Menikmati Lezatnya Hidangan Khas Maluku Yang Menggugah Selera Makan

1594 views

Maluku bukan hanya memiliki banyak obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi namun ternyata juga memiliki berbagai hidangan kuliner yang tidak kalah enak dari makanan khas di tempat lain. Sebagai propinsi tertua di Indonesia menurut sudut pandang international, Maluku memang sangat layak untuk dijadikan tujuan wisata kuliner yang siap memuaskan perut laparmu. Penasaran? Yuk kita simak artikel berikut ini.

Nasi Jaha

Nasi jaha

Nasi jaha via menuresepmasakan.com

Nasi Jaha merupakan makanan tradisional khas Maluku Utara yang memiliki rasa yang nikmat. Makanan ini terbuat dari perpaduan beras biasa, beras ketan, dan santan sehingga memiliki rasa yang gurih. Bentuk Nasi Jaha ini sangat panjang sebelum dipotong dan bentuknya kurang lebih mirip seperti jajanan Jawa yaitu Lemper.

Sambal Colo Colo

Sambal colo-colo

Sambal colo-colo via resepmasakankuliners.blogspot.com

Sambal colo – colo khas Maluku ini terbuat dari bawang merah, tomat muda, cabe rawit yang kemudian dicampur dengan garam dan jeruk nipis lalu diulek hingga hancur. Sambal colo-colo ini disajikan dengan irisan daun kemangi.

Papeda Khas Maluku

Papeda

Papeda via perutgendut.com

Papeda Khas Maluku ini memiliki tekstur lengket dan kenyal serta memiliki rasa yang tawar. Umumnya papeda ini disajikan dengan ikan tongkol berbumbu kunyit .

Sagu Woku Komo-Komo

Sogu woku komo-komo

Sogu woku komo-komo via yukpiknik.com

Banyak makanan khas Maluku yang memiliki bahan dasar sagu, salah satunya ialah makanan khas Maluku yang bernama Sagu Woku Komo-Komo. Apakah Sagu Woko Komo-Komo ini? Makanan ini terbuat dari sagu yang sebelumnya direndam dulu di air dingin selama kurang lebih 1 jam yang kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu rempah khas Maluku. Bumbu-bumbu tersebut antara lain adalah jahe, bawang putih, serai, bawang merah, jeroan ikan, santan, merica, irisan daun bawang, garam, sagu, dan lain-lain. Kemudian sagu woku komo-komo ini dipanggang hingga kering dan matang.

Ikan Komu Asar

Ikan komu asar

Ikan komu asar via abdulromli.it.student.pens.ac.id

Salah satu makanan khas Maluku juga memiliki bahan dasar ikan karena masakan ikan memang terkenal disini. Adalah Ikan Komu Asar yang wajib untuk dicoba. Masakan ini terbuat dari ikan cakalang yang dimasak dengan cara ditusuk kemudian diasap dalam rentang waktu satu jam. Kemudian ikan cakalang ini disajikan dengan nasi hangat dan sambal colo-colo sehingga menambah kelezatan hidangan ini. Selain ikan cakalang, masakan ini juga dapat menggunakan ikan lainnya yaitu ikan tongkol ataupun ikan tuna.

Gatang Kenari

Gatang Kenari

Gatang Kenari via ourmaluku.weebly.com

Gatang Kenari ini merupakan kepiting kenari yang dimasak dengan berbagai bumbu rempah khas Maluku sehingga menghasilkan rasa yang luar biasa sedap. Hidangan khas Maluku yang satu ini memang wajib untuk dicoba.

Bubur Sagu Ubi

Bubur sagu ubi

Bubur sagu ubi via lofoodie.blogspot.com

Bubur sagu ubi ini dibuat dengan cara sagu direndam terlebih dahulu di dalam air supaya mengembang, setelah itu sagu ditiriskan dan air rendaman sagu dibuang. Kemudian gula merah, daun pandan, dan juga gula pasir direbus di dalam air sehingga menghasilkan kuah yan sangat manis. Setelah itu sagu yang telah mengembang dan lunak tadi dicampur dengan kuah yang dimasak lalu dicampur juga dengan ubi merah yang telah direbus. Setelah itu ditambahkan santan kental ke dalam bubur sagu yang lezat ini.

Gohu Ikan

Gohu ikan

Gohu ikan via pegipegi.com

Gohu Ikan ini terbuat dari ikan tuna yang dipotong kecil-kecil kemudian dicampur dengan perasan lemon dan garam, kemudian dicampur dengan rajangan daun kemangi. Untuk bumbu masakan ini terbuat dari bawang merah dan cabe rawit yang ditumis dengan menggunakan minyak kelapa. Kemudian setelah panas, ikan tuna tersebut dicampurkan dengan tumbukan kacang tanah goreng. Hidangan gohu ikan yang lezat ini juga dikenal dengan nama Sashimi Ternate dan terkenal dengan kelezatan citarasanya.

Ikan Kuah Pala Banda

Ikan Kuah Pala Banda

Ikan Kuah Pala Banda via dunia-wisata.net

Ikan Kuah Pala Banda ini biasanya terbuat dari ikan kakap merah bakar, sambal bekasang dan juga urap daun papaya. Dengan bumbu-bumbu rempah khas Maluku, rasa kuah dari sop ikan ini sangat luar biasa nikmatnya dengan perpaduan rasa pedas, asam, dan juga segar.

Nasi Lalopa

Nasi lalopa

Nasi lalopa via makanajib.com

NASI LALOPA merupakan makanan khas Maluku yang terbuat dari bahan dasar kacang tolo yang dimasak dengan beras, garam, dan juga kelapa parut lalu diaduk hingga rata. Setelah itu nasi tersebut dikukus hingga matang dan siap untuk dihidangkan.

Sayur Lilin

Sayur lilin

Sayur lilin via kotaluwuk-banggai.blogspot.com

Wah apakah itu sayur lilin? Sayur lilin adalah makanan khas Maluku yang terbuat dari terubuk atau tebu telur. Terubuk ini merupakan tanaman yang mudah dijumpai di daerah Halmahera. Cara membuat sayur lilin ini adalah dengan cara terubuk dipotong agak panjang kemudian diberi bumbu santan sebagai kuah dasarnya. Hidangan ini biasanya disantap bersama dengan papeda.

Kopi Sibu Sibu

Kopi Sibu-sibu

Kopi Sibu-sibu via money.id

Kopi Sibu-sibu ini merupakan kopi jenis robusta yang dihaluskan dengan cara tradisional. Kopi ini merupakan campuran bubuk cengkeh halus kemudian ditaburi dengan biji ketapang muda untuk menghasilkan rasa yang khas.

Kohu-Kohu

Kohu-kohu

Kohu-kohu via kaki4medan.com

Kohu-kohu terbuat dari beberapa jenis sayuran kacang panjang, tauge, dan lain-lain. Makanan ini hampir mirip dengan urap ataupun trancang Jawa. Kemudian terdapat juga ikan teri basah yang dicampur dengan sayur-sayuran tersebut dan diberi sambal yang terbuat dari parutan kelapa. Umumnya kohu-kohu ini disantap dengan ubi rebus di Maluku.

Sagu Tumbu

Sagu Tumbu

Sagu Tumbu via twicsy.com

Sagu Tumbu merupakan salah satu hidangan khas Maluku Utara yang juga disebut Paumido. Perbedaannya dengan papeda yang sudah kita ulas adalah jika papeda dimasak tanpa menggunakan bumbu atau bahan-bahan lainnya, maka sagu tumbu ini justru diolah dengan beberapa macam bumbu seperti kenari dan gula merah.

Bagea

Bagea

Bagea via resepnasidansambal.blogspot.com

Konon makanan khas Maluku yang satu ini telah ada sejak ratusan tahun dan tetap dinikmati hingga sekarang. Bagea ini dibuat dari kenari, kelapa, dan gula. Terdapat tiga jenis bagea yaitu bagea kelapa yang terbuat dari tepung sagu yang kemudian dicampur dengan kelapa setengah matang. Lalu ada juga bagea gula yang terbuat dari tepung sagu yang dicampur dengan gula merah. Dan ada juga bagea kenari yang terbuat dari tepung sagu yang dicampur dengan buah kenari. Wah menarik ya.

Asida

Asida

Asida via titlisbusykitchen.com

Nah, Asida ini juga merupakan hidangan khas Maluku yang banyak tersedia pada saat bulan Ramadhan tiba. Asida ini sebenarnya merupakan jajanan dari Arab di malam hari. Namun mungkin dikarenakan adanya peleburan akulturasi antara Maluku dengan makanan arab sehingga terdapatlah makanan enak ini yang bernama ASIDA yang memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis.

Nah bagaimana, travel lovers? Tertarik untuk berwisata kuliner di Maluku? Let’s travel and explore Maluku culinary

makanan khas maluku maluku wisata kuliner maluku

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply

    5 × one =