Perpaduan Eropa Dan Asia Menjadikan Turki Sebagai Destinasi Wisata Yang Menakjubkan

1347 views

Turki merupakan negara yang memiliki perpaduan antara peradaban Eropa dan Asia, sehingga menjadikan negara ini menjadi salah satu negara tujuan wisata yang menarik. Berbagai macam bangunan kuno yang indah dan menawan dapat kamu temukan di negara ini. Apa saja kah tempat-tempat wisata menarik di Turki? Yuk kita simak.

Topkapi Palace

Topkapi Palace

Topkapi Palace via turkeydesk.com

Topkapi Palace ini merupakan museum yang dahulunya adalah tempat tinggal yang dihuni oleh Sultan Ottoman, Turki dan dapat dikunjungi oleh para wisatawan setiap hari Rabu hingga Senin mulai pukul 9 pagi hingga pukul 4 sore. Topkapi Palace ini dibangun pada tahun 1459 pada masa pemerintahan Sultan Mehmed II dan digunakan sebagai pusat pemerintahan dan tempat tinggal pemerintah.

Berbagai fasilitas terdapat di Topkapi Palace ini seperti sekolah, rumah sakit, masjid, perpustakaan, taman, tangki air raksasa dan juga sekolah.

Dolmabahce Palace

Dolmabahce palace

Dolmabahce palace via istanbultourstudio.com

Dolmabahce Palace adalah merupakan istana Kesultanan Ottoman Turki dan selesai dibangun pada tahun 1856 pada masa pemerintahan Sultan Abdulmecid I. Istana ini berfungsi sebagai pusat administratif pemerintahan Kesultanan Ottoman. Segi arsitektur bangunan Dolmabahce Palace ini lebih mengarah ke gaya Baroque yang memiliki kemewahan dengan dominasi emas dan Kristal.

Para wisatawan dapat mengunjungi istana ini pada hari Senin dan Kamis mulai dari pukul 9 pagi hingga pukul 3 sore.

Blue Mosque

Blue Mosque

Blue Mosque via turkeydesk.com

Blue Mosque ini sebenarnya dinamakan Masjid Sultan Ahmet namun karena hiasan dinding interior Masjid menggunakan keramik yang memiliki warna biru hingga jumlahnya 20ribu keping maka orang-orang lebih mengenal dengan sebutan Blue Mosque atau Masjid Biru. Masjid ini dibangun pada tahun 1616 pada masa pemerintahan Sultan Ahmed I. Masjid ini memiliki perpaduan gaya arsitektur Silam dan klasik Ottoman dengan 8 buah kubah sekunder, 1 kubah utama, dan 6 menara.

Bagi para pengunjung wanita yang ingin memasuki Masjid ini, diwajibkan untuk menutupi bagian kepala dengan kerudung. Dan bagi para pengunjung yang berada di dalam Masjid ini tidak boleh menggunakan flash ketika ingin memotret dan dilarang untuk memotret orang-orang yang melakukan ibadah di dalamnya. Blue Mosque ini dapat dikunjungi setiap hari dan buka 24 jam.

Hagia Sophia

Hagia Sophia

Hagia Sophia via sacred-destinations.com

Hagia Sophia ini merupakan bekas masjid dan gereja yang kini difungsikan sebagai museum. Hagia Sophia atau juga disebut Aya Sofya ini memiliki gedung yang sangat cantik. Bangunan ini didirikan pada tahun 523-537 dengan interior yang dirancang oleh 2 ilmuwan Yunani. Dulunya Hagia Sophia ini  merupakan gereja Orthodox namun kemudian beralih fungsi menjadi sebuah masjid pada masa Konstatinopel mengalami kejatuhan dan dikuasai oleh Kekaisaran Ottoman yang diperintah oleh Sultan Mehmed II. Tempat ini dibuka setiap hari mulai dari pukul 9 pagi hingga pukul 7 malam pada saat musim panas dan dibuka mulai pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore pada saat musim dingin.

Maiden’s Tower

Maiden’s tower

Maiden’s tower via skyscrapercity.com

Maiden’s Tower ini adalah sebuah menara yang terletak di pulau kecil di tengah-tengah selat Bosporus dan terletak di sisi barat Distrik Uskudar. Obyek wisata ini dulunya digunakan sebagai menara pengawas namun kemudian dialihfungsikan menjadi mercusuar. Bagi para pengunjung yang ingin melihat tower ini bisa mengunjungi di setiap harinya mulai pukul 9.15 pagi hingga pukul 6.30 malam. Di tempat ini juga terdapat restoran dan juga café.

Hippodrome

Hippodrome

Hippodrome via hotel-r.net

Hippodrome dulunya digunakan sebagai tempat pacuan kuda namun kini telah dialihfungsikan menjadi sebuah taman.

Basilica Cistern

Basilica Cistern

Basilica Cistern via tripadvisor.com

Basilica Cistern ini merupakan sebuah tangki yang berada di bawah tanah yang didirikan pada jaman Kaisar Justinian di abad ke-6. Tangki air ini dibuat untuk menampung air yang akan dimanfaatkan oleh para penghuni Istana Konstatinopel dan juga Topkapi Palace. Dahulunya bangunan ini adalah merupakan sebuah gereja yaitu gereja basilica sebelum akhirnya diubah menjadi tangki air bawah tanah dan diberi nama Basilica Cistern. Para wisatawan dapat mengunjungi tempat ini mulai dari pukul 9 pagi hingga pukul 6.30 malam.

Galata Tower

Galata Tower

Galata Tower via propmtguides.com

Galata Tower merupakan sebuah menara yang berbentuk silinder dan dapat dikunjungi pada setiap harinya mulai dari pukul 9 pagi hingga pukul 8.30 malam. Galata Tower ini memiliki 9 tingkat dimana terdapat café, rumah makan, dan juga klub malam di lantai atas. Terdapat 2 buah elevator yang dapat digunakan oleh para wisatawan yang ingin menikmati suasana di puncak menara dan melihat indahnya pemandangan pusat ibukota dari atas menara. Puncak Galata ini berbentuk kerucut.

Gunung Nemrut

Gunung Nemrut

Gunung Nemrut via merdeka.com

Gunung Nemrut ini memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 2.134 meter dan terletak di sisi tenggara Turki. Pada tahun 62 SM, Raja Antiochus I Theos of Commagene membangun sebuah kompleks makam dengan patung-patung dirinya yang memiliki ukuran yang besar, patung dewa Yunani, patung Dewa Persia, patung 2 burung elang, dan patung 2 singa yang mengapit pemakaman di puncak gunung.

Dari puncak gunung Nemrut para wisatawan dapat menikmati panorama alam yang sangat indah dan juga dapat menikmati pemandangan indahnya matahari yang kembali ke peraduannya.

Ortakoy Mosque

Ortakoy Mosque

Ortakoy Mosque via kusadasiinformation.com

Ortakoy Mosque ini dibangun pada masa pemerintahan Sultan Abdul Majid dan memiliki gaya interior yang mewah. Bagi para wisatawan yang ingin melihat Ortakoy Mosque ini, dapat mengunjungi tempat ini mulai dari pukul 9 pagi hingga pukul 6 petang. Namun Masjid akan ditutup bagi para pengunjung ketika berlangsungnya acara sembahyang.

Bosphorus Bridge

Bosphorus Bridge

Bosphorus Bridge via en.wikipedia.org

Bosphorus Bridge merupakan jembatan penghubung antara Istanbul di Eropa dengan Istanbul di Asia dan merupakan salah satu jembatan paling indah di dunia.

Jalan Istiqlal

Jalan Istiqlal

Jalan Istiqlal via id.wikipedia.org

Jalan Istiqlal ini memiliki banyak area perbelanjaan sehingga sangat mengasyikkan berjalan-jalan dengan berbelanja. Jalan ini memiliki nuansa ala Eropa dengan adanya sederet bangunan klasik nan elegan seperti Art Deco, Art Noveau, Neo Gothic, Nego Klasik, dan Renaissance. Di sepanjang jalan ini para wisatawan juga dapat menemukan toko musik, teater, bioskop, klub malam, toko buku, pub, rumah makan, kafe, toko coklat, butik, toko roti, toko retail, dan juga galeri seni. Wah lengkap sekali kan.

Kastil Bodrum

Kastil bodrum

Kastil bodrum via pegipegi.com

Kastil Bodrum atau Bodrum Castle ini dibangun pada tahun 1402 dan tetap terawat baik hingga sekarang. Disini terdapat juga Museum of Underwater Archaeology yang memiliki beragam koleksi benda-benda bersejarah berharga jutaan dollar seperti karya seni yang berasal dari kapal karan di lautan Aegean, koleksi marinir, dan lain-lain. Bagi para wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi kastil ini, jam buka Bodrum Castle ini adalah mulai pukul 8 pagi hingga pukul 6.30 malam setiap hari Selasa hingga hari Minggu.

Benteng Rumali Hisari

Benteng Rumali Hisari

Benteng Rumali Hisari via en.wikipedia.org

Benteng Rumali Hisari ini dulunya didirikan untuk menjaga keamanan wilayah tersebut dan dibangun oleh Sultan Mehmed II. Benteng ini dibuka untuk para wisatawan setiap hari kamis hingga hari Selasa mulai pukul 9 pagi hingga siang hari dan kemudian mulai pukul 12.30 siang hingga pukul 4.30 sore.

Nah bagaimana, travel lovers? Setelah kamu mengetahui serangkaian tempat wisata di Turki yang menakjubkan ini, apakah kamu tertarik untuk menjadikan negara ini sebagai salah satu destinasi liburan kamu? Let’s travel and explore Turkey!

destinasi wisata di turki tempat indah di turki

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply

    five × 2 =