Serunya Berkeliling Pulau Dewata Dengan Transportasi Publik

1363 views

Liburan di Bali tak seharusnya menguras kantong kamu secara berlebihan. Tetapi tentu saja kamu harus tahu terlebih dahulu tempat-tempat atau obyek wisata yang ingin kamu kunjungi di Bali dan transportasi umum menuju kesana.

Di Bali, kamu tidak akan menemukan kendaraan umum dengan mudah karena umumnya transportasi ini berada di wilayah bagian selatan sekitar Denpasar, Nusa Dua, Kuta, dan Sanur. Di lokasi obyek-obyek wisata memang sekarang semakin mudah untuk menjumpai transportasi umum. Berikut adalah beberapa jenis kendaraan umum di Bali yang dapat kamu pilih :

Bus Trans Sarbagita

Bus Trans Sarbagita

Bus Trans Sarbagita via hada28.wordpress.com

Bus ini khusus melayani trayek di area Bali saja dan memiliki kapasitas untuk 35 orang. Berikut adalah trayek dari bus ini seperti yang dilansir oleh per4an.com :

  1. Trayek Utama / KoridorA. Koridor I Trayek GOR Ngurah Rai – GWK PP

    Rutenya :

    Dari Halte SMAN 7 (Jl. Kamboja)-Jl. Angsoka–Melati- Surapati – Kapten Agung – Letda Made Putra – Jl. PB Sudirman – Waturenggong – Diponegoro – Raya Sesetan-Bypass Ngurah Rai-Dewa Ruci-Bypass Nusadua – Jl. Udayana / Kampus UNUD Bukit – Jl. Uluwatu-GWK

    Dari Halte GWK -Raya Uluwatu-Jl.Udayana Kampus Bukit – Bypass Nusadua – Dewa Ruci- Pesanggaran – Raya Sesetan – Diponegoro -Serma Durna-Serma Made Pil-Serma Mendra-PB Sudirman-Dewi Sartika-Diponegoro – Hasannudin -Jl. Udayana – Surapati-Kamboja-Angsoka-Melati-Patimura-Halte SMA-7

    B. Koridor II Trayek Batubulan – Nusa Dua PP

    Rutenya :

    Dari Terminal Batubulan – WR Supratman – Jl. Bypass Ngurah Rai–Jl.Prof I.B Mantera – Jl. Bypass Ngurah Rai-Simpang Dewa Ruci-Jl.Setiabudi Kuta-Jl.Raya Kuta- Sentral Parkir Kuta- Jl. Imam Bonjol-Jl.Sunset Road Timur- Simpang Dewa Ruci-Jl.Bypass Nusa Dua-Jl. Masuk Kawasan Nusadua-Jl. Amphi Halte BTDC 1

    Dari Halte BTDC 1 – Jl Bali Int Lawn Bowling-Jl.Kawasan Nusadua Resort (Halte BTD2) –  Jl Tg Benoa  Bualu-Jl. Bypass Nusadua-Simpang Dewa Ruci-Jl. Setiabudi Kuta- Jl.Raya Kuta- Sentral Parkir Kuta-Jl.Imam Bonjol- Jl.Sunset Road Timur-Simpang Dewa Ruci- Jl.Bypass Ngurah Rai- Jl.WR Supratman – Jl. Raya Batubulan – Jl. Batuyang – Terminal Batubulan.

  1.  Trayek Cabang/Pengumpan/FeederA. Trayek Cabang Kota Denpasar

    Trayek Feeder  TP 01, Rute :
    GOR Ngurah Rai – Kamboja – Angsoka-Melati-WR Supratman-Nusa Indah – Hayam Wuruk-Narakusuma-Pandu-Merdeka-M Yamin-Puputan N.M – Bundaran Renon – TK Penet-TK Yeh Aya-TK Bulian-Puputan- NM-Sudirman-SMAN.2 –Sudirman-Dw Sartika-Diponegoro-Hasanudin-Puputan-Catur muka-Surapati-Kepundung-WR Supratman-GOR Ngurah Rai.

    Trayek Feeder  TP 02,  Rute :
    Matahari Terbit-Bypass Ngurah Rai-D. Buyan-TK Bilok-TK. Balian-TK. Yeh Aya-Waturenggong—     P. Nias- P. Bali-P. Lombok-Komodo-Taraakan-SP 6-P. Kawe-Satelit-N Penida-P. Lombok-P. Bali-P. Nias-Diponegoro-Serma Made Oka – Serma Made Pil – Serma Mendra – Sudirman-Waturenggong-TK. Yeh Aya-TK. Balian-TK. Bilok-D. Buyan-Bypass Ngurah Rai-Matahari Terbit.

    Trayek Feeder  TP 03,  Rute :
    P. Nias-P. Bali-P. Lombok-P. Komodo-P. Tarakan-SP.6-P. Kawe-P. Bungin-Raya Pemogan-Bypass Ngurah Rai-SP. Benoa-Raya Sesetan-Suwung Batan Kendal-Jl. Mertasari-Jl. Pendidikan-Jl. Sidakarya-Diponegoro-P. Nias.

    Trayek Feeder  TP 04,  Rute :
    Suci-Hasanudin-Sutoyo-Sudirman SMAN 2- Waturenggong-TK. Pakerisan-Jl. Dewata-Jl. Sidakarya-Raya Sesetan-Diponegoro-Suci

    B. Trayek Cabang Kabupaten Badung

    Trayek Feeder : GWK-Tanjung Benoa PP, Rute :
    GWK – Ungasan – STP- Kutuh – Jl. Pratama – Tanjung Benoa berputar kembali ke Jl. Pratama – Kutuh – STP – Ungasan – GWK.

    Trayek Feeder : Tuban-GWK – Uluwatu PP, Rute :
    Jl. Uluwatu Kelan – Jl. Uluwatu Kedonganan – Jl. Uluwatu Jimbaran – Simpang Kali – GWK – Jl. Uluwatu Pecatu – Pelataran parkir Pura Uluwatu, berputar kembali ke jl. Uluwatu Pecatu – GWK – Simpang Kali – Jl. Uluwatu Jimbaran – Jl. Uluwatu Kedonganan – Jl. Uluwatu Kelan.

Komotra

Komotra

Komotra via traveldonk.com

Komotra yang sejenis dengan Isuzu Elf ini dapat dikatakan shuttle dari Sentral Parkir Kuta menuju ke Kuta, Seminyak, dan Legian dan dan memiliki kapasitas untuk 20 orang. Tampilan luar komotra boleh dibilang menarik dengan berbagai warna warni dengan gambar pantai kuta. Dengan badan bus yang setengah terbuka, penumpang dapat dengan leluasa melihat keadaan sekitar sepanjang perjalanan.

Bus Kura-Kura

Bus Kura-Kura

Bus Kura-Kura via jalan-jalanku.xyz

Bus ini memiliki nama yang unik yaitu bus kura-kura dan merupakan salah satu transportasi publik yang cukup baru di Bali. Bus ini memiliki jam operasional mulai dari pukul 09.00 – 23.00 WITA dan memiliki delapan rute daerah wisata yaitu Seminyak, Kuta, Legian, Sanur, dan Ubud. Bus ini memiliki titik pemberhentian khusus seperti di mall ataupun hotel sehingga kamu tidak dapat naik ataupun turun sembarangan di perjalanan.

Bila kamu tertarik untuk berkeliling dengan menggunakan bus ini, kamu harus membeli tiketnya terlebih dahulu. Ada tiga jenis tiket yaitu kura-kura koin untuk sekali perjalanan, Day Pass, dan Value Card yang dapat digunakan untuk  beberapa kali jalan. Harga tiket paling murah adalah lebih kurang Rp 20.000,- untuk berkeliling di kawasan Legian, Kuta, dan Seminyak. Dengan fasilitas AC dan WIFI, bus ini layak untuk kamu coba ketika kamu menikmati liburan di Bali.

Dokar

Dokar di Denpasar

Dokar di Denpasar via tribunnews.com

Dulunya alat transportasi ini digunakan oleh masyarakat bali untuk berbelanja di pasar Badung. Seiring dengan perkembangan jalan, satu persatu pemilik dokar tidak mampu lagi mempertahankan jasa transportasi tradisionalnya, konon hanya terdapat 7 pemilik saja yang masih bertahan.

Bila kamu ingin mencoba berkeliling dengan menggunakan transportasi ini, kamu dapat menikmati sepanjang jalan pantai Kuta ataupun jalan Legian. Tarif yang dipatok untuk wisatawan lokal umumnya adalah Rp. 100.000,-, namun untuk wisatawan asing umumnya pemilik dokar mematok tarif sebesar lebih kurang Rp. 200.000,-

Sewa Motor

Sewa motor di Bali

Sewa motor di Bali via bali.tribunnews.com

Bila kamu ingin merasa lebih bebas untuk berkeliling Bali, kamu dapat memilih salah satu alternatif yang umumnya dilakukan oleh wisatawan ketika berlibur di pulau Dewata ini, yaitu sewa motor lengkap dengan helm dan jas hujan. Range harga sewa motor untuk harian adalah antara Rp 40.000 – 70.000/hari tergantung jenis motor dan tergantung apakah sedang musim liburan atau tidak. Bila tidak terlalu ramai wisatawan yang datang berlibur, umumnya para penyedia jasa rental motor ini akan menurunkan tarifnya, tetapi tentu saja kamu harus melewati tawar menawar dulu untuk mencapai kesepakatan.

Untuk sewa motor mingguan atau bulanan umumnya lebih hemat dari sisi harga yaitu antara Rp. 500.000 – Rp. 800.000/ per bulan (tentu dengan sistem tawar menawar ya). Berikut ini beberapa tips ketika kamu akan menyewa kendaraan roda dua ini :

  • Jangan terlalu memperlihatkan kalau kamu sangat membutuhkan motor tersebut. Biarkan mereka yang menawarkan ke kamu.
  • Bila mereka menawarkan harga X ke kamu, jangan langsung setuju karena umumnya mereka akan menawarkan harga yang tinggi untuk pembukaan.
  • Tawarlah harga dengan wajar.
  • Jika sudah menawar harga dan mencapai kesepakatan, usahakan jangan sampai membatalkan sepihak.
  • Cek STNK, helm, dan kondisi motor. Pastikan motor tidak ada kerusakan.

Nah tadi adalah beberapa info kendaraan umum yang dapat kamu pilih selama liburan di Bali supaya petualanganmu semakin seru dan menyenangkan.

berkeliling pulau dewata kendaraan umum di bali transportasi wisata di bali

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply

    fourteen − two =