamu rasakan ketika menapaki medan jalan yang melelahkan akan terbayar sudah akan pesona alam yang luar biasa ini. Air terjun ini terletak di ketinggian 200 meter dengan aliran air yang sejuk dan dingin. Dikarenakan kedalamannya yang tidak terlalu dalam, kamu dapat melakukan aktivitas berenang disini sambil menikmati keindahan alam yang mempesona.

PULAU KERA, KUPANG, NTT

Pulau Kera

Pulau Kera via arthulagung.wordpress.com

Ketika mendengar nama ini, kamu mungkin akan berasumsi bahwa di pulau ini dihuni oleh banyak kera, bukan? Di pulau Kera ini justru tidak ada satu pun kera atau monyet. Nama pulau ini sebenarnya berasal dari kata “Takera” yang artinya ember/timba. Menurut cerita masyarakat sekitar, konon ada seorang raja dari Pulau Solor sedang berlayar menuju Kupang dan ketika mendekati pulau kera, rombongan raja tersebut kehabisan air sehingga mereka memutuskan untuk mencari air di pulau kecil ini. Mereka pun menemukan sumur di pulau ini. Ketika para punggawa Raja sedang menimba air tiba-tiba tali yang digunakan terputus dan secara reflek berteriak “Takera” yang maksudnya adalah ember tersebut jatuh ke dalam sumur. Dari situlah pulau ini dikenal dengan nama Pulau Kera sampai sekarang.

Pulau ini terletak di tengah-tengah teluk Kupang dan dapat terlihat dari pinggir pulau Kupang. Kamu dapat menempuh perjalanan dari kota Kupang dengan menggunakan perahu sewa dari penduduk setempat untuk menuju ke pulau yang indah ini. Hamparan pasir putih yang seakan seputih salju dan berkilau dengan ombak yang tenang akan membuat kamu menikmati aktivitas bermain ombak ataupun bermain pasir. Di pulau ini tidak terdapat pohon besar yang tinggi dan hampir tidak ada semacam bukit. Pemukiman penduduk terletak di sebelah barat pulau meskipun ada juga sebagian kecil yang terletak di sebelah timur.

AIR TERJUN OEAHALA, TIMOR TENGAH SELATAN, NTT

Air Terjun Oehala

Air Terjun Oehala via tourism.nttprov.go.id

Air terjun Oehala ini terletak di desa Oehala dan merupakan obyek wisata yang sangat indah, unik, alami, asri, sejuk, dan bersih. Air terjun ini memiliki tujuh tingkatan dan dikelilingi oleh pepohonan yang tinggi dan rindang. Dari Kota Kupang, kamu dapat  menggunakan angkutan umum berupa bus dari terminal Kupang menuju ke Kota Soe. Dari Kota Soe, kamu akan menempuh perjalanan kurang lebih sekitar 13 kilometer untuk sampai ke salah satu wisata Kamulah Kabupaten Timor Tengah Selatan ini. Setelah sampai di lokasi, kamu diharuskan untuk berjalan kaki masuk ke hutan dengan melewati beberapa anak tangga sampai akhirnya air jernih yang mengalir menyambut kamu.

Air terjun Oehala ini memiliki bentuk bertingkat-tingkat layaknya anak tangga raksasa yang dialiri, sehingga air yang turun mengalir tidak langsung menyentuh tanah melainkan melewati undakan-undakan sebanyak tujuh tingkatan sehingga menyaksikan panorama alam yang sungguh mempesona. Banyak wisatawan berbondong-bondong datang untuk menyaksikan keunikan air terjun ini.

Masih banyak lagi mutiara terpendam yang memiliki panorama alam yang luar biasa di Nusa Tenggara Timur, yang akan membuat petualangan kamu semakin seru untuk menjelajahi  negara kita yang tercinta ini. So let’s travel and explore NTT!

 

destinasi wisata di NTT keindahan alam indonesia ntt pesona alam Nusa Tenggara Timur wisata alam

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply

    19 − 11 =