Lezatnya Kuliner Thailand Dan Romantisme Restoran Menjadikan Pengalamanmu Berkuliner Semakin Mengesankan

740 views

Sudah tidak diragukan lagi bila Bangkok sering disebut sebagai ibukota makanan Asia. Bahkan di setiap sudut jalanan di kota Bangkok, Thailand selalu dipenuhi oleh pedagang makanan hampir selama kurang lebih 24 jam setiap harinya. Berbagai macam hidangan lezat dapat kamu temukan mulai dari hidangan yang berbumbu tajam dengan rasa dominan asam dan pedas seperti layaknya hidangan khas Thailand pada umumhya, kamu juga dapat memilih jenis makanan lain yang memiliki bumbu tidak terlalu tajam. Penasaran apa sajakah hidangan khas Thailand? Yuk kita simak lezatnya hidangan-hidangan berikut ini.

Khao Niao Mamuang (Mango and Sticky Rice)

Khao Niao Mamuang (Mango and Sticky Rice)

Khao Niao Mamuang (Mango and Sticky Rice) via recipeshubs.com

Khao Niao Mamuang (Mango and Sticky Rice) ini merupakan hidangan penutup (dessert) yang terbuat dari nasi ketan gurih yang disantap bersama dengan potongan-potongan buah mangga. Wah nikmat sekali kan?! Jika kamu ingin mencicipi hidangan yang satu ini, kamu dapat menemukannya di kawasan Sukhumvit Soi 38 Night Food Market.

Tom Yum Goong (Hot And Sour Soup)

Tom Yum Goong (Hot and sour soup)

Tom Yum Goong (Hot and sour soup) via thailandbackpackershostel.com

Tom Yum Goong yang memiliki perpaduan rasa asam, asin, pedas, dan manis ini memang terasa sangat menyegarkan untuk dinikmati. Isi dari sup tom yum ini umumnya terdiri dari ayam, cumi, dan udang dengan bumbu daun serai, jeruk nipis, dan daun lengkuas. Sangat nikmat disantap dengan sepiring nasi putih.

Som Tam

Som Tam

Som Tam via templeofthai.com

Som tam ini terbuat dari pepaya muda yang diolah menjadi salad dan memiliki rasa dominan pedas dan asam. Pepaya mudanya pun masih terasa crunchy jika dikunyah. Umumnya som tam ini dimakan dengan ketan, bihun, ataupun ayam panggang sesuai dengan selera masing-masing. Bisa juga dimakan langsung tanpa hidangan pendamping apapun. Jika kamu ingin mencicipi som tam yang lezat, kamu dapat menemukannya di Som Tam Nua yang terletak di 394/14 Soi Siam Square, Rama 1 Road, Bangkok.

Pad Thai

Pad Thai

Pad Thai via theroyalbuddha.com

Pad Thai merupakan hidangan bihun goreng yang populer di Thailand sebagai jajanan kaki lima dan dibumbui dengan air jeruk nipis dan asam. Sayuran pelengkap Pad Thai ini umumnya adalah daun ketumbar, acar lobak, jantung pisang, dan tauge. Selain itu juga dicampuri dengan udang, ayam, terkadang telur dan tahu serta ditaburi dengan kacang goreng yang menjadikan cita rasanya semakin lezat dan nikmat. Jika kamu ingin mencicipi kelezatan Pad Thai ini , kamu dapat mencobanya di Thin Samai yang beralamat di 313 Mahachai Rd, Samranrat, Phra Nakorn, Bangkok.

Green Curry (Kaeng Khiao Wan)

Thai Green Curry

Thai Green Curry via thaizer.com

Thai Green Curry atau yang populer disebut dengan Kaeng Khiao Wan di Thailand ini memiliki warna hijau yang berasal dari salah satu bumbunya yaitu cabai hijau. Tekstur Green Curry ini tidak kental seperti layaknya kari pada umumnya namun agak encer. Isi dari Green Curry ini umumnya terdiri dari bakso ikan, daging, ikan serta bahan-bahan lain seperti sayur-sayuran, terung hijau dan juga buah-buahan. Jika kamu ingin mencicipi Green Curry yang lezat maka kamu dapat mencobanya di Blue Elephant yang menyediakan Green Curry spesial dengan isi daging ayam hitam yang tergolong langka. Blue Elephant ini beralamat di 233 South Sathorn Road, Kwaeng Yannawa, Khet Sathorn, Bangkok.

Tod Mun (Fish Cake)

Tod Mun (Fish Cake)

Tod Mun (Fish Cake) via noobcook.com

Tod Mun (Fish Cake) ini terbuat dari daging ikan yang digiling kemudian digoreng hingga berwarna kecoklatan. Umumnya Tod Mun ini dinikmati bersama dengan irisan mentimun dan juga saus cuka. Jika kamu ingin mencoba tod mun yang sedap ini, kamu dapat memebelinya di sudut-sudut jalanan Bangkok dimana banyak penjual Tod Mun.

Khao Tom (Rice Soup)

Khao Tom (Rice Soup)

Khao Tom (Rice Soup) via tastythaifoodrecipes.blogspot.com

Khao Tom (Rice Soup) merupakan hidangan nasi yang dicampur dengan kuah sup ayam, udang, ataupun ikan. Bumbunya terbuat dari jahe dalam jumlah yang cukup banyak dan bermanfaat untuk  mengobati penyakit flu. Jika kamu kurang menyukai makanan yang memiliki bumbu tajam, maka Khao Tom (Rice Soup) ini merupakan pilihan yang cocok bagi kamu.

Tom Yam Kung

Tom Yam Kung

Tom Yam Kung via youtube.com

Tom Yam Kung ini mirip dengan Tom Yum Goong yaitu merupakan sup udang yang memiliki kuah bercita rasa asam, pedas, dan sangat menyegarkan. Makanan ini konon merupakan makanan yang paling populer dan paling diminati di negara Thailand. Menu utama dari Tom Yam Kung ini adalah udang berukuran besar dicampur dengan aroma rempah kuah Tom Yam yang sangat lezat serta sayur-sayuran. Dijamin akan membuat kamu ketagihan begitu kamu mencoba makanan yang satu ini. Jika kamu alergi dengan udang, kamu dapat menggantinya dengan daging ayam. Hidangan khas Thailand yang lezat ini dapat kamu coba di Thanying yang beralamat di Number 10 Thanon Pramuan (off Silom Road), Bangrak, Bangkok.

————-

Nah diatas kita sudah membahas mengenai beberapa hidangan khas Thailand yang sungguh menggugah selera. Sekarang kita akan membahas mengenai beberapa restoran yang dapat kamu jadikan tempat rekomendasi untuk menikmati hidangan dengan nuansa dan suasana yang sungguh nyaman.

Bo Lan Restaurant

Bo Lan Restaurant

Bo Lan Restaurant via thomasdecian.com

Bo Lan Restaurant ini merupakan salah satu restoran terbaik di Bangkok, Thailand yang terletak di 24 Sukhumvit Soi 53 dan buka pada hari Selasa- Minggu untuk makan malam mulai pukul 6 sore hingga 1 dini hari, kemudian pada hari Kamis – Minggu untuk makan siang mulai pukul 12 siang hingga pukul 2.30 sore. Pasangan koki terkenal yaitu Duangporn ‘Bo’ Songvisava dan Dylan Jones merupakan para koki dibalik lezatnya makanan yang dihidangkan di restoran yang satu ini. Salah satu menu andalan yang disajikan adalah Bo Lan Balance yang akan memuaskan dan menggoyang lidah kamu.

Long Table

Long Table

Long Table via selfishandchips.com

Long Table ini terletak di 25th Floor, 48 Column Tower, Sukhumvit Soi 16 dan buka setiap hari mulai dari pukul 5 sore hingga pukul 2 dini hari. Terletak di lantai 35 Column Service Apartments, restoran ini menyuguhkan pemandangan yang luar biasa dan seperti namanya yaitu Long Table, maka restoran ini memiliki meja panjang dengan dekorasi ruangan bernuansa coklat dan memiliki teras outdoor.

Berbagai menu lezat disuguhkan disini yaitu udang tider goreng dengan saus asam manis, Thom Yum Talay dengan salmon, Salad Mangga Hijau, dan lain-lain. Disini kamu dapat menikmati hidangan yang lezat sembari menikmati indahnya pemandangan matahari yang tenggelam di peraduannya.

Saffron At Banyan Tree

Saffron at Banyan Tree

Saffron at Banyan Tree via asiatraveltips.com

Restoran ini terletak di 21/100 South Sathon Road, Bangkok dan dibagi atas dua tingkat di lantai 52 Banyan Tree Hotel dan buka setiap hari mulai pukul 6 sore hingga pukul 11 malam. Disini kamu dapat menikmati hidangan makan malam yang lezat dan romantis sembari menikmati pemandangan indahnya kota Bangkok di malam hari. Dekorasi kuncup bunga teratai, tirai sutera, dan lilin pun semakin menambah keromantisan restoran ini.

Berbagai hidangan dengan kualitas citarasa yang sudah tidak diragukan lagi dapat kamu pilih disini mulai dari makanan pembuka seperti ayam dengan saus kacang pedas, salad bunga pisang, dan lain-lain. Selain itu untuk menu hidangan utama kamu dapat memilih menu andalan yaitu Salom Pla Yum, Tom Yum Udang, Sab Tom, ataupun Short Rib berbumbu asam yang sangat lezat.

Nah bagaimana travel lovers? Tertarik untuk menikmati lezatnya hidangan khas Thailand dan menikmati romantisme makan malam di salah satu restoran di atas? Let’s travel and explore Thailand culinary!

rekomendasi penginapan murah tempat makan enak di thailand wisata kuliner wisata kuliner thailand

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply

    16 + eighteen =