Potensi Wisata Gunung Rinjani Yang Indah Menakjubkan Seakan Tiada Habisnya

1152 views

Pulau Lombok terletak di Kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang terpisahkan oleh Selat Lombok dari Bali di sebelah barat dan Selat Alas di sebelah timur dari Sumbawa. Pulau ini lebih kurang berbentuk bulat dengan semacam “ekor” di sisi barat daya yang panjangnya lebih kurang 70 kilometer. Luas Pulau ini mencapai 5.435 km2 (seperti dilansir oleh id.wikipedia.org).

Pulau eksotis nan indah ini menawarkan berbagai wisata alam yang sungguh mempesona. Salah satu obyek wisata yang sangat terkenal adalah Gunung Rinjani. Bagi kamu yang ingin merasakan serunya petualangan mendaki gunung ini, yuk kita simak beberapa obyek menarik yang dapat kamu nikmati selama pendakian.

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani, Lombok

Gunung Rinjani, Lombok via bintang.com

Gunung Rinjani merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl dan merupakan salah satu gunung favorit bagi para pendaki dikarenakan keindahan pemandangan alam yang luar biasa. Gunung ini berada dalam wilayah tiga kabupaten (seperti dilansir oleh id.wikipedia.org) yaitu Lombok Timur, Lombok Tengah, dan Lombok Barat.

Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani dan memiliki anakan-anakan gunung beserta danau yang indah.

Bila kamu ingin melakukan pendakian di gunung ini, bulan terbaik adalah pada bulan Juli dan bulan Agustus. Hal ini dikarenakan pada saat bulan tersebut merupakan musim kemarau sehingga tekstur tanah tidak licin sehingga dapat meminimalisir resiko yang ada. Namun meskipun demikian, kamu harus tetap mempersiapkan fisik dan mental karena meskipun musim kemarau namun angin yang berhembus akan lebih kencang.

Gunung ini memang memiliki sejuta pesona yang memukau dan selalu mengundang keinginan para pendaki untuk berpetualang menjelajahi panorama alam yang seakan tiada habisnya. Mulai dari danau, air terjun, pemandian air panas, tanaman buah strawberry dan goa memang menjadikan wisata alam ini selalu menjadi favorit para petualang.

Air Terjun Sendang Gile & Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile via id.lombokindonesia.org

Salah satu keindahan alam yang memukau di Gunung Rinjani adalah Air Terjun Sendang Gile dan Air Terjun Tiu Kelep yang terletak di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Propinsi Nusa Tenggara Barat. Air Terjun ini memiliki ketinggian lebih kurang 600 meter di atas permukaan laut dan lebih kurang 31 meter dari dasar sungai yang memiliki dua tingkatan. Pada tingkatan pertama, air meluncur dari atas tebing dan jatuh ke dasar kolam dibawahnya sedangkan pada tingkatan kedua, air tersebut meluncur ke bawah dan membentuk sungai.

Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep via cabeoutdoorservice.com

Menurut cerita masyarakat setempat, air terjun yang disebut sebagai Batu Ko’ atau berarti batu kerbau ini, konon dulunya merupakan tempat para bidadari mandi ketika mereka turun ke bumi. Para penduduk percaya bila mandi ataupun membasuh muka di air terjun Sendang Gile ini maka akan membuat orang tersebut menjadi satu tahun lebih muda dari usia yang sebenarnya.

Air Terjun ini merupakan pintu masuk pendakian menuju Gunung Rinjani. Bila kamu ingin berkunjung ke air terjun ini, kamu harus melalui lebih kurang 200 anak tangga yang memiliki ketinggian hampir 40 meter dan juga harus melalui jembatan berlubang lewat sebuah lembah dengan waktu penjelajahan lebih kurang sekitar 15 menit.

Bunga Keabadian

Bunga Edelweiss di Gunung Rinjani

Bunga Edelweiss di Gunung Rinjani via iberita.com

Bunga Edelweiss atau memiliki nama lain Anaphalis Javanica ini kerap dijuluki sebagai Bunga Keabadian. Mengapa dinamakan demikian? Karena sifat dari bunga tersebut yang tidak dapat mati karena layu. Bunga ini memiliki warna putih dan bunga keringnya dapat bertahan lama dan melambangkan keabadian.

Menurut kepercayaan penduduk setempat, konon bunga ini memiliki roh leluhur yang tinggal di dalamnya sehingga dilarang keras untuk dipetik.

Kamu dapat melihat keindahan bunga abadi ini di Plawangan Sembalun Gunung Rinjani. Bunga Edelweis yang indah ini dapat kamu nikmati sepanjang rute turun dari puncak Rinjani. Bunga ini tumbuh di dekat tebing ataupun berupa hamparan padang bunga Abadi.

Danau Segara Anak

Danau Segara Anak Gunung Rinjani

Danau Segara Anak Gunung Rinjani via youtube.com

Danau ini merupakan danau Kawah Gunung Rinjani yang terletak di Desa Sembalun Lawang yang memiliki warna biru bak air laut dan memiliki ketinggian lebih kurang 2000 mdpl dengan luas 1.100 hektar serta kedalaman 230 meter. Untuk mencapai danau ini, kamu harus melakukan pendakian terlebih dahulu.

Pesona keindahan danau ini memang sudah tidak diragukan lagi. Banyak pendaki yang datang berkemah untuk beristirahat sambil menikmati panorama alam. Sambil melepas lelah, kamu juga dapat melakukan aktivitas memancing ataupun menikmati hangatnya sumber air panas dengan tingkatan berbeda-beda.

Di dekat danau tersebut terdapat sebuah sumber air panas yang konon mampu mengobati segala macam penyakit kulit menurut cerita masyarakat setempat. Selain itu, pada kawasan perkemahan di area tersebut, terdapat sebuah pohon tua keramat yang konon bila kita memohon melalui perantara pohon tersebut maka keinginan kita akan terkabul.

Salah satu hal unik lainnya adalah di tengah-tengah danau ini muncul gunung baru yang diberi nama Gunung Baru Jari atau yang memiliki arti Gunung Baru Jadi.

Goa Paying, Goa Manik Dan Goa Susu

Goa Susu

Goa Susu via yulis.wordpress.com

Di Gunung Rinjani terdapat tiga jenis goa yaitu Goa Susu, Goa Manik, dan Goa Paying namun yang paling popular adalah Goa Susu. Goa ini banyak dijadikan tempat untuk bermeditasi karena cuacanya yang cukup panas dengan adanya kukus dan asap di dalamnya.

Pemandian Air Panas

Pemandian Air Panas Gunung Rinjani

Pemandian Air Panas Gunung Rinjani via mapalaptm.com

Salah satu obyek wisata yang populer untuk dikunjungi pada saat pendakian di Gunung Rinjani adalah pemandian air panas. Seperti umumnya tempat pemandian air panas lainnya, konon tempat ini pun dipercayai oleh masyarakat setempat dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Tips Mendaki Gunung Rinjani

Bagi kamu yang tertarik untuk menjelajahi keindahan Gunung Rinjani, berikut adalah tips-tips yang perlu kamu ketahui :

  1. Tentukanlah waktu yang terbaik untuk melakukan pendakian.
  2. Tentukan berapa hari kamu akan melakukan pendakian. Umumnya untuk mendaki wisata alam yang mempesona ini diperlukan waktu lebih kurang lima hari.
  3. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan naik gunung seperti gaiter, trekking pole, dan jaket gunung anti angin karena cuaca di gunung ini sangat dingin.
  4. Tentukanlah jalur pendakian apakah melalui Senaru atau Sembalun. Bila kamu ingin mempercepat perjalanan, jalur pendakian yang umumnya dipilih adalah melalui jalur Sembalun.

    Selain jalur yang lebih cepat, Sembalun juga cocok bagi kamu yang ingin menikmati pemandangan alam ketika melakukan pendakian. Kamu dapat menikmati padang savana dengan jurang di kanan kiri jalan. Melalui jalur ini jarak tempuh sampai ke puncak Rinjani memakan waktu lebih kurang 10 jam.

    Bila kamu memilih jalur lainnya yaitu Jalur Senaru, kamu dapat menyaksikan ritual adat keagamaan yang sering dilakukan oleh masyarakat setempat. Rute pendakian melalui jalur ini meliputi Pelawangan Senaru dan Danau Segara Anak. Jarak tempuh menuju Pundak Rinjani memakan waktu lebih kurang 21 jam.

  5. Jangan lupa untuk mempersiapkan mental dan fisik kamu sebaik mungkin.
  6. Perhatikan dan patuhilah etika dan tata tertib demi keselamatan selama pendakian.

Nah, bagaimana Travel Lovers? Apakah kamu siap untuk memulai serunya petualangan mendaki gunung tertinggi kedua di Indonesia? Let’s travel and Explore Rinjani!

destinasi wisata di lombok gunung rinjani potensi wisata gunung rinjani wisata alam

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply

    sixteen − fourteen =