Makanan Khas Surabaya Dan Gresik Siap Menggoyang Lidah Ketika Kita Berkunjung Ke Jawa Timur

1855 views

Propinsi ber-ibukota Surabaya yang terletak di timur pulau Jawa ini memang kaya akan tempat wisata yang menakjubkan, mulai dari wisata alamnya yang masih asri hingga wisata kulinernya yang gak kalah menarik. Hampir di setiap Kota di Jawa Timur memiliki kuliner yang khas sebagai identitas kota tersebut. Yups,, Jawa Timur memang identik dengan segala macam kulinernya yang lezat. Sebut saja Lontong Kupang, Rawon Setan, Nasi Krawu, Bebek Goreng, dan masih banyak lagi lainnya. Untuk artikel kali ini, kami akan membahas beberapa makanan fenomenal di area Gresik dan Surabaya.

NASI KRAWU BU TIMAN, GRESIK

Nasi krawu

Nasi krawu via foodspotting.com

Nasi krawu ini  adalah makanan khas kota Gresik. Dengan mudah kamu dapat menemukan nasi krawu di pinggir jalan ataupun di restoran. Penyajian nasi krawu ini tergolong unik dan masih tradisional. Nasi krawu disajikan dengan alas daun pisang. Terdapat dua jenis kelapa sangrai yaitu kelapa kuning dan kelapa merah. Nasi ini disajikan dengan sambal, serundeng dan daging sapi yang dimasak dengan santan diiris tipis-tipis dan memiliki rasa yang amat gurih. Sambal terasinya yang pedas akan menggoyang lidah kamu makin lebih semangat lagi. Kamu pun dapat memilih tambahan lauk pauk lain seperti otak sapi, ikan, dan lain-lain. Nasi Krawu yang terkenal di area kota Gresik adalah Depot Nasi Krawu Bu Timan yang buka 24 jam, dimana tempat ini selalu ramai oleh pengunjung yang rindu akan kelezatan masakan khas yang satu ini.

BANDENG PAK ELAN, GRESIK

Bandeng Pak Elan

Bandeng Pak Elan via burpple.com

Selain nasi krawu, makanan khas Gresik lainnya yang terkenal adalah Ikan Bandeng. Sebagai wilayah yang memiliki banyak tambak, Gresik memang terkenal sebagai penghasil ikan bandeng. Di kota Gresik rumah makan ikan bandeng yang terkenal adalah rumah makan Pak Elan. Disini kamu dapat memilih beragam olahan bandeng seperti bandeng goreng, bandeng rebus, bandeng otak-otak, bandeng dadar telur, asem-asem bandeng dan bandeng bakar. Sebelum diolah, semua bagian duri ikan bandeng dipisahkan terlebih dahulu.

Untuk bandeng goreng, sisiknya dibersihkan terlebih dahulu namun untuk bandeng bakar sisiknya tetap dibiarkan. Tujuannya adalah untuk melindungi dagingnya agar tidak rusak ketika dibakar. Sedangkan untuk otak-otak bandeng, setelah dikeluarkan dagingnya dan dibumbui bersama telur lalu dimasukkan kembali ke dalam selongsong kulit dan dijepit dengan sebilah bambu kemudian dipanaskan. Sambal yang disajikan adalah sambal kecap yang terbuat dari kecap manis, cabai, kacang tanah, dan garam.

Ketika kamu berkunjung ke rumah makan ini, kamu tinggal menunjuk di etalase dimana sudah disiapkan ikan bandeng dengan berbagai jenis masakan kemudian pelayan akan memanaskan hidangan pilihan kamu untuk siap disantap.

ZANGRANDI ICE CREAM, SURABAYA

Zangrandi ice cream

Zangrandi ice cream via antiketombe.clear.co.id

Ice Cream! Siapa yang tidak suka ice cream?! Di cuaca Surabaya yang panas, kamu tentu tidak akan menolak untuk mendinginkan badan sejenak dengan menyantap segelas ice cream yang legendaris di Surabaya ini. Ice cream ini merupakan ice cream homemade yang sudah terkenal kelezatannya.

Kedai ice cream Zangrandi ini sudah berdiri sejak 1933 dengan nuansa bangunan Eropa dan merupakan tempat berkumpul atau tempat nongkrong para sosialita Belanda. Bangunan kedai ice cream ini sudah beberapa kali mengalami renovasi namun tetap mempertahankan sedikit unsur tempoe doloe. Menu ice cream yang paling populer disini adalah noodle ice cream dengan bentuk seperti mie yang panjang dengan taburan kacang, coklat cair, astor, dan buah cherry.

NASI BEBEK SAYANG ANAK CAK YUDI

Anak Cak Yudi

Nasi Bebek Sayang Anak Cak Yudi via makananenaksurabaya.blogspot.com

Nasi bebek ini didirikan oleh Cak Yudi pada tahun 1982 dengan lokasi di Jl. Tanjung  Torawitan, Perak. Dan memiliki cabang di Jl. Kepanjen dan Jl. Raya Mulyosari. Daging bebek olahan Cak Yudi ini sangat lembut, empuk dan tidak alot. Sambal yang disajikan pun sangat menggugah selera yaitu sambal pencit yang terbuat dari cabai rawit dan mangga muda. Dengan nasi pulen yang hangat dengan sedikit minyak, bebek goreng yang sangat gurih dan tentu dengan perpaduan yang pas sambal pencit dapat dipastikan kamu akan ingin menyantap lebih dari satu porsi. Nasi bebek ini sangat terkenal dan laris sehingga biasanya habis terjual dalam waktu kurang lebih 3 jam.

RUJAK CINGUR AHMAD JAIS, SURABAYA

Rujak Cingur Ahmad Jais

Rujak Cingur Ahmad Jais via de-kulinarisch.blogspot.com

Salah satu kuliner Surabaya yang sangat terkenal adalah tentu saja rujak cingur. Makanan ini terbuat dari buah-buahan seperti manga muda, kedondong, bengkuang, timun, dan lain-lain dicampur dengan sayuran seperti kangkung, kacang panjang, dan kecambah. Kemudian bahan tambahan adalah lontong, tempe, tahu, dan tentu saja cingur. Semua bahan tersebut dicampur dan disiram dengan saus bumbu yang terbuat dari petis udang, gula, kacang goreng, bawang goreng, gula serta irisan pisang kluthuk yang masih muda. Salah satu rujak cingur yang terkenal di kota Pahlawan ini adalah Rujak Cingur Ahmad Jais yang terletak di Jl. Ahmad Jais dan selalu ramai dengan pengunjung meskipun harga yang dipatok lumayan mahal yaitu sekitar Rp. 45.000.

SPESIAL BELUT SURABAYA

Spesial Belut Surabaya

Spesial Belut Surabaya via foody.id

Tertarik untuk mencoba makanan yang satu ini? Salah satu tempat yang terkenal di Surabaya adalah Spesial Belut Surabaya yang terletak di Jl. Banyu Urip Kidul IV/39 (Bok Abang)  dan memiliki beberapa cabang di Jl. Ngagel Jaya Selatan No. 119, Jl. H. R. Muhammad No. 249, Jl. KH. Mukmin 65, Jl. A. Yani 219, Jl. Kayon No. 38-40 , Jl. Kapas Krampung 154. Meskipun dilihat dari penampilannya mungkin tidak menarik, tetapi jangan salah mengenai rasa belut yang sangat gurih. Belut ini digoreng dengan keprekan bawang putih kemudian disajikan dengan sambal terasi. Dagingnya lembut, gurih dan tidak amis. Kamu dapat memilih tingkat kepedasan sambal biasa, pedas atau pedas sekali.

WARUNG NASI CUMI, SURABAYA

Warung Nasi Cumi

Warung Nasi Cumi via inijie.com

Warung ini didirikan oleh Bu Atun yang berasal dari Madura dan biasanya disebut Nasi Cumi Waspada karena terletak di Jalan Waspada, Pabean. Dulunya warung ini hanya buka di malam hari, namun sekarang buka untuk 24 jam. Tampilan warung ini memang sederhana namun kelezatan masakannya sudah tidak diragukan lagi dan selalu dibanjiri oleh pengunjung terutama di malam hari. Menu yang populer disini adalah Nasi Cumi Komplit yang terdiri dari cumi masak tinta, mie goreng, paru, usus, babat, tahu, telur dan peyek udang. Cita rasa cuminya sangat empuk dan gurih yang membuat kamu selalu ingin berkunjung kembali.

SEGO SAMBEL MAK YEYE, SURABAYA

Sego Sambel Mak Yeye

Sego Sambel Mak Yeye via tripadvisor.com

Warung sego sambel Mak Yeye ini selalu ramai pengunjung dan terletak di Jl. Jagir Wonokromo Wetan. Warung ini buka setiap harinya mulai pukul 22.00 WIB – 04.00 WIB. Lauk pauk yang dijual adalah telur dadar, telur ceplok, tempe goreng, dan Ikan Pari atau kondang dengan sebutan Ikan Pe. Apabila kamu ingin menikmati masakan Mak Yeye ini, kamu harus sabar mengantri untuk merasakan segar dan gurihnya Ikan Pe yang dipadukan dengan sambal yang kepedasannya menggoyang lidah Kamu. Sekilas penampakan seporsi sego sambel ini mungkin menyeramkan karena lauk pauk hampir tertutupi oleh sambal yang melimpah, namun ketika Kamu sudah mencobanya, kenikmatan dan kegurihannya memang tidak heran bila warung ini selalu dijubeli para pengunjung.

Nah, apakah kamu tertarik untuk mencoba menu-menu diatas? Menu makanan khas kota Surabaya dan Gresik, Jawa Timur yang memiliki cita rasa unik dan menarik untuk di coba. Let’s travel and explore the culinary!

makanan enak rekomendasi tempat makan wisata kuliner wisata kuliner gresik wisata kuliner surabaya

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply

    11 + 11 =