Menyusuri Keindahan Obyek Wisata Di Maluku Tenggara Yang Selalu Menebar Pesonanya

1568 views

Maluku adalah salah satu provinsi tertua di Indonesia dan dikenal dengan sebutan Moluccas ataupun Molukken di dunia internasional. Provinsi ini memang tidak sepopuler Bali sebagai tujuan destinasi wisatawan baik lokal maupun mancanegara, namun jangan salah, disini tersembunyi beberapa obyek wisata yang memiliki keindahan alam bak surga dunia.

Kali ini kita akan membahas pesona Maluku Tenggara yang akan membuat kamu terkesima dengan keindahan alamnya yang sungguh luar biasa.

Kepulauan Kei (Kai)

keindahan pantai di Kepulauan Kei, maluku tenggara

Kepulauan Kei via jalan2liburan.com

Menurut id.wikipedia.org, penduduk setempat menyebut kepulauan ini Nuhu Evav (“Kepulauan Evav”) atau Tanat Evav (“Negeri Evav”), tetapi dikenal dengan nama Kei atau Kai oleh penduduk dari pulau-pulau tetangga. Kepulauan Kai terdiri atas sejumlah pulau, di antaranya adalah

  • Kei Besar atau Nuhu Yuut atau Nusteen
  • Kei Kecil atau Nuhu Roa atau Nusyanat
  • Tanimbar Kei atau Tnebar Evav
  • Kei Dulah atau Du
  • Dulah Laut atau Du Roa
  • Kuur
  • Taam
  • Tayandu atau Tahayad

Kei Besar bergunung dan berhutan lebat. Kei Kecil datar dan memiliki populasi terbanyak. Pulau ini sebenarnya merupakan sebuah pulau koral yang terangkat ke permukaan laut. Ibukota kepulauan ini adalah Kota Tual, yang mayoritas warganya beragama Islam. Tak jauh dari Tual terletak Langgur yang merupakan pusat bagi warga Kristiani. Kei termasyhur berkat keindahan pantai-pantainya, misalnya Pantai Pasir Panjang.

Kepulauan Kai merupakan bagian dari daerah Wallacea, kumpulan pulau-pulau Indonesia yang dipisahkan oleh laut dalam dari lempeng Benua Asia maupun Australia, dan tidak pernah tersambung dengan kedua benua tersebut. Sebab itu, hanya terdapat sedikit jenis mamalia lokal di Kepulauan Kai.

Kepulauan yang memiliki kurang lebih 287 pulau besar dan kecil ini memiliki beberapa obyek wisata yang mengagumkan seperti salah satunya adalah Pantai Pasir Panjang yang terletak di Pulau Kai Kecil dan memiliki pasir yang berwarna putih dan sangat halus.

Bandaneira

kehidupan bawah laut yang mempesona di Bandaneira

Bandaneira via basodara.com

Bandaneira ini merupakan kota yang berada di Pulau Neira dan memiliki Bandar udara. Tempat ini dikenal wisatawan mancanegara karena memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Selain menyimpan berbagai nilai sejarah karena pada jaman dahulu banyak orang Eropa yang mendirikan berbagai rumah besar di tempat ini, kamu juga dapat menikmati keindahan pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Jadi jika kamu menyukai diving, tempat ini sangat cocok untuk kamu mengeksplorasi kehidupan bawah lautnya yang sungguh mempesona.

Pantai Liang

Pantai Liang, pantai terindah di indonesia

Pantai Liang via pasirpantai.com

Pantai Liang ini juga dikenal dengan nama Pantai Hunimua dan dinobatkan oleh PBB sebagai pantai terindah di Indonesia pada tahun 1991. Dengan hamparan pasir putih dan air laut yang sungguh jernih berwarna kebiruan tidak heran jika pantai ini menyandang gelar tersebut. Untuk mencapai tempat ini, kamu dapat melakukan perjalanan kurang lebih sekitar 14 kilometer dari pusat kota Ambon.

Pantai Pintu Kota

Keindahan Tebing karang Pantai pintu kota

Pantai pintu kota via fotokita.net

Pantai Pintu Kota ini memiliki keindahan tebing karang yang dapat kamu temui di setiap sudut. Banyak para wisatawan yang mengabadikan moment untuk berfoto di tebing karang yang menjorok ke laut dimana dibawahnya ada lubang yang menyerupai pintu.

Pantai Natsepa

Pantai natsepa dengan air lautnya yang begitu jernih

Pantai natsepa via pasirpantai.com

Pantai Natsepa ini terletak di kecamatan Salabutu dan memiliki air yang sangat jernih sehingga kamu dapat melihat ikan-ikan yang berenang di dalamnya. Wah sungguh menakjubkan bukan? Selain itu di pantai ini bagi kamu yang menggemari aktivitas memancing kamu dapat melakukan aktivitas tersebut dengan menikmati panorama alam yang luar biasa indahnya. Atau jika kamu ingin melakukan aktivitas lain seperti menyewa perahu untuk mengeksplorasi keindahan sekeliling kamu, kamu juga dapat melakukannya.

Nusa Pombo

pulau tak berpenghuni Nusa Pombo

Nusa Pombo via telusurindonesia.com

Pulau Nusa Pombo ini merupakan pulau yang tidak berpenghuni dan dapat kamu tempuh dengan melakukan perjalanan lebih kurang 1 jam dari kota Ambon dengan menggunakan speedboat. Jika kamu berencana untuk mengunjungi pulau ini, jangan lupa untuk membawa perbekalan makanan dan minuman karena disini mungkin kamu akan kesulitan untuk menemukan tempat yang menjual makanan ataupun minuman.

Ora Beach

Ora Beach

Ora Beach via warnawarniwisata.asia

Ora Beach atau Pantai Ora ini terletak di Pulau Seram dan memiliki keindahan yang sungguh luar biasa dan tiada tara. Pantai ini dijuluki sebagai salah satu surga tersembunyi dan kamu pasti tidak akan menyesal jika berkunjung kesini untuk menikmati panorama alam yang disuguhkan.

Pulau Osi

Pulau Osi

Pulau Osi via jejakakibeta.blogspot.com

Pulau Osi ini memiliki luas sekitar 9 Ha dan terletak di Kabupaten Seram Barat, Maluku Tenggara. Pantai ini memiliki air laut yang amat jernih dan kamu dapat melihat segala macam aktivitas biota laut yang ada di dalamnya. Wow sungguh menarik kan?

Pantai Ngurtafur

Pantai Ngurtafur

Pantai Ngurtafur via indonesiana.merahputih.com

Pantai Ngurtafur ini terletak di Pulau Warhal, sebelah barat Pulau Kei Kecil. Disini kamu dapat menikmati indahnya jajaran pepohonan dipadu dengan pantai yang memiliki air laut yang begitu jernih dan luar biasa. Pantai berpasir putih ini menjorok atau memanjang tanpa putus ke tengah lautan sepanjang lebih kurang 2 kilometer dengan lebar 7 meter. Kamu dapat merasakan seolah-olah kamu sedang berjalan di tengah lautan namun sesungguhnya kamu tengah berjalan diatas hamparan pasir putih halus yang membelah pantai menjadi dua sisi. Wah menakjubkan sekali ya.

Di sini juga merupakan habitat burung Australian Pelikan yang tengah bermigrasi dari Australia ataupun Papua Nugini ke Maluku.

Pantai Santai

pesona keindahan alam Pantai santai

Pantai santai via travel.detik.com

Pantai Santai ini terletak di Desa Latulahat dan cocok untuk kamu jadikan tempat untuk bersantai sambil menikmati pemandangan yang disuguhkan. Dengan air laut yang sungguh jernih dan biru siapa yang dapat menolak pesona pantai satu ini.

Gua Hawang

Gua Hawang

Gua Hawang via merdeka.com

Gua Hawang ini terletak di Desa Letvuan dan merupakan kolam air tawar. Konon menurut cerita masyarakat setempat, kolam di Gua Hawan tersebut terhubung dengan mata air Evu melalui sungai bawah tanah. Jadi jika kamu melakukan aktivitas diving disini, kamu akan dapat menembus ke dua gua tersebut dengan melalui sungai bawah tanah tadi. Apakah kamu tertarik untuk mencoba?

Pantai Nur Sangadan, Ohoi Ilir

Pantai Nur sangadan

Pantai Nur sangadan via alanmn.wordpress.com

Pantai Nur Sangadan ini memiliki pasir yang bersih dan halus dengan air laut yang sangat mempesona. DI sore hari kamu dapat menyaksikan indahnya pemandangan matahari tenggelam ke peraduannya.

Pulai Bair, Kei

Pulau Bair

Pulau Bair via triptrus.com

Pulau bair ini memiliki terumbu karang yang sehat dan kamu dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berenang ataupun snorkeling disini. Kamu juga dapat menikmati eksotisnya celah tebing karang yang memukau.

Bukit Masbait

Bukit Masbait

Bukit Masbait via kei-islands.com

Bukit Masbait ini merupakan bukit yang terletak di Desa Kelanit dan juga merupakan titik tertinggi di Pulau Kei Kecil. Tempat ini digunakan sebagai tempat ziarah para umat Katolik dengan patung Kristus Raja yang dapat berputar. Di tempat indah ini kamu juga dapat menikmati panorama alam berupa matahari terbit ataupun matahari terbenam dari puncak bukit.

Nah bagaimana travel lovers? Apakah kamu tertarik untuk mengunjungi pesona surga tersembunyi Maluku Tenggara? Let’s travel and explore South-East Maluku!

objek wisata maluku tenggara pantai terindah di Indonesia wisata alam wisata pantai maluku tenggara

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply

    1 × 1 =