Pentingnya Asuransi Perjalanan Untuk Liburan Kamu

973 views

Banyak orang yang tidak menyadari pentingnya untuk memiliki asuransi perjalanan ketika melakukan travelling. Padahal kita tidak tahu kapan musibah akan menimpa kita bukan? Jadi seperti istilah lebih baik sedia payung sebelum hujan, lebih baik kita menyadari betapa pentingnya asuransi perjalanan dan memilikinya sebelum terlambat kan?

Nah seperti yang dilansir oleh cekaja.net ini, sedikit banyak kamu akan mendapat info tentang asuransi perjalanan yang kamu butuhkan. Yuk kita simak!

Cekaja.com

Cekaja.com via gatraguru.net

Risiko perjalanan tidak bisa ditebak. Jangan sampai perjalanan liburan menyenangkan yang Anda lakukan jadi mimpi buruk yang tidak diharapkan saat risiko terjadi.

Mulai dari ketinggalan pesawat, hilangnya bagasi, kecelakaan, sampai terjadinya risiko kesehatan hingga harus dilakukan perawatan di lokasi liburan yang Anda datangi, biayanya akan ditanggung oleh Asuransi Perjalanan.

Dalam melakukan perjalanan, setiap orang memiliki tujuan yang berbeda-beda. Mulai dari berlibur bersama keluarga, belajar, pertemuan bisnis, atau lainnya. Semua perjalanan dilakukan dengan harapan akan rasa aman dan nyaman.

Namun, di setiap perjalanan yang Anda lakukan, ada risiko yang tidak bisa diprediksi dan bisa terjadi sewaktu-waktu. Seperti keterlambatan jadwal perjalanan, kehilangan barang bawaan, gangguan kondisi medis saat di tempat tujuan perjalanan, hingga terjadinya kecelakaan. Tentunya, kita berharap semua itu tidak akan terjadi dan menimpa perjalanan yang Anda lakukan.

Disinilah letaknya manfaat asuransi perjalanan. Sebuah polis asuransi perjalanan memberikan berbagai manfaat yang sesuai dengan kebutuhan Anda ketika dalam perjalanan. Sebab, produk asuransi ini dikembangkan untuk memberikan Anda ketenangan selama melakukan perjalanan.

Dengan pengajuan Asuransi perjalanan, anda akan memperoleh banyak manfaat untuk perlindungan dan kenyamanan di darat maupun di udara, menggunakan mobil, motor, kapal pesiar, pesawat, jet dll.

Vendor Asuransi Perjalanan

  • Asuransi Perjalanan Allianz
Asuransi Perjalanan Allianz

Asuransi Perjalanan Allianz via ekbis.sindonews.com

  • Asuransi Perjalanan AXA
Asuransi perjalanan AXA

Asuransi perjalanan AXA via makingmagique.blogspot.com

  • Asuransi Perjalanan AIG
Asuransi perjalanan AIG

Asuransi perjalanan AIG via razabmuhammad.wordpress.com

  • Asuransi Perjalanan ACE Jayapro
Asuransi perjalanan ACE Jayapro

Asuransi perjalanan ACE Jayapro via beritasatu.com

  • Asuransi Perjalanan Tokio Marine
Asuransi perjalanan Tokio Marine

Asuransi perjalanan Tokio Marine via asuransipilihan.com

Perlukah Asuransi Perjalanan?

Travel insurance

Travel insurance via raja-asuransi.com

1# Bila Penerbangan Ditunda atau Dibatalkan 

Sedang terburu waktu, ternyata pesawat Anda ditunda penerbangannya. Apalagi sampai dibatalkan. Hal itu tentu mengesalkan. Bila Anda yang sering melakukan perjalanan, tentu pernah merasakan kejadian ini. Bukan saja kerugian waktu yang ditimbulkan, namun juga kerugian materil.

Ternyata, asuransi perjalanan memberikan pertanggungan untuk risiko ini. Beberapa asuransi memberikan perlindungan apabila Anda mengalami penundaan penerbangan dengan minimal masa tunggu keterlambatan, ada yang menggunakan batas waktu masa tunggu 6 jam dan ada yang memakai 12 jam.

Bahkan, keterlambatan yang ditanggung bisa dikarenakan risiko karena aksi pemogokan, cuaca buruk, kerusakan mekanis atau cacat struktural atau penutupan bandara atau stasiun yang disebabkan oleh suatu kejadian diluar kendali Anda.

2# Bila Bagasi Hilang, Rusak, atau Telat Akan Diganti

Perjalanan Anda pastinya tidak akan nyaman bila bagasi atau barang bawaan yang kita bawa ternyata hilang atau rusak. Saat memiliki asuransi perjalanan, kerugian yang ditimbulkan akibat kehilangan dan kerusakan bagasi tersebut bisa mendapatkan perlindungan dan mendapatkan penggantian. Termasuk barang-barang yang ada di dalamnya maupun barang yang Anda pakai selama perjalanan. Enak toh? Bahkan, beberapa produk asuransi memberi ganti rugi jika ada keterlambatan penungguan bagasi lebih dari 12 jam.

3# Dokumen Perjalanan Hilang, Biaya Pengurusan Diganti

Passport hilang saat melakukan perjalanan ke luar negeri. Ya, risiko inilah yang sering dialami oleh banyak orang saat melakukan perjalanan. Banyak kerugian yang bisa ditimbulkan dari kehilangan dokumen penting terkait perjalanan ini. Mulai dari harus memperpanjang waktu perjalanan untuk pengurusan dokumen, hingga penggantian tiket pesawat.

Bila Anda memiliki asuransi perjalanan maka tidak perlu khawatir. Sebab, perlindungan terhadap hilangnya dokumen perjalanan pun akan Anda dapatkan. Dalam polis, biasanya ssuransi akan membayar Anda untuk biaya menerbitkan kembali paspor, tiket dan dokumen perjalanan lainnya yang hilang akibat pencurian dengan kekerasan, perampokan, pencurian biasa atau bencana alam (angin topan, gempa bumi dan lain-lain) ketika sedang di luar negeri selama jangka waktu pertanggungan.

4# Sakit atau Kecelakaan, Dapat Layanan Darurat 24 Jam

Misal, ketika sedang melakukan perjalanan, tiba-tiba Anda sakit atau mengalami kecelakaan. Setiap orang memang tidak mau mengalami risiko itu. Bahkan, bila perjalanan yang Anda lakukan adalah perjalanan ke luar negeri, Anda pun khawatir karena sadar dan tahu bahwa tidak sedikit biaya yang akan dikeluarkan untuk rumah sakit.

Beruntungnya, asuransi perjalanan juga menawarkan perlindungan manfaat pengobatan darurat ini. Beberapa produk asuransi perjalanan bahkan menawarkan fasilitas evakuasi medis atau bantuan 24 jam keadaan darurat di seluruh dunia. Perlindungan yang diberikan akan memberikan manfaat penggantian biaya kesehatan atau kecelakaan termasuk juga biaya untuk evakuasi.

5# Evakuasi Medis, Sampai Pemulangan Jenazah

Semua orang memang tidak mau sakit pasca liburan. Namun, dengan asuransi perjalanan, tidak hanya penanganan saat proses perawatan medis yang akan ditanggung. Beberapa asuransi perjalanan juga memberikan perlindungan untuk pemulangan seorang nasabahnya ke negara asal atau tempat tinggal setelah perawatan. Bahkan, perlindungannya memberikan pertanggungan untuk pemulangan jenazah. Untuk risiko pemulangan jenazah biasanya akan ditawarkan beberapa penawaran; yaitu biaya pemulangan jenazah atau biaya kremasi atau penguburan di lokasi tempat kematian terjadi.

Jadi, cukup banyak bukan manfaat dari asuransi perjalanan? Selanjutnya, kewajiban Anda adalah memastikan bahwa biro perjalanan di mana Anda membeli paket perjalanan telah menjalin kerja sama dengan perusahaan asuransi perjalanan.

Syarat Umum

Sayangnya, ketika melakukan perjalanan, baik dalam ataupun luar negeri, saat ini banyak masyarakat yang malas untuk membeli asuransi yang dapat melindungi risiko perjalanan ini. Alasannya, mereka tidak mau dengan biaya yang harus dikeluarkan. Anggapannya, harga asuransi travelini relatif mahal dan akan mempengaruhi usaha mereka untuk menghemat biaya perjalanan.

Padahal, dengan fungsi yang dimilikinya, asuransi ini dapat melindungi Anda dari berbagai risiko yang kemungkinan terjadi. Apalagi saat tujuan perjalanan yang Anda lakukan adalah luar negeri. Dimana segala pengurusan yang Anda lakukan kemungkinan sedikit berbeda dengan dalam negeri.

Saking dianggap pentingnya asuransi travel ini, beberapa negara sampai menjadikan salah satu syarat untuk mengajukan visa ke negaranya adalah dengan memiliki asuransi perjalanan ke luar negeri yang dapat menanggung jumlah minimal tertentu. Salah satunya adalah saat melakukan perjalanan ke negara-negara yang memiliki Visa Schengen, yaitu visa yang dimiliki untuk beberapa negara Eropa seperti Norwegia, Belanda, Jerman, Spanyol, Portugis, dan lainnya.

Ada sekitar 25 negara yang sudah tergabung dan memakai Visa Schengen. Jadi, sekali mendapatkan visa ini, maka Anda dapat melakukan perjalanan ke berbagai negara yang tergabung tanpa harus mengajukan permohonan visa ke masing-masing kedutaan negara. Terkait dengan asuransi ini, syarat mengajukan visa ini salah satunya adalah mempunyai asuransi perjalanan yang menjamin minimal sejumlah US$30,000.

Karena itu, beberapa perusahaan asuransi pada akhirnya menyediakan paket khusus berdasarkan negara yang dituju. Seperti paket asuransi perjalanan domestik untuk perjalalanan dalam negeri, paket ASEAN saat melakukan perjalanan ke negara-negara Asia Tenggara, paket Asia untuk perjalanan ke negara-negara Asia, paket Eropa untuk asuransi perjalanan ke Eropa, dan paket worldwide untuk perjalanan ke seluruh dunia.

Pada saat pengajuan permohonan, ada beberapa syarat yang wajib dilampirkan. Beberapa syarat di tiap penyedia asuransi berbeda, namun beberapa syarat umumnya adalah:

  • Mengisi formulir pengajuan asuransi
  • Fotokopi/Scan KTP
  • Batas usia 1-80 tahun

Dokumen Yang Dibutuhkan

Dengan meningkatnya jumlah masyarakat yang melakukan perjalanan, baik dalam ataupun luar negeri, saat ini banyak penyedia asuransi yang memiliki produk asuransi ini. Apalagi, industri pariwisata dianggap terbukti kebal dari krisis global. Saat perekonomian global tersuruk, pertumbuhan pariwisata Indonesia tercatat tetap tumbuh dan melebihi angka pertumbuhan ekonomi nasional.

Atas potensi tersebut, banyak penyedia asuransi yang akhirnya membuka program asuransi yang menyediakan berbagai paket sesuai dengan perjalanan yang akan dilakukan. Misalnya Anda ingin melakukan perjalanan ke Jepang, maka akan tersedia asuransi perjalanan ke Jepang, atau Anda ingin melakukan perjalalanan ke Jerman; maka ada asuransi perjalanan ke Jerman. Setiap paket memiliki kelebihan dan berbagai perencanaan yang bisa dipilih.

Pada umumnya, ada dua paket yang biasanya ditawarkan. Pertama adalah program Single Trip yang dapat menjamin untuk satu kali perjalanan yang Anda lakukan (biasanya akan menjamin Anda hingga maksimum 180 hari per perjalanan). Ada pula produk tahunan, yaitu program asuransi yang dapat menanggung atau menjamin setiap perjalanan Anda maksimum 90 (sembilan puluh) hari/perjalanan. Premi asuransi perjalanan yang diberlakukan, tergantung akan paket yang diambil.

Berbagai penyedia asuransi memiliki nama yang berbeda-beda pula untuk setiap program yang dimilikinya. Sebut saja asuransi perjalanan Allianz yang memiliki nama program Allianz TravelPro, terdiri dari paket TravelPro Premium, TravelPro Deluxe dan TravelPro Superior dengan jangkauan ASEAN Plus dan Worldwide dan memiliki durasi perjalanan dari 4 – 30 hari dan berlaku premi khusus untuk tambahan durasi perjalanan.

Ada pula asuransi perjalanan Chartis (asuransi perjalanan AIG) dengan nama Travel Guard yang menyediakan perlindungan lengkap untuk setiap perjalanan Anda baik perjalanan bisnis maupun perjalanan wisata dengan perlindungan hingga 180 hari untuk setiap perjalanan.

Serta ada juga asuransi perjalanan AXA yang memiliki program SmartTraveller akan memberikan penutupan asuransi yang lengkap dengan beberapa plan yang dapat di pilih sesuai dengan kebutuhan, seperti Spesial Asia, Seluruh Dunia ? Gold, dan Seluruh Dunia ? Platinum. Serta ada pula asuransi perjalanan ACA yang memiliki nama ACA Travel Safe. Disamping itu ada pula asuransi perjalanan prudential, asuransi perjalanan Abacus, asuransi perjalanan Sinarmas/ASM, serta lainnya. Semua produk, masing-masing memiliki kelebihan.

Pengajuan asuransi membutuhkan beberapa dokumen pendukung yang diminta. Berikut adalah dokumen yang harus dipersiapkan:

  • Fotokopi/Scan KTP
  • Formulir pengajuan asuransi
  • Fotokopi paspor (untuk perjalanan luar negeri

Cara Daftar

Pengisian formulir melalui CekAja.com ini bertujuan untuk mempermudah proses pengajuan permohonan asuransi yang ingin Anda ajukan. Pemohon wajib terlebih dahulu membaca dan memahami informasi produk asuransi yang tersedia dan mempersiapkan syarat-syarat dan dokumen yang diperlukan.

Keuntungan

Banyak keuntungan yang dapat Anda rasakan saat memiliki asuransi yang melindungi setiap perjalanan ini. Terutama ketenangan dan kenyamanan Anda saat melakukan perjalanan dan perlindungan atas segala risiko yang kemungkinan terjadi selama perjalanan.

Mulai dari pertanggungan asuransi atas kerugian yang diakibatkan keterlambatan perjalanan, pertanggungan evakuasi medis darurat dan repatriasi, jaminan selama Anda berada di rumah sakit atau karantina, hingga perlindungan atas isi rumah selama Anda ditinggalkan. Bahkan, sebagian besar penyedia asuransi menyediakan satu nomor call center 24 jam untuk segala kebutuhan perlindungan asuransi yang Anda miliki.

Namun, ada beberapa saran yang bisa Anda perhatikan saat memilihnya. Pertama adalah Anda wajib perhatikan polis yang sesuai nilainya serta jangan hanya melihat jaminan dari produk asuransi tersebut, tapi juga pahami syarat dan ketentuan dari polis. Kedua, jika Anda bepergian lebih dari tiga kali dalam setahun serta tidak lebih dari 90 hari per perjalanan, Anda akan lebih baik untuk memilih polis tahunan karena akan lebih memudahkan dan menguntungkan.

Selain itu, bila akan melakukan kegiatan olahraga atau wisata yang tergolong berbahaya, cobalah bertanya kepada penyedia asuransi untuk mendapatkan konfirmasi bahwa aktivitas-aktivitas tersebut sudah dapat dijamin dalam polis tanpa ada batasan. Terakhir, cobalah untuk memilih asuransi yang mempunyai reputasi terpercaya agar memastikan Anda mendapatkan layanan darurat yang cepat dan dapat diandalkan.

Untuk memudahkan, berikut adalah beberapa poin keuntungan yang bisa Anda konfirmasikan dan Anda miliki:

  • Kecelakaan Diri
  • Bagasi dan Barang Milik Pribadi
  • Gangguan dan Pembatalan Penerbangan
  • Penggantian Biaya Pengobatan akibat Kecelakaan
  • Biaya Evakuasi Medis dan Pemulangan Jenazah
  • Keterlambatan Penerbangan
  • Layanan 24 jam untuk bantuan medis darurat (biasanya masuk dalam paket asuransi travel medis
  • Penghentian Perjalanan

Nah bagaimana , travel lovers? Jangan lupa ya untuk melindungi diri kamu dengan asuransi perjalanan ketika kamu travelling. Let’s travel and enjoy!

asuransi perjalanan manfaat dari asuransi perjalanan

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply

    9 + two =