Rekomendasi Tempat Kemping Seru Di Alam Terbuka Daerah Jawa Barat

3738 views

Melakukan aktivitas di alam terbuka bisa jadi liburan yang menyenangkan lho terutama jika kamu menikmatinya dengan sahabat ataupun keluarga. Kali ini kita akan membahas tentang tempat-tempat perkemahan menarik di Jawa Barat yang dapat kamu jadikan alternatif untuk liburan oke?!

Rancaupas, Ciwidey

Rancaupas, Ciwidey

Rancaupas, Ciwidey via thearoengbinangproject.com

Rancaupas, Ciwidey berlokasi di Bandung Selatan dan berada pada ketinggian 1700 meter di atas permukaan laut. Kawasan Bumi Perkemahan Rancaupas ini merupakan salah satu tempat liburan dimana kamu dapat menikmati suasana alam bebas di Bandung dengan udara yang sejuk dan segar. Bawalah jaket pada saat kamu melakukan camping disini karena pada malam hari udaranya dapat menjadi begitu dingin. Disini juga terdapat tempat pemandian air panas.

Gunung Puntang, Banjaran

Gunung Puntang, Banjaran

Gunung Puntang, Banjaran via achyar89.wordpress.com

Gunung Puntang, Banjaran ini terletak di Desa Cimaung, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung. Kamu dapat mencapai daerah ini dengan melakukan perjalanan lebih kurang dua jam dari kota Bandung.

Glamping Legok Kondang, Ciwidey

Legok Kondang

Legok Kondang via dayeuhluhur.net

Legok Kondang ini terletak di Ciwidey dan memiliki suasana perkampungan yang asri dengan panorama alam yang indah. Legak Kondang ini mengusung tema perkemahan modern dengan bangunan yang terbuat dari tenda besar dan dikelilingi pepohonan.

Di dalam bangunan kemah terdapat tenda-tenda yang berisikan tempat tidur dan kamar mandi. Dan persis di depan tenda juga terdapat kolam yang besar sehingga kamu dapat duduk-duduk santai menghadap ke arah kolam.

Sekitar Situ Cileunca, Pangalengan

Situ Cileunca

Situ Cileunca via wisatakebandung.com

Situ Cileunca ini terletak di Desa warnasari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Disini terdapat kebun strawberry dan kebun arbei, kamu juga dapat membeli susu sapi segar,  atau berburu oleh-oleh khas Pangalengan. Tempat ini biasanya ramai pada saat musim libur tiba.

Disini juga terdapat fasilitas kemping yang lapang dan memiliki banyak pohon pinus. Tempat kemping di area ini memiliki tenda dan toilet yang bersih.

Sekitar Situ Cisanti, Kertasari

Situ Cisanti, Kertasari

Situ Cisanti, Kertasari via irhamfaridh.com

Lokasi kemping ini berada di Tarumajaya, Kertasari, Kabupaten Bandung Hulu Sungai Citarum. Disini kamu dapat menikmati indahnya matahari terbit yang memancarkan sinar kemerahan yang indah. Panorama di sekitar juga menawarkan keindahan alam yang elok.

Green Hill Ciwidey

Green Hill Ciwidey

Green Hill Ciwidey via wisatamurahsentul.com

Lokasi ini terletak tidak jauh dari kampung Cai Rancaupas dan memiliki fasilitas perkemahan yang dapat langsung kamu tempati.

Bumi Perkemahan Cikole, Lembang

Bumi perkemahan cikole lembang

Bumi perkemahan cikole lembang via cikalnews.com

Bumi Perkemahan Cikole ini terletak di poros wisata Lembang, Tangkuban Perahu atau sekitar lebih kurang 28km dari kota Bandung dan juga merupakan salah satu tempat populer untuk berkemah.

Ciwangun Indah Camp (CIC), Cisarua

Ciwangun Indah Camp

Ciwangun Indah Camp via kicaucimahi.blogspot.com

Ciwangun Indah Camp ini terletak di daerah Ciwangun di Jalan Kol. Matsuri, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat dan memiliki fasilitas camping yang lumayan lengkap.

Glamour Kemping Dusun Bambu, Cisarua

Glamour Kemping Dusun Bambu

Glamour Kemping Dusun Bambu via blog.reservasi.com

Glamour Kemping Dusun Bambu ini terletak di Jalan Kolonel Masturi Km 11, Situ Lembang, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Tempat ini pun menyuguhkan tema perkemahan modern dimana pada setiap tenda terdapat air hangat, handung, selimut, bantal, dan sleeping bag seperti layaknya hotel.

Sari Ater Camping Park

Sari Ater Camping Park

Sari Ater Camping Park via sariater-hotel.com

Sari Ater Hotel memiliki empat jenis tenda :

  • Tenda Musang dimana dapat menampung 4 orang dengan fasilitas minuman hangat, sarapan, dan kamar mandi luar.
  • Tenda Landak dapat menampung 4 orang dengan fasilitas minuman hangat, sarapan, kamar mandi dalam, dan parkir pribadi.
  • Tenda Rusa dan Tenda Elang yang memiliki balkon dengan pemandangan menghadap ke sungai.

Perkemahan Gunung Putri, Lembang

Gunung Putri, Lembang

Gunung Putri, Lembang via dangyanblog.blogspot.com

Perkemahan Gunung Putri ini dapat dilalui dari Jalan Maribaya untuk masuk ke Jalan Tangkuban Perahu. Perkemahan ini terletak di Puncak gunung yang memiliki ketinggian lebih kurang 1587 mdpl.

Taman Hutan Jayagiri, Lembang

Taman Hutan Jayagiri

Taman Hutan Jayagiri via info-wisatadibandung.blogspot.com

Kawasan Taman Hutan Jayagiri ini memiliki hutan yang masih asri dan berada di kaki Gunung Tangkuban Perahu. Disini kamu dapat berkemping dengan menikmati udara yang sejuk dan segar. Dan juga disediakan shelter pendakian lengkap dengan toilet, tempat sampah, dan pos penjagaan.

Gunung Batu Lembang

Gunung Batu

Gunung Batu via rjsyahrulloh.blogspot.com

Gunung Batu ini berada di Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang dengan ketinggian lebih kurang 1.228 mdpl. Bila kamu berkemping di gunung batu ini, kamu dapat menikmati matahari terbit dan melihat keindahan kota Lembang dan kota Bandung.

Cantigi Camp

Cantigi Camp

Cantigi Camp via wikimapia.org

Cantigi Camp ini berlokasi di Jalan Manjah Beureum Cileunyi Kulon Kabupaten Bandung. Kamu dapat menggunakan jalur Jalan Soekarno Hatta ke arah timur kemudian sebelum terminal Cileunyi kamu mengambil jalan lurus saja kea rah Perumahan Villa Bandung dan terus naik. Atau bila kamu menggunakan jalur tol, kamu bisa keluar dari pintu tol keluar Cileunyi kemudian belok kiri ke arah Pasar Sehat Cileunyi dan menuju ke arah barat.

Situs Batu Kuda

Situs Batu Kuda

Situs Batu Kuda via wisata.bandungoffroad.com

Situs Batu Kuda ini terletak di lereng Gunung Manglayang dan kamu dapat menuju ke tempat ini melalui rute jalur Cibiru kemudian melewati bundaran timur kota Bandung ke arah Cileunyi.

Bumi Perkemahan Kiarapayung

Bumi Perkemahan Kiarapayung

Bumi Perkemahan Kiarapayung via info-wisatadibandung.blogspot.com

Bumi Perkemahan Kiarapayung ini terletak di Kabupaten Sumedang berbatasan dengan Bandung dan berada di kaki Gunung Manglayang yang memiliki ketinggian kurang lebih 1.650 mdpl. Tempat ini biasa dijadikan tempat Jambore Pramuka hingga community gathering.

Bukit Bintang / Bukit Moko

Bukit Bintang / Bukit Moko

Bukit Bintang / Bukit Moko via bersepedahan.wordpress.com

Bukit bintang atau bukit moko ini merupakan sebuah bukit yang terletak di bandung utara. Di tempat ini kamu dapat menikmati indahnya kota Bandung pada malam hari. Dan jangan khawatir, untuk fasilitas di area tersebut cukup lengkap mulai dari tempat makan dan toilet. Untuk menuju ke bukit bintang ini, kamu perlu menempuh perjalanan kurang lebih 1.5 jam dari kota Bandung.

Bila kamu berkemah di puncak bukit bintang/moko ini kamu dapat menikmati pemandangan kota Bandung di malam hari yang Nampak indah. Juga dapat menikmati pohon-pohon pinus sambil bersantai.

Berikut adalah beberapa tips kemping yang perlu kamu perhatikan :

  • Pilihlah area berkemah yang bagus dengan pemandangan yang bagus dan cukup air.
  • Pilihlah area berkemah yang tidak jauh dari pemukiman penduduk sehingga bila terjadi sesuatu diluar kendali kamu, kamu dapat meminta pertolongan mereka.
  • Reservasi area kemah terlebih dahulu.
  • Jelajahi kawasan pedalaman.
  • Bukalah tenda setiap pagi supaya ada sirkulasi udara.
  • Pasanglah tenda menurut arah angin karena angin harus bertiup dari arah belakang tenda.
  • Siapkan perbekalan yang cukup.

Nah bagaimana travel lovers? Tentu kamu makin tertarik untuk mencoba camping dengan sahabat-sahabat kamu dan menikmati suasana alam yang sejuk dan indah bukan? Let’s travel and explore nature!

kemping di alam bebas rekomendasi tempat kemping tips kemping wisata alam

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply

    18 − 4 =