Referensi Tempat Makan Enak Di Aceh Yang Melegenda

3495 views

Aceh memang terkenal dengan hidangan kulinernya yang sangat menggugah selera dan banyak diburu oleh para pecinta kuliner. Sebut saja Mie Aceh yang memiliki banyak penggemar hampir di seluruh penjuru Indonesia karena citarasanya yang khas dan sangat lezat. Selain Mie Aceh, masih banyak lagi hidangan khas Aceh yang akan membuat kamu tidak sabar untuk segera mencicipinya.

Rumah Makan Hasan

Rumah Makan Hasan

Rumah Makan Hasan via travellers.web.id

Rumah makan hasan ini terletak di Jalan Muhammad Hasan, Banda Aceh dan merupakan salah satu tempat kuliner populer. Berbagai menu dapat kamu nikmati disini seperti Ayam Tangkap yang sangat lezat dan juga Kari Kambing. Harga yang dibandrol di rumah makan ini adalah mulai Rp 15.000 hingga Rp. 25.000,-.

Ayam Pramugari

Ayam Pramugari

Ayam Pramugari via helloacehku.com

Ayam Pramugari…. unik kan namanya? Tempat makan ini dinamakan ayam pramugari karena banyak pramugari yang makan disini. Tempat ini berada di Blang Bintang, Aceh Besar dan menu andalannya adalah ayam tangkap yang sangat gurih , empuk  dan renyah. Harga yang dibanderol disini adalah mulai dari Rp 15.000,-. Cukup terjangkau kan untuk menikmati ayam tangkap yang terkenal lezat itu.

Banda Seafood

Banda Seafood

Banda Seafood via anekainfounik.net

Tempat kuliner yang satu ini terletak di Jalan Panglima Polim, Banda Aceh dan merupakan salah satu tempat makan yang sangat terkenal. Sesuai dengan namanya, menu yang ditawarkan disini adalah berbagai hidangan seafood dan konon merupakan seafood paling enak lho di Aceh. Kamu dapat menikmati lezatnya ikan, cumi, kepiting, udang, dan lain-lain. Salah satu menu utama di Banda Seafood ini adalah Kepiting Soka Lada Hitam. Harga yang ditawarkan disini mulai dari Rp. 20.000,- dan kamu sudah dapat menikmati hidangan  makanan laut yang lezat dan nikmat.

Sate Matang Dek Wan

Sate Matang Dek Wan

Sate Matang Dek Wan via tripadvisor.com

Sate Matang dek Wan ini sesuai dengan namanya menyajikan sate sebagai menu andalannya. Tempat kuliner ini terlatak di Jalan Teungku Imum Lungbata. Sate Matang ini disajikan dengan kuah kaldu yang sangat gurih yang semakin menambah kelezatan hidangan yang satu ini. Selain itu disini kamu juga dapat mencoba kopi susu khas Aceh. Harga yang dibanderol disini adalah mulai dari Rp 25.000,-. Cukup terjangkau kan?

Mie Razali

Mie Razali

Mie Razali via tribunnews.com

Tempat makan yang menyajikan mie aceh ini terletak di Jalan T.P Pilem Peunayong, Banda Aceh dan merupakan salah satu tempat kuliner favorit karena mie acehnya yang terasa lezat dengan citarasa khas. Disini kamu dapat memilih berbagai menu mie seusai dengan selera kamu mulai dari mie goring, mie basah, mie kuah, dan juga mie goring kering. Harga yang dibanderol adalah mulai dari Rp 8.000,- saja.

Mie Ramen Aceh Akira

Mie Ramen Aceh Akira

Mie Ramen Aceh Akira via hikayatbanda.com

Mie Ramen Aceh Akira ini terletak di Jalan Teuku Umar di samping Canai Mamak Medan. Sesuai dengan namanya, tempat makan ini menyediakan sajian mie ramen mulai dari mie ramen aceh special, mie ramen bawang putih, Gyoza, Tsukemen, Ocha, dan juga nasi goreng Jepang. Tempat kuliner ini pun termasuk tempat kuliner yang populer di Aceh.

Ayam Lepaas

Ayam Lepaas

Ayam Lepaas via travellingsejati2014.blogspot.com

Tempat kuliner bernama Ayam Lepaas ini berada di Lamnyong, Banda Aceh dan mudah sekali dijangkau. Seusai dengan namanya, hidangan yang disajikan disini tentu saja berbahan dasar ayam. Disini kamu dapat menikmati lalapan, ayam goreng renyah yang di dalamnya terdapat mentimun, kol, sawi, dan lain sebagainya dengan menggunakan bumbu rujak dengan perpaduan citarasa asam, manis, dan pedas. Ayam goreng yang sangat gurih dan renyah ini akan membuat kamu ketagihan setelah mencoba. Selain itu kamu juga dapat menikmati menu lainnya seperti lele penyet. Harga yang dibanderol di tempat makan ini adalah mulai Rp 13.000,- yang tentunya sangat terjangkau di kantong kan.

Mi Ayah

Mie ayah

Mie ayah via umisyam.com

Mi Ayah ini merupakan sebuah tempat kuliner yang terletak di Lhoong Raya yang menyajikan mie kenyal dipadu dengan kuah yang gurih. Untuk topping mie, kamu juga dapat memilih kepiting yang juga terasa sangat gurih. Selain itu kamu juga dapat menikmati menu lain seperti roti cane ataupun martabak telur yang tidak kalah enaknya dengan hidangan mi disini. Harga yang dibanderol pun cukup bersahabat yaitu mulai dari Rp 10.000,-. Dan kamu juga dapat menikmati segarnya es teh tarik di tempat ini.

Canai Mamak Kuala Lumpur

Canai Mamak Kuala Lumpur

Canai Mamak Kuala Lumpur via makanmakan.com

Canai Mamak Kuala Lumpur ini terletak di Jalan Teuku Umar no. 51, Seutui Aceh dan menyajikan menu utama berupa roti canai yang sangat enak. Roti canai yang disajikan disini memiliki tekstur yang kenyal, lembut, dan empuk. Satu porsi berisikan 5 potong roti canai yang sungguh menggugah selera. Harga yang dibanderol disini juga amat sangat terjangkau yaitu mulai dari Rp 5.000,- saja.

Kuah Beulangong (Kari Aceh)

Kuah Beulangong

Kuah Beulangong via helloacehku.com

Hidangan khas Aceh yang satu ini memang sungguh lezat dan disebut kuah beulangong karena dimasak dalam belanga yang besar. Kuah beulangong ini umumnya disajikan pada siang hari dengan potongan daging kambing ataupun daging sapi dengan bumbu yang tajam. Harga seporsi kuah beulangong ini kurang lebih berkisar antara Rp. 15.000 – Rp 20.000. Umumnya pengunjung setelah menyantap kuah beulangong ini kemudian minum timun serut untuk menetralisir tekanan darah.

Martabak Aceh

Martabak Aceh

Martabak Aceh via masakandapurku.com

Martabak aceh  memang wajib untuk kamu coba. Martabak ini menggunakan lumpia dibalut telur ayam yang telah dicampuri dengan bawang merah, daun bawang, dan juga cabe. Kemudian disajikan dengan acar bawang merah dan tentunya cabe rawit yang semakin menambah kelezatan makanan yang satu ini.

Timphan

Timphan

Timphan via m.tempo.co

Timphan merupakan hidangan kudapan khas Aceh dan tersaji hampir di seluruh warung kopi di Aceh. Kue ini dibalut dengan daun pisang muda yang telah dikukus dan di dalamnya berisi kelapa muda, asokaya yaitu selai yang terbuat dari santan dan telur), juga ada rasa durian.. Kue ini memang sungguh lezat dan  harga yang dibanderol pun sangat murah yaitu Rp. 1.000,- per buahnya.

Rujak Aceh

Rujak Aceh

Rujak Aceh via helloacehku.com

Rujak aceh ini merupakan rujak yang terbuat dari berbagai macam buah yang dicincang kasar kemudian dicampur dengan ulekan sambal yang terdiri dari gula merah, kacang tanah, dan cabe rawit.  Selain rujak jenis tersebut, ada juga rujak lain yang bernama Rujak Buah Segar dimana di rujak ini buah-buahannya dihidangkan terpisah dari sambalnya. Salah satu tempat rujak Aceh yang terkenal adalah Rujak Garuda yang berlokasi tidak jauh dari Masjid Raya Baiturrahman. Selain itu ada juga Rujak Blang Bintang yang berlokasi berdekatan dengan bandara Sultan Iskandar Muda. Harga untuk seporsi rujak ini adalah kurang lebih Rp 8.000,- sampai dengan Rp 10.000,- per porsinya.

Nah bagaimana travel lovers? Kamu tertarik untuk mencoba berbagai kuliner khas Aceh yang sungguh lezat? Let’s travel and explore Aceh culinary!

kuliner khas aceh rekomendasi tempat makan tempat makan enak di aceh

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply

    two + five =