Suasana Kota Amsterdam, Perpaduan Metropolitan Modern Dan Abad Ke-17

1561 views

Amsterdam merupakan sebuah kota yang kental dengan suasana abad ke-17 namun bernuansa metropolitan modern sehingga menjadikan tempat ini sangat menarik dan indah untuk dijadikan tujuan berlibur. Lingkungan yang sangat asri dan indah dengan kanal-kanal yang bersih, bunga-bunga tulip khas Belanda yang sangat mempesona, tidak salah bila kota ini menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan.

Kanal Amsterdam

Kanal Amsterdam

Kanal Amsterdam via yourtravel.asia

Amsterdam yang merupakan ibukota Belanda memiliki kurang lebih seratus kilometer kanal dan 1.500 jembatan. Kanal Amsterdam ini dibangun pada abad ke-17 pada masa keemasan Belanda. Kanal ini memiliki tiga kanal utama yaitu Herengracht, Prinsengracht, dan Keizergract yang membentuk sabuk konsentris di sekitar kota yang dikenal dengan sebutan Grachtengordel. Di sekitar kanal-kanal utama tersebut, terdapat kurang lebih 1550 bangunan monumental.

Kanal Herengracht merupakan kanal pertama dari ketiga kanal utama di kota Amsterdam. Kemudian Kaizersgracht merupakan kanal kedua dari tiga kanal utama yang terletak di tengah kota amsterdam diantara Herengracht dan Prinsengracht. Sedangkan Prinsengracht adalah merupakan kanal utama keempat dan terpanjang di amsterdam.

Taman Bunga Keukenhof

Taman bunga keukenhof

Taman bunga keukenhof via gambarwisata.com

Taman bunga keukenhof merupakan taman bunga terbesar di dunia yang terletak di Holland selatan diantara kota Hillegom dan Lisse di selatan Haarlem dan baratdaya Amsterdam. Di taman ini terdapat tujuh juta kuntum bunga yang ditanam setahun sekali di taman indah ini.

Taman ini dibuat pada tahun 1949 dengan tujuan awalnya untuk membuat pameran bunga supaya para penanam bunga dari segala penjuru Belanda dan Eropa dapat memamerkan bunga-bunga mereka di taman ini dan membantu Belanda menjadi eksportir bunga terbesar di dunia.

Museum Square

Museum square

Museum square via travel.sygic.com

Negara Belanda merupakan negara dengan nilai-nilai sejarah yang tinggi. Jadi bila kamu memiliki hobi traveling ke tempat-tempat sejarah maka negara ini cocok untuk tujuan liburan kamu. Berbagai peninggalan berbentuk bangunan dengan nilai sejarah ada disini. Belanda juga merupakan negara yang Berjaya dan memiliki banyak negara jajahan pada masa lalu sehingga banyak barang-barang peninggalan masa itu yang masih disimpan sehingga banyak museum yang dapat kamu temukan disini.

Museum Square atau yang juga disebut Museumplein ini bukan hanya sebuah bangunan museum biasa karena merupakan area berukuran luas yang terbuka dan memiliki beberapa bangunan penting. Beberapa museum juga ada di tempat ini, antara lain Rijk museum, van gogh museum, stedelijk museum, diamond museum (museum berlian), royal concertgebouw atau royal concert hall, kantor konsulat amerika serikat. Selain itu dibawah bangunan Museum square ini juga terdapat supermarket bawah tanah lengkap dengan area parkir. Selain itu para wisatawan juga dapat menikmati alun-alun luas yang mirip dengan taman  serta lapangan yang luas ini sebagai tempat bersantai dan juga bermain.

Tempat ini juga sering dijadikan tempat untuk penyelenggaraan even-even besar seperti demonstrasi, perayaan tertentu, dan juga sebagai tempat nonton bersama pertandingan sepakbola dunia.

Dam Square

Dam square

Dam square via mnque.com

Dam square ini merupakan sebuah alun-alun di pusat kota Amsterdam dan sangat ramai, dan dijadikan sebagai tempat berkumpul bagi masyarakat lokal ataupun juga para wisatawan. Seperti layaknya museum square yang kita bahas diatas, tempat ini juga sering difungsikan sebagai penyelenggaraan berbagai even ataupun pertunjukan para seniman serta para seniman jalanan. Selain itu indahnya lagi, di alun-alun dam square ini juga terdapat banyak burung merpati. Banyak bangunan terkenal yang berada di sekitar dam square ini antara lain Istana Royal Palace of Amsterdam, gereja tua legendaries, Niewekerk, pabrik pengasahan berlian, shooping center, Museum Madame Tussauds, dan masih banyak lagi lainnya.

De Gooyer Windmill

De gooyer windmill

De gooyer windmill via iaminamsterdam.com

Belanda memang dikenal dengan negara kincir angin, Kincir angin yang berwarna cokelat dan mempunyai empat sisi baling-baling ini digunakan sebagai pembangkit listrik. Namun saat ini tidak terlalu banyak kincir angin yang terdapat di Belanda. Salah satu kincir angin yang tersisa di pusat kota Amsterdam adalah De gooyer windmill atau molen de goover. Kincir angin ini merupakan kincir angin yang paling terkenal dikarenakan lokasinya yang paling dekat dengan lokasi-lokasi bersejarah di kota Amsterdam dan terletak tidak jauh dari Maritime Museum.

Kincir angin ini juga merupakan kincir angin paling tinggi di Belanda. Di dekat kincir angin ini terdapat juga tempat pembuatan beer yang terkenal yaitu Bewery. Di tempat ini para wisatawan dapat melihat langsung proses pembuatan bir kemudian juga dapat mencicipi bir ataupun juga jus buah disini.

De Waag atau The Weigh House

De Waag atau The Weigh House

De Waag atau The Weigh House via natalenaputri.com

De waag atau the weight house ini merupakan bangunan tua yang mirip dengan kastil dan berada di Niewmarket Square yang terletak di pusat kota Amsterdam. Bangunan ini dibangun pada tahun 1488. Dulunya bangunan ini berfungsi sebagai gerbang kota pada akhir abad ke-16 namun kemudian tidak lagi berfungsi sebagai gerbang kota ketika wilayah Amsterdam mengalami perluasan hingga ke luar tembok kota. Bangunan ini dulunya merupakan bagian dari tembok kota yang mengelilingi wilayah Amsterdam namun ketika bangunan tembok tersebut dihancurkan maka De waag ini menjadi bangunan yang berdiri secara independen. Disini para wisatawan selain dapat menikmati keindahan arsitektur bangunan, mereka juga dapat berkumpul santai atau menyantap hidangan di café-café serta restoran yang ada di sekitar bangunan ini.  Terdapat kurang lebih 20 café disini, selain itu terdapat juga pasar harian yang digelar seperti pasar barang antik di setiap hari minggu dan juga pasar organik di setiap hari sabtu.

Leidse Square

Leidse Square

Leidse Square via alamy.com

Leidse square ini merupakan salah satu pusat hiburan dan kehidupan malam di kota Amsterdam. Disini banyak sekali terdapat toko, mall, café, restoran, bioskop, teater, klub malam dan juga kasino. Banyak para anak muda Belanda yang menghabiskan waktu hangout di tempat ini bersama dengan teman-temannya. Selain itu, di Leidse square ini juga banyak diselenggarakan berbagai pertunjukan dari para seniman dan artis jalanan.

Pasar Bunga Terapung

Pasar bunga terapung

Pasar bunga terapung via scriptersnews.blogspot.com

Pasar bunga terapung yang sangat unik dan indah ini berdiri dari tahun 1862 dan terletak di tepi kanal Singel Bioemenmarkt. Disini para wisatawan dapat menemukan berbagai macam jenis bunga termasuk bunga Tulip khas Belanda yang beraneka warna. Di pasar terapung ini terdapat bunga yang siap tanam di pot, bunga yang sudah dibuket dan juga benih bunga yang siap untuk diekspor. Wah menarik sekali kan.

Rijka Museum

Rijks Museum

Rijks Museum via commons.wikimedia.org

Rijks Museum ini merupakan salah satu museum di kota Amsterdam yang memiliki koleksi yang amat sangat banyak hingga konon mencapai satu juta objek. Wah banyak sekali ya. Museum ini pertama kali dibuka pada tahun 1885 dan merupakan museum yang paling terkenal di Amsterdam. Selain memiliki koleksi yang sangat banyak dan sangat menarik bagi para wisatawan, di tempat ini juga terdapat taman yang sangat indah untuk dijadikan tempat bersantai. Dan terdapat juga toko souvenir dimana para wisatawan dapat membeli oleh-oleh souvenir khas Belanda, serta terdapat juga sederet café untuk tempat berkumpul ataupun menuntaskan dahaga dan lapar, dan masih banyak lagi fasilitas lain yang melengkapi museum ini.

Nah bagaimana travel lovers? Keindahan dan keunikan kota Amsterdam ini tentu ingin membuat kamu berlibur kesana kan? Let’s travel and explore Amsterdam!

destinasi wisata kota amsterdam keindahan kota amsterdam keunikan kota amsterdam

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply

    twenty − 7 =