Minikmati Eksotisme Mesir Dengan Segala Peradabannnya Yang Mendunia

1318 views

Mesir memiliki beragam tempat wisata peradaban kuno yang menakjubkan seperti Piramida Giza, Sphinx, Benteng Salahudin Al Ayyubi, dan masih banyak lagi lainnya. Bahkan selain menikmati berbagai macam wisata sejarah di Mesir, para wisatawan juga dapat menikmati indahnya terumbu karang dan juga pantai yang indah dengan melakukan aktivitas diving ataupun snorkeling juga lho di Mesir. Penasaran? Yuk kita simak artikel berikut ini.

Piramida Giza

Piramida giza

Piramida giza via global.liputan6.com

Piramida giza ini terletak di tepi barat daya Kairo dan dibangun selama 3 generasi yang dilakukan oleh Khufu dengan tinggi mencapai 455 kaki atau sekitar kurang lebih 139 meter. Piramida ini merupakan bangunan piramida terbesar yang ada di Mesir dan menjadi salah satu obyek wisata yang selalu dikunjungi oleh para wisatawan ketika berlibur kesini.

Laut Merah

Laut Merah

Laut Merah via suarakito.blogspot.com

Laut merah yang juga disebut laut teberau ini adalah merupakan sebuah teluk di bagian sebelah barat Jazirah Arab yang memisahkan Afrika dengan benua Asia. Laut ini berwarna merah dikarenakan Trichodesmium Erythraeum yang berkembang. Namun ada juga pendapat lain yang mengatakan warna merah laut ini berasal dari gunung yang kaya mineral di sekitarnya dan memiliki warna merah.

Para wisatawan yang berkunjung ke laut merah ini dapat melakukan aktivitas snorkeling ataupun diving untuk menikmati indahnya panorama bawah laut yang sungguh mempesona dengan terumbu karang yang luas dan beraneka macam biota laut. Selain itu di sekitar laut ini terdapat beberapa resort yang bisa dijadikan tempat menginap bagi para wisatawan yang ingin melepas lelah setelah seharian beraktivitas.

Sungai Nil

Sungai Nil

Sungai Nil via 883zy.com

Sungai Nil telah menjadi saksi sejarah peradaban Mesir. Disini para wisatawan dapat melakukan perjalanan menyusuri indahnya dan nyamannya sungai ini dengan menggunakan kapal untuk mencapai kota-kota yang terletak di Mesir. Bahkan jika ingin merasakan sensasi naik kapal layar kuno yang telah digunakan selama ribuan tahun yang lalu, para wisatawan juga dapat menaiki Kapal Felucca.

Valley Of The King (Lembah Para Raja)

Valley of the King

Valley of the King via amazingworldplaces.com

Valley of the king atau lembah para raja ini adalah merupakan makan yang diperuntukkan bagi para bangsawan dan raja dari kerajaan baru. Valley of the king ini terletak di sepanjang tepi barat sungai Nil dan terdiri dari dua lembah yaitu Lembah Barat dan Lembah Timur. Ada sekitar 63 makam yang terletak di tempat ini. Makam-makam tersebut pun memiliki berbagai macam jenis mulai dari yang memiliki lubang kompleks makam dengan 120 kamar hingga makam kerajaan yang berhias ukiran dan juga mitologi Mesir.

Tahrir Square

Tahrir Square

Tahrir Square via English.ahram.org.eg

Tahrir Square ini merupakan sebuah alun-alun publik yang terletak di pusat kota Kairo, Mesir. Pada awalnya alun-alun ini memiliki nama Midan Ismaileyya yang dinamakan sesuai dengan nama Khedive Ismail yang merupakan pemimpin pada abad ke-19 namun kemudian ketika terjadi revolusi mesir pada tahun 1919, alun-alun ini pun akhirnya dikenal sebagai nama Alun-Alun Tahrir yang berarti kebebasan. Namun nama Tahrir tersebut baru diresmikan pada revolusi mesir di tahun 1952 yang mengubah Mesir dari monarki konstitusional hingga menjadi negara republik.

Alun-alun ini merupakan ujung utara dari Qasr al-Ayn Street, ujung barat Talaat Harb Street dan juga Qasr el-Nil Street dimana dari arah selatan aksesnya melewati Jembatan Qasr Al-Nil yang melintasi Sungai Nil yang indah.

Gunung Sinai

Gunung Sinai

Gunung Sinai via ganisrumpoko.wordpress.com

Gunung Sinai yang dikenal dengan nama lain Jabal Musa ini memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 2.285 meter dan berada pada barisan pegunungan di sebelah barat Semenanjung Sinai di Mesir. Di puncak gunung ini terdapat gereja dan juga masjid yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang melakukan pendakian. Konon di gunung ini lah dulu Tuhan menampakkan diri kepada Musa dan kemudian membuat perjanjian dengan suku bangsa Israel. Dan juga merupakan tempat dimana Musa menerima wahyu Allah yang berupa 10 perintah Allah untuk diberikan kepada bangsa Israel.

Hurghada

Hurghada

Hurghada via getyourguide.com

Kota Hurghada ini terletak di sebelah timur Kota Kairo dengan jarak kurang lebih 480 kilometer. Kota ini juga tepatnya terletak di sisi selatan Laut Merah dan memiliki keindahan yang sungguh mempesona. Dengan pantai yang memiliki pasir putih terbentang dan dikelilingi dengan banyak penginapan dan juga resort, tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat rekomendasi bagi wisata bulan madu karena pesonanya yang cantik dan indah. Selain keindahan pantainya yang memukai, kota Hurghada ini pun memiliki terumbu karang yang sangat indah sehingga sering dijadikan tujuan untuk aktivitas menyelam, berlayar dan juga selancar angin.

Luxor

Luxor

Luxor via holidayhouseboys.com

Luxor adalah merupakan sebuah kota kuno yang dibangun di tanah bekas Thebes yang dulunya merupakan ibukota Mesir Kuno. Para penguasa Thebes tersebut banyak meninggalkan warisan yang menjadi tonggak sejarah seperti Kuil Hatshepsut (Dinasti XVII) sebagai penggambaran kelahiran yang penuh dengan keajaiban dan juga merupakan penyebab Dewa Amon dan Ratu Ahmes bersatu. Para wisawtan juga dapat melihat peninggalan Amenhotep tiga yang berupa dua buah patung besar dengan tinggi sekitar kurang lebih 20 meter. Sampai saat ini kemegahan monumen kuno yang berasal dari Dinasti XI (tahun 2081 – 1939 SM) tetap dapat dinikmati oleh para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Piramida Khafre Dan Sphinx

Piramida Khafre dan Sphinx

Piramida Khafre dan Sphinx via duaransel.com

Piramida Khafre merupakan piramida Mesir terbesar kedua setelah piramida Giza. Piramida ini merupakan makam firaun Khafra dan memiliki panjang kurang lebih 215,5 meter dan tinggi kurang lebih 148,5 meter. Obyek wisata ini merupakan tempat wisata yang paling terkenal di Mesir. Piramida ini memiliki alas persegi dengan ujung meruncing dan terdapat patung Sphinx yang memiliki badan singa dan kepala manusia. Sphinx ini dipercaya sebagai penjaga makam kerajaan ataupun kuil oleh masyarakat Mesir Kuno. Wajah dari patung Sphinx ini umumnya menggambarkan firaun yang dianggap merupakan inkarnasi dari Dewa Matahari.

Benteng Salahudin Al Ayyubi

Benteng Salahudin Al Ayyubi

Benteng Salahudin Al Ayyubi via republika.co.id

Benteng yang telah berusia ratusan tahun ini terletak di dataran tinggi dimana di dalamnya terdapat sebuah masjid yang dinamakan Masjid Muhammad Ali. Di dalam area benteng juga terdapat berbagai fasilitas antara lain restoran dengan pemandangan Kota Kaira yang menakjubkan dari ketinggian, kemudian ada juga Museum Polisi, dan Museum Militer. Selain itu, para wisatawan juga dapat menikmati taman yang cantik dengan pepohonan rindang yang sejuk. Di dinding dan di kubah bagian dalam Masjid Muhammad Ali terukir indah tulisan Kaligrafi Arab.

Alexandria

Alexandria

Alexandria via all-that-is-interesting.com

Kota Alexandria ini merupakan kota paling besar kedua di Mesir dan disebut juga dengan sebutan Al-Iskandariyyah. Di kota ini para wisatawan dapat melihat kemegahan patung Sphinx dan juga teater Romawi Kuno. Selain itu pantai kota ini juga memiliki pemandangan yang menakjubkan dengan pesisir pantai yang menghadap laut mediterania, pasir putih kekuningan yang membentang membatasi kota Alexandria. Sungguh membuat kota ini nampak eksostis dan menjadi salah satu tujuan favorit para wisatawan yang berlibur ke Mesir.

Nah bagaimana, travel lovers? Tertarik untuk berlibur ke Mesir yang memiliki beragam obyek wisata yang menarik ini? Let’s travel and explore Egypt!

berlibur ke mesir menikmati eksotisme mesir tempat wisata di mesir

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply

    5 × 1 =