Nikmatnya Berburu Kuliner Khas Yogyakarta, Lezat Tiada Tanding

1067 views

Sebagai kota yang sarat dengan budaya, Yogyakarta selalu membuat rindu setiap orang yang pernah mengunjungi kota Sang Sultan ini. Selain terkenal dengan wisata alam yang indah, Yogyakarta juga memiliki banyak wisata kuliner yang memiliki cita rasa khas dan kelezatan yang tidak diragukan lagi. Buat kamu yang pernah merasakan nikmatnya mencicipi kuliner khas Yogyakarta, pasti kamu bakal pengen balik lagi dan lagi untuk kembali ke kota ini untuk menyantap semua masakan di Jogja.

Gak pake basa basi lag deh, berikut ini adalah beberapa tempat kuliner yang menyajikan masakan khas Yogyakarta yang wajib untuk kamu coba :

Gudeg Pawon

Gudeg Pawon

Gudeg Pawon via klikhotel.com

Yogykarta identik dengan Gudeg. Makanan ini merupakan makanan wajib yang harus dicoba jika kamu berkunjung ke kota ini dan dapat dijumpai hampir di seluruh pelosok kota.

Gudeg Pawon telah berdiri sejak tahun 1958 dan beralamat di Jalan Dr. Soepomo, Umbulharjo, Yogyakarta. Tempat ini buka mulai dari pukul 22.30 WIB sampai habis. Gudeg ini terkenal dengan sebutan Gudeg Pawon karena melayani pelanggan langsung dari pawon (dalam bahasa Indonesia berarti Dapur). Kamu dapat menikmati sedapnya daging nangka muda, nasi hangat ditambah dengan ayam yang gurih. Meskipun tempatnya sederhana namun cita rasa makanan satu ini tidak kalah dengan menu-menu di restoran berbintang.

Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong via weetadicky.wordpress.com

Bagi kamu yang menyukai menu sate kambing, kamu wajib mencoba Sate Klathak Pak Pong yang berlokasi di Jalan Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Sate ini memiliki aroma yang khas dan rasa yang nikmat. Aroma khas ini mungkin dikarenakan sate ini tidak dibakar dengan menggunakan tusuk sate dari bambu, melainkan dengan jeruji besi sepeda. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan kematangan daging yang merata.

House Of Raminten

House of Raminten

House of Raminten via telusurindonesia.com

Rumah makan ini terletak di Jalan FM Noto 7, Kota Baru, Yogyakarta dan siap melayani pembeli 24 jam. Di rumah makan ini disajikan aneka menu tradisional Yogyakarta seperti wedang sereh, brongkos, sate lilit, nasi kucing, dan tahu bola. Uniknya kamu dapat menikmati makanan tradisional tersebut dengan diiringi alunan Gending Jawa.

Dengan arsitektur yang unik dan menarik seperti adanya kereta kuda di luar rumah makan tersebut, para pelayan juga menggunakan pakaian khas yaitu kemben jawa. Dan di setiap meja disediakan kentongan yang digunakan untuk memanggil pelayan.

Bong Kopitown

Bong Kopitown

Bong Kopitown via yogyes.com

Tempat kuliner ini terletak di Jalan Sagan Kidul 4, Yogyakarta dan setiap hari buka mulai pukul 10.00 sampai pukul 24.00. Uniknya disini, daftar menu tidak terbuat dari kertas biasa namun terbuat dari kertas Koran yang juga berisi sejarah berdirinya tempat makan tersebut. Beberapa menu yang ditawarkan adalah kopi tetes, sapo tahu, dan rending spicy noodle. Tak kalah menariknya, para pelayan tidak memakai pakaian biasa ala pelayan, namun mereka memakai baju ala sipir penjara dan narapidana karena bangunan ini memang disetting menyerupai penjara lengkap dengan sekat jeruji besi di setiap ruangan.

Manggar Manding

Gudeg Manggar Manding

Gudeg Manggar Manding via spotunik.com

Kuliner tradisional khas Yogyakarta yang satu ini berlokasi di Jalan Parangtritis Km 11,5 Manding, Bantul, Yogyakarta dan menjual gudeg yang bukan terbuat dari daging nangka muda, namun terbuat dari manggar (bunga kelapa) yang masih muda. Manggar memiliki khasiat yang bagus karena dapat memancarkan kecantikan dari dalam. Konon, gudeg manggar merupakan menu favorit para puteri kerajaan pada jaman dahulu kala.

Nasi Goreng Beringharjo

Nasi Goreng Beringharjo

Nasi Goreng Beringharjo via frozzaholic.com

Sebagai salah satu tempat kuliner yang paling tua di Yogyakarta, nasi goreng Beringharjo ini memiliki banyak pelanggan. Kamu dapat menyantap nasi goring yang lezat ini dengan mixing bersama daging babi atau daging ayam sesuai dengan selera kamu. Tempat ini berlokasi di Jalan Pabringan 1, Yogyakarta.

Angkringan Lik Man

Angkringan Lik Man

Angkringan Lik Man via ansertravel.com

Angkringan adalah sebuah tempat dimana kamu dapat bercengkerama dengan teman, kerabat atau keluarga kamu dengan menyantap menu makanan rakyat dengan harga yang murah meriah dan suasana yang cukup nyaman. Angkringan Lik Man ini terletak di Kawasan Stasiun Tugu. Yogyakarta.

Oseng Mercon Bu Narti

Oseng Mercon Bu Narti

Oseng Mercon Bu Narti via beritaaktual.com

Berlokasi di Jalan Kh Ahmad Dahlan Gang Purwodiningratan, tempat makan ini sangat popular di Yogyakarta. Menu oseng mercon bu narti ini terdiri dari tulang muda, kulit, kikil, dan gajih yang dicampur dengan cabe rawit yang sangat pedas. Beberapa menu makanan lainnya adalah babat, bebek, burung dara, lele, dan lain-lain. Bagi kamu pecinta masakan pedas, kamu wajib mencoba tempat kuliner yang satu ini.

Ayam Geprek Bu Rum

Ayam Geprek Bu Rum

Ayam Geprek Bu Rum via tribunnews.com

Tempat kuliner ini berlokasi di Jalan Wulung Lor, Papringan Depok, Yogyakarta dan buka dari jam 10 pagi sampai dengan jam 4 sore.  Ayam Geprek Bu  Rum yang lezat dan pedas ini menjadikan tempat ini merupakan salah satu tempat makan favorit bagi para pecinta kuliner di Kota Gudeg ini. Ayam Geprek ini adalah ayam tepung yang dicampur dengan sambal. Kamu dapat juga memilih menu lain seperti tahu, telur, dan sayur.

Bungong Jeumpa

Bungong Jeumpa

Bungong Jeumpa via meanwhileunme.com

Kuliner yang satu ini terletak di Jalan R.W Monginsidi no. 12, dan memiliki cabang di Ruko Demangan Niaga  Jalan Demangan Baru, Ruko Sagan Square, Jalan Raya Seturan, Jalan Kaliurang Km 5, Jalan Prof. Yohannes. Tempat ini buka mulai dari jam 8 pagi sampai dengan jam 10 malam. Makanan yang disajikan adalah makanan dengan bumbu rempah-rempah khas Aceh seperti Mie Aceh dan lain-lain. Kamu dapat juga mencoba Roti Cane ataupun Martabak dan Ayam Goreng.

Bakmi Shibitsu

Bakmi Shibitsu

Bakmi Shibitsu via yogyes.com

Berlokasi di Jalan Bantul no. 106, Bantul, Yogyakarta tempat ini sudah berdiri dari tahun 1980. Berbagai menu yang dapat kamu coba adalah mie godog, mie goreng, ayam rica-rica, nasi goring dan lain-lain. Bila kamu memesan mie, kamu dapat memilih menggunakan mie bihun ataupun mie kuning. Cita rasa masakan di tempat yang dipelopori oleh Bu Gilah ini memang sudah tidak diragukan lagi kelezatannya.

Gudeg Bromo

Gudeg Bromo

Gudeg Bromo via pangeranlandung.blogspot.com

Gudeg Bromo ini terletak di Jalan Gejayan atau lebih tepatnya berada di sebelah utara dari kampus Sanata Dharma. Ciri khas gudeg ini adalah aneka variasi lauk pauk yang dilebur dalam satu porsi. Kamu dapat memilih ayam, telur, tahu, ceker, dan berbagai macam lauk lainnya yang terasa gurih dan lezat.

Soto Sulung Stasiun Tugu

Soto Sulung Stasiun Tugu

Soto Sulung Stasiun Tugu via jogja.semberani.com

Berdiri dari tahun 1968 menjadikan soto sulung stasiun tugu ini sebagai salah satu tempat kuliner yang legendaris di Yogyakarta. Kamu dapat menikmati soto khas Madura yang terdiri dari daging sapi yang empuk, telur rebus, jeroan sapi dengan kuah kental yang gurih dan lezat. Kalau kamu tertarik untuk mencoba kelezatan soto yang satu ini, kamu bisa datang ke area parkiran selatan Stasiun Tugu.

Bakmi Mbah Mo

Bakmi Mbah Mo via wisatakuliner.com

Bakmi Mbah Mo via wisatakuliner.com

Bakmi Mbah Mo ini terletak di desa Code, Bantul, Yogyakarta dan wajib untuk kamu kunjungi. Tempat makan ini buka dari jam 5 sore sampai dengan jam 11 malam dan sangat popular dan banyak para pejabat dari luar kota yang datang untuk menikmati kelezatan masakan khas Jogja yang satu ini. Beberapa menu yang dapat kamu coba disini adalah bakmi nyemek, bakmi godok, dan lain-lain. Kamu dapat memilih tambahan lauk seperti sayap ayam, brutu, ati ampela dan paha ayam. Rasa gurih bakmi mbah mo ini siap untuk menggoyang lidah kamu.

Nah, bagaimana travel lovers? Ulasan tentang kuliner khas Yogyakarta yang menggugah selera dan memancing rasa lapar mata dan perut, Menarik banget kan? Kalo kamu lagi berwisata ke Yogyakarta, siapin perut kosong deh, dan cobain tuh seluruh makanan khas disana yang supeeeerrr Lezat.  Let’s travel and explore Yogyakarta culinary!

kuliner khas yogyakarta makanan khas yogyakarta wisata kuliner wisata kuliner yogyakarta

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply

    4 + 3 =