Pertama Ke Jogja? Berikut 7 Tempat Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi!

877 views

Sudah tidak asing lagi mendengar kata Yogyakarta. Yup, Yogyakarta terkenal dengan sebutan Kota Gudeg dan Kota Pelajar. Namun seiring berjalannya waktu, ternyata Yogyakarta memiliki banyak tempat wisata yang tidak akan bisa kita lihat di kota lain dengan keindahan dan ciri khasnya.

Banyak sekali tempat wisata yang akan disuguhkan di Kota Pelajar ini. Apa saja tempat wisatanya, mari kita simak!

1. Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka via jogja.tribunnews.com

Bagi kamu yang suka binatang, tempat ini sangat asyik banget buat liburan bersama keluarga. Disini kamu dapat melihat bermacam-macam binatang mulai dari binatang lokal hingga mancanegara. Kebun Binatang ini juga bisa menjadi edukasi bagi siapa saja terutama bagi anak-anak untuk menyayangi dan melindung binatang. Banyak spesies-spesies yang bisa kita lihat seperti gajah, harimau, buaya, tapir, unta, jerapah, dan masih banyak lagi.

Gembira Loka juga menawarkan wahana air seperti bebek kayuh dan perahu besar dimana kita bisa berkeling-keliling dengan menggunakan wahana tersebut. Tidak usah khawatir apabila merasa haus dan lapar karena di dalam kebun binatang Gembira Loka banyak pedagang menjajakan makanan dan minumannya. Terdapat banyak paket yang ditawarkan apabila kamu ingin tour di kebun binatang ini.

2. Malioboro

Malioboro

Malioboro via www.withlocals.com

Bagi warga Jogja, nama Malioboro sudah tidak asing lagi didengar. Namun, bagi yang bukan penduduk Jogja masih ada orang yang belum tau tentang Malioboro. tempat ini sangat recommended banget buat yang suka nongkrong, jalan-jalan, selfie, dan berbelanja. Malioboro memang enak buat nongkrong. Selain itu kita bisa melihat para komunitas-komunitas seperti komunitas skateboard dan BMX yang selalu menunjukkan aksinya.

Malioboro juga bisa dibilang surganya belanja. Karena apa? Di Malioboro banyak sekali toko-toko yang menjual segala kebutuhan dari kebutuhan rumah tangga, makanan, berlian, aksesoris, fashion dan masih banyak lagi. Banyak wisatawan asing yang berbelanja di Malioboro dengan membeli pernak-pernik khas Jogja.

3. Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo via www.log.viva.co.id

Apa yang ada dipikiranmu ketika mendengar kebun teh? Yup, pastinya kamu akan pergi ke kebun teh di Bandung. Sudah tidak asing lagi tentang Bandung yang memiliki kebun teh yang hijau dan sejuk. Namun, pernahkah kamu berfikir tentang kebun teh di Yogyakarta? Nah kebun teh ini berada di Desa Nglinggo, Kulon Progo, Yogyakarta.

Bagi kamu yang suka dengan tanaman hijau dan udara sejuk, disinilah tempatnya. Kamu bisa dengan leluasa mengelilingi perkebunan teh di Nglinggo ini. Hamparan kebun teh yang luas dan kabut putih menambah kesan yang sangat natural. Jangan lupa untuk selalu menyediakan jaket tebal, sarung tangan, kaos kaki, dan sepatu agar tidak kedinginan. Terdapat pilihan alternatif untuk menikmati wisata di kebun teh ini. Dengan Trekking, Off Road, atau jalan sambil menikmati pemandangan.

4. Bukit Bintang

Bukit Bintang

Bukit Bintang via jogjis.blogspot.com

Bukit Bintang yang terkenal dengan segala keindahannya terutama di malam hari. Menyuguhkan pemandangan yang ada diseluruh Kota Yogyakarta. Bukit Bintang ini berada di Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta. Di Bukit Bintang ini kita bisa menikmati kerlap-kerlip lampu kota yang amat indah dan menawan hati. Nah, uniknya di Bukit Bintang ini kamu dapat merasakan rasanya duduk di cafe di atas bukit. Hmm, cafe di atas bukit???

Di cafe ini kamu dapat menikmati berbagai makanan dan minuman sesuai keinginanmu. Karena, di Bukit Bintang ini banyak sekali yang menjual berbagai makanan dan minuman. Seperti kopi panas, jagung bakar, roti bakar, dan masih banyak lagi menu-menu yang bisa kamu pilih. Ini merupakan tempat yang asyik buat nongkrong sambil menikmati pemandangan Kota Jogja saat malam hari. Bagi kamu yang suka tantangan, patut di coba menikmati cafe di atas bukit.

5. Jogja Bay Waterpark

Jogja Bay Waterpark

Jogja Bay Waterpark via yogjo.com

Jogja Bay Waterpark ini disebut sebagai wahana air terbesar di Indonesia dengan luas tanah 7,7 hektar. Bertempat di utara Stadion Maguwoharjo. Sebanyak 19 wahana air yang perlu kamu coba ketika kamu berkunjung di Jogja Bay WaterPark. Salah satu wahana unggulannya adalah wahana how to survive in stunam and earthquake.

Wahana ini sekaligus menjadi edukasi bagi masyarakat dan anak-anak bagaimana cara menyelamatkan diri apabila terjadi tsunami. Di Jogja Bay ini mengusung tema tentang bajak laut yang terinspirasi oleh water boom di Bali dan waterpark di Orland, Amerika.

Selain wahana air yang disuguhkan, ada pula Harbour Theater yang berkapasitas sekitar 1.500 orang dengan kualitas audio yang tinggi. Ada juga wahana labirin dan kruger bar untuk menikmati makanan dan minuman. Harga tiket masuk untuk anak-anak Rp. 60.000,- untuk dewasa Rp 90.000,- untuk umur 65 tahun> Rp. 60.000,- dan untuk anak-anak dibawah 2 tahun tidak membayar (gratis).

6. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk via pegipegi.com

Mendengar nama gethuk kita akan terbayang makanan gethuk yang terbuat dari singkong. Eiittsss, ini bukan gethuk makanan lho yaa?? Melainkan ini tempat wisata yang ada di Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Air Terjun Sri Gethuk ini terkenal dengan air terjun yang indah nan asri. Di sini kamu akan melihat air terjun yang jernih dengan udara yang segar.

Air Terjun Sri Gethuk ini terletak di areal persawahan. Tidak heran apabila suasananya begitu alami dengan pemandangan yang tidak akan kita temukan di kota. Dengan pepohonan yang hijau dan tebing-tebing besar berstruktur menambah keindahan tempat ini. Tempat ini sangat recommended buat kamu yang suka berpetualang dan ingin berbaur dengan alam.

7. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta via indonesia-tourism.com

Rasanya kurang pas apabila kamu berlibur ke Kota Jogja tanpa berkunjung ke Keraton Yogyakarta. Di Keraton inilah Sultan Hamengkubuwono dan Keluarganya tinggal. Bangunan Keraton dibuat dengan mengusung seni budaya jawanya. Terdapat benda-benda pusaka yang tersimpan didalam Keraton. Di samping Keraton juga terdapat sebuah museum yang juga untuk menyimpan benda-benda pusaka.

Museum tersebut untuk menyimpan benda pusaka seperti keris, gamelan, dan juga terdapat kereta kencana dari jaman kerajaan. Terasa kental sekali unsur jawa dan mistisnya apabila memasuki ruangan museum ini. Selain keraton dan museum, disebelahnya terdapat masjid agung yang biasa digunakan untuk beribadah oleh warga sekitar. Tiket untuk masuk di keraton dan museum ini pun sangat murah.

Semoga ulasan tempat wisata di atas dapat menjadi ide yang menarik bagi kamu yang masih bingung mencari tempat wisata. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur yaa!

liburan ke jogja yogyakarta

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply

    2 × 2 =