Serunya Bergabung Dengan Komunitas Backpacker, Bikin Kamu Makin Ingin Travelling Lho!

1757 views

Jika kamu memiliki hobi travelling atau mendaki gunung, mungkin kamu tertarik untuk bergabung dengan beberapa forum atau komunitas yang mewadahi berbagai orang yang memiliki minat yang sama dengan kamu. Selain menambah pertemanan dan pengetahuan dari para traveller yang lebih berpengalaman, kamu juga bisa melakukan trip bareng mereka lho. Seru kan?!

Forum Backpacker Indonesia (BPI)

Forum backpacker Indonesia (BPI)

Forum backpacker Indonesia (BPI) via hipwee.com

Bagi kamu  yang gemar travelling, pasti sudah tidak asing lagi dengan forum yang satu ini. Forum Backpacker Indonesia ini didirikan pada tahun 2009. dan sekarang memiliki lebih kurang 60.000 anggota.

Di forum ini kamu dapat berkenalan dan mendapatkan berbagai macam informasi tentang travelling bahkan dapat merencanakan untuk melakukan perjalanan bersama-sama. Kamu bahkan juga dapat untuk bergabung melalui facebook mereka seperti Backpacker Regional Semarang, Yogyakarta ataupun daerah-daerah lainnya. Seru kan?

Kalau kamu tertarik untuk mencari informasi lebih mendalam mengenai forum ini, kamu dapat mengunjungi websitenya di www.backpackerindonesia.com

Komunitas Backpacker Dunia

Komunitas backpacker dunia

Komunitas backpacker dunia via majalahasri.com

Komunitas Backpacker Dunia ini dibentuk oleh Elok Dyah Messwati dari bulan September 2009. Dyah memang menggemari travelling dan pada saat itu dia tengah akan menerbitkan buku yang berjudul Backpacking Hemat ke Aussie. Komunitas ini sekarang telah memiliki anggota kurang lebih sekitar 68.000.

Bergabung dengan komunitas ini, kamu dapat memperoleh berbagai informasi dan cerita dari para backpacker yang sudah berpengalaman bepergian ke luar negeri, dan tentunya kamu juga akan menambah daftar teman baru kamu kan.

Komunitas Wisata Mistis

Komunitas wisata mistis

Komunitas wisata mistis via measiamagazine.net

Wah begitu kamu mendengar kata-kata mistis, tentu kamu udah merinding duluan kan. Nah di komunitas yang satu ini, kamu akan berwisata ke tempat-tempat yang memiliki bau mistis. Dan ketika komunitas ini melakukan perjalanan ke sebuah tempat wisata mistis, mereka bukan hanya sekedar ingin berfoto atau bergaya lho, tetapi mereka juga akan menyelidiki dan meluruskan mitos-mitos tersebut. Apakah kamu berani mencoba?

Komunitas One Day Travelling

Komunitas one day travelling

Komunitas one day travelling via hipwee.com

Apakah kamu termasuk orang yang sibuk dan hampir susah untuk meluangkan waktu melakukan liburan? Nah komunitas yang satu ini cocok buat kamu yang ingin refreshing jalan-jalan dalam waktu singkat. Komunitas yang didirikan pada bulan November 2011 ini memang sering mengadakan perjalanan wisata one day trip (1 hari saja). Ide mendirikan komunitas ini muncul dari Arief Suharto yang terinspirasi dari kesibukannya bekerja dan hanya memiliki waktu luang pada saat akhir pekan saja untuk melakukan perjalanan one day trip dalam liburan-liburannya.

Komunitas Pendaki Gunung Indonesia

Komunitas pendaki gunung Indonesia

Komunitas pendaki gunung Indonesia via news.okezone.com

Kalau kamu suka menjelajah pegunungan, ada baiknya kamu bergabung dengan Komunitas Pendaki Gunung Indonesia (KPGI). Disini kamu dapat menemukan teman-teman yang sama-sama suka mendaki gunung dan mengenal medan pendakian.

Komunitas ini didirikan pada bulan April 2010 oleh Teuku Ferry Irawan. Anggota-anggota yang tergabung dalam komunitas ini sering mengadakan kopi darat (kopdar), training, bahkan juga open trip bareng. Selain itu mereka juga melakukan baksos dan kampanye lingkungan. Nah kalau kamu tertarik untuk bergabung, kamu bisa join melalui facebook mereka.

Couchsurfing

Couchsurfing

Couchsurfing via hipwee.com

Couchsurfing ini adalah forum global yang didirikan untuk menjembatani antara traveller yang sedang mencari tempat / tumpangan menginap dengan tuan rumah yang menyediakan tumpangan (host). Dengan cara menumpang dan menyediakan tempat tumpangan untuk menginap, kamu memiliki kesempatan untuk berkenalan dengan para traveler dari berbagai belahan dunia dan juga bertukar cerita ataupun pengalaman.

Selain itu, dengan menumpang kamu dapat menghemat biaya penginapan kamu dan berinteraksi dengan warga lokal serta lebih mengenal budaya setempat. Forum ini memiliki anggota kurang lebih 2,6 juta member. Nah jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut mengenai couchsurfing ini, kamu dapat membuka facebook mereka oke.

Kaskus Oanc

Kaskus OANC

Kaskus OANC via yukpiknik.com

Kaskus OANC ini merupakan singkatan dari Kaskus Outdoor Adventure and Nature Clubs. Komunitas ini merupakan kumpulan dari para anak-anak muda yang menyukai kegiatan outdoor menikmati keindahan alam. Nah jika kamu juga merupakan pecinta alam, maka komunitas ini cocok bagi kamu untuk bergabung.

Info Gunung

Info Gunung

Info Gunung via yukpiknik.com

Komunitas ini awalnya bermula dari sebuah akun twitter yang menyampaikan berbagai informasi mengenai dunia pendakian di Indonesia. Kemudian seiring berjalannya waktu, akun ini dibanjiri banyak follower sehingga akhirnya diputuskan untuk dibentuklah sebuah komunitas regional di beberapa daerah yang biasa disebut Chapter yaitu Chapter Jogja, Chapter Bogor, Chapter Semarang, dan beberapa chapter lainnya. Bagi kamu yang masih pemula dan ingin ikut dalam pendakian, jangan khawatir, kamu boleh juga kok bergabung dengan komunitas ini dan kamu dapat menimba ilmu dari para pendaki berpengalaman juga disini.

Jalan Pendaki

Jalan Pendaki

Jalan Pendaki via yukpiknik.com

Komunitas lain tentang pendakian gunung adalah Jalan Pendaki. Komunitas ini berawal dari sebuah blog Acen Trisusanto yang merupakan seorang pendaki. Blognya dapat kamu baca di www.jalanpendaki.com dan digemari oleh para pendaki gunung karena penuturan bahasa yang lucu, kocak, dan menghibur.

Komunitas Jalan Pendaki ini juga sering melakukan trip bersama ataupun kopdar (kopi darat) dan mereka baru saja merilis majalah digital edisi pertama yang diberi nama Japen Magz.

Komunitas Fotografi National Geographic Indonesia

Komunitas Fotografi National Geographic Indonesia

Komunitas Fotografi National Geographic Indonesia via fotokita.net

Apakah kamu memiliki hobi fotografi dan travelling? Jika iya, nah ini dia komunitas yang cocok untuk menyalurkan kedua hobi kamu tersebut. Di Fotokita.net ini kamu dapat berkenalan dengan para fotografer, berbagi tips tentang fotografi dan juga travelling. Lumayan kan untuk menambah pengetahuan sekaligus untuk menambah daftar teman kamu.

Disini kamu dapat memposting karya-karya fotografimu yang bertema travelling dan jika foto kamu terpilih sebagai Foto Bulan Ini maka kamu akan mendapatkan kompensasi tentunya yang dapat kamu gunakan sebagai uang tambahan. Dan yang lebih asyik lagi, dua foto terbaik yang terpilih sebagai Foto Bulan Ini  akan dimuat di majalah National Geographic Indonesia dan National Geographic Traveller lho! Wah menarik sekali kan?!

Komunitas Jalan2 Indonesia

Komunitas Jalan2 Indonesia

Komunitas Jalan2 Indonesia via trip.nashirr.net

Komunitas yang satu ini menarik minat para traveller karena disini kamu dapat mencari berbagai informasi mulai dari rute perjalanan hingga berbagi pengalaman travelling kamu. Kamu juga bisa memposting foto-foto selfie atau foto narsis kamu selama liburan lho!

Selain itu kamu juga dapat mempromosikan berbagai perlengkapan travelling yang ingin kamu jual namun aturannya transaksi-transaksi tersebut harus dilakukan di luar forum ya melalui email masing-masing. Nah asyik kan selain dapat teman baru, dapat membagi pengalaman travelling kamu, dapat berbagai informasi travelling, kamu juga dapat jualan barang-barang preloved kamu lho!

Komunitas Liburan Murah

Komunitas liburan murah

Komunitas liburan murah via liburanmurah.info

Komunitas ini didirikan pada tahun 2009 dan memiliki prinsip bagaimanakah cara untuk berlibur sehemat mungkin. Nah jika kamu tipe yang ingin berlibur dengan budget yang tidak terlalu menguras kantong, maka inilah komunitas yang tepat bagi kamu untuk bergabung. Alternatif lain yang ditawarkan oleh komunitas ini untuk menghemat biaya travelling adalah melakukan tur atau travelling bersama dengan rombongan demi menghemat biaya transportasi dan akomodasi.

Komunitas ini memiliki base camp di Surabaya dan sering mengadakan tur berkala ke beberapa tujuan wisata yang populer di Indonesia bahkan juga di Asia dengan peserta yang dibatasi maksimal 20 orang. Nah jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut tentang komunitas ini, kamu dapat mengunjungi situsnya di liburanmurah.info.

Nah bagaimana travel lovers? Setelah mengetahui beberapa komunitas travelling di atas, apakah kamu tertarik untuk bergabung dengan mereka? Let’s travel and explore the world! 

 

 

komunitas backpacker komunitas jalan2 komunitas pendaki gunung komunitas travelling

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply

    twelve − 12 =