Lezatnya Hidangan Tradisional Italia, Bikin Goyang Lidah Makin Asik

923 views

Italia tidak hanya terkenal dengan berbagai bangunan khas Eropa yang megah dan menawan, namun juga terkenal dengan berbagai hidangan khas yang sungguh menggugah selera para pecinta wisata kuliner. Spaghetti, pizza, tiramisu adalah beberapa hidangan tradisional Italia yang pasti sudah sangat familiar di telinga para pencinta kuliner dan memiliki banyak penggemar. Nah ternyata hidangan tradisional khas Italia tidak hanya itu saja lho, yuk kita simak berbagai macam masakan Italia lainnya yang tidak kalah lezatnya dengan pizza ataupun spaghetti.

Chicken Parmigiana

Chicken Parmigiana

Chicken Parmigiana via bettycrocker.com

Ayam Parmigiana terbuat dari daging ayam yang digoreng garing dan digabung dengan spaghetti dan keju. Ayam Parmigiana ini kurang lebih hampir mirip dengan Chicken Cordon Bleu namun apabila di dalam Chicken Cordon Bleu terdapat keju di dalam ayamnya, pada Ayam Parmigiana ini keju tersebut berada di atas daging ayam yang telah digoreng dan dibumbui dengan saus napolitan yang terbuat dari tomat. Masakan ini merupakan hidangan klasik Italia yang sungguh lezat.

Fettucine Alfredo

Fettucine alfredo

Fettucine alfredo via foodnetwork.com

Fettucine alfredo terbuat dari krim, mentega, lada hitam segar, dan juga keju permesan. Dan dilengkapi dengan saus Alfredo yang merupakan salah satu saus Italia yang sangat populer.

Lasagna

Lasagna

Lasagna via recipeshubs.com

Nah masakan Italia yang satu ini pasti sudah familiar di telinga kamu, bukan? Lasagna merupakan salah satu hidangan klasik Italia dan memiliki citarasa yang lezat. Lasagna dibuat dari tepung terigu kemudian dipanggang dengan oven. Selain itu lasagna juga terbuat dari daging sapi, sayur-sayuran, ayam, daging sapi, mozzarella, keju permesan, dan juga ricotta.

Spaghetti Saus Tomat

Spaghetti saus tomat

Spaghetti saus tomat via vemale.com

Spaghetti merupakan hidangan tradisional Italia yang paling populer dan banyak disajikan di café ataupun restoran. Memasak hidangan ini tidaklah rumit bahkan bisa dibilang sederhana. Sesuai selera, kamu juga dapat menambahkan bakso, sosis, ataupun daging sapi untuk menambah kelezatan spaghetti saus tomat ini.

Pizza Margherita

Pizza Margherita

Pizza Margherita via recipeshubs.com

Pizza juga merupakan hidangan tradisional Italia yang tidak kalah populer dari Spaghetti ataupun Lasagna. Salah satu jenis pizza yang terkenal di Italia adalah Pizza Margherita yang memiliki tekstur khas dan rasa yang lezat. Pizza ini memiliki kombinasi saus dan keju dan digemari oleh banyak orang.

Pasta Carbonara

Pasta carbonara

Pasta carbonara via foodnetwork.com

Pasta Carbonara ini merupakan pasta dengan tekstur krim kental lengkap dengan menggunakan bacon, telur, dan juga anggur putih yang kemudian dicampur dengan rigatoni atau mie spaghetti. Dan citarasa pasta carbonara ini memang sudah terkenal dengan kelezatannya.

Prosciutto

Prosciutto

Prosciutto via italinicious.com.au

Jika kamu penggemar makan daging, maka kamu wajib mencoba masakan Italia yang satu ini karena prosciutto memiliki bahan dasar daging. Campuran pasta ini dililit dengan keju dan daging dan merupakan makanan favorit warga Italia. Makanan ini umumnya menggunakan produk daging babi Italia dari wilayah Emilia-Romagna.

Ravioli

Ravioli

Ravioli via glutenafoods.com

Ravioli ini umumnya dimasak dengan ricotta dan bayam sehingga cocok bagi para penggemar sayur-sayuran ataupun para pecinta masakan vegetarian. Umumnya orang Eropa makan dua hingga tiga ravioli untuk mengenyangkan perut mereka.

Tiramisu

Tiramisu

Tiramisu via heavenlytiramisu.com

Nah siapa sih yang tidak suka kalau makan Tiramisu? Tiramisu merupakan salah satu makanan penutup (dessert) yang sangat terkenal dan memiliki rasa seperti kopi. Tiramisu terbuat dari Savoiardi yang dicampur dengan berbagai bahan seperti kopi, putih telur, kuning telur, gula, bubuk coklat, dan juga keju mascarpone.

Bruschetta

Bruschetta

Bruschetta via taste.com.au

Bruschetta terbuat dari roti yang kemudian dipanggang bersama dengan merica, minyak zaitun (olive oil), bawang putih, dan juga garam. Bruschetta memiliki berbagai topping seperti keju, tomat, sayuran, dan daging ayam. Bruschetta biasanya dihidangkan sebagai makanan pembuka dan bahkan terkadang digunakan juga sebagai cemilan atau snack.

Panna Cotta

Panna Cotta

Panna Cotta via epicurious.com

Panna cotta ini juga merupakan hidangan penutup atau dessert yang populer. Panna cotta terbuat dari bahan-bahan seperti susu, krim, gula yang kemudian dicampur dengan gelatin. Dan juga umumnya dicampur dengan saur cokelat, ceri, karamel, dan buah coulis. Hmmm lezat bukan?!

Tramezzino

Tramezzino

Tramezzino via itramezzinoepoi.it

Tramezzino ini adalah sandwich yang terbuat dari roti lembut yang dipotong dibagian pinggirnya dan umumnya ketika orang Italia memakan Tramezzino ini, mereka juga menyantap hidangan pelengkap Tramezzino ini seperti prosciutto, buah zaitun, tuna, dan beberapa hidangan lainnya.

Tortellini

Tortellini

Tortellini via schwans.com

Tortellini adalah merupakan pasta yang memiliki bentuk seperti cincin dan umumnya disajikan bersama dengan keju dan berbagai daging panggang. Sedangkan kuah kental yang disajikan bersama dengan tortellini ini merupakan kuah yang terbuat dari kaldu daging dengan aroma dan citarasa yang sungguh lezat.

Linguine Alle Vongole

Linguine Alle Vongole

Linguine Alle Vongole via cookdiary.net

Linguine ini merupakan pasta yang mirip dengan Fettucine dan berbentuk datar. Pasta ini lebih lebar dari spaghetti namun lebih kecil dari Fettucine. Umumnya di Italia, Linguine juga disebut dengan trenette ataupun bavette. Linguine Alle Vongole ataupun Linguine dengan Saus Kerang ini merupakan masakan Italia yang sangat terkenal di negaranya. Saus kerang ini dicampurkan dengan bawang putih dan minyak saus kemudian disajikan dengan pasta.

Veal Marsala

Veal Marsala

Veal Marsala via foodnetwork.com

Saus Marsala adalah merupakan saus anggur Italia yang sangat terkenal dengan campuran berupa daun bawang dan juga jamur. Saus ini dimasak dengan daging sapi ataupun daging ayam. Jenis daging sapi yang digunakan untuk masakan saus marsala ini adalah daging sapi sirloin.

Pasta Primavera

Pasta Primavera

Pasta Primavera via foodnetwork.com

Pasta Primavera disukai oleh para pencinta hidangan vegetarian karena masakan ini memang merupakan masakan vegetarian. Pasta primavera ini merupakan kombinasi dari sayuran dan pasta dengan berbagai macam saus yang memiliki warna musim semi sesuai dengan nama Primavera yang memiliki arti musim semi.

Shrimp Va Diavolo

Shrimp Va Diavolo

Shrimp Va Diavolo via americastestkitchen.com

Shrim Va diavolo ini merupakan makanan Italia dengan saus yang pedas dan terbuat dari udang yang dimasak dengan pasta serta saus dengan bawang putih dan merica. Saus pedas yang memiliki warna merah ini terkenal dengan sebutan Diavolo di Italia yang memiliki arti Iblis.

Penne Alla Vodka

Penne Alla Vodka

Penne Alla Vodka via thibeaultstable.com

Penne Alla Vodka merupakan hidangan Italia berupa pasta tang terbuat dengan penne pasta dengan krim kental, bawang, sosis, daging, tomat dan dicampur dengan saud vodka. Saus ini memiliki rasa yang gurih dan terbuat dari campuran krim, kemangi, marinara, dan vodka.

Gelato

Gelato

Gelato via theitalianacademy.com

Gelato merupakan es krim Italia yang sangat populer. Es krim ini terbuat dari buah, nutella, biskuit, dan juga kacang-kacangan serta memiliki tekstur yang lebih padat dibandingkan dengan es krim biasa. Dan Gelato ini dibuat dengan overrun yang sangat rendah sehingga hanya 10% udara yang masuk dari total volume adonan sehingga menyebabkan kepadatan teksturnya melebihi es krim pada umumnya dan menjadikannya memiliki rasa yang lebih lezat juga.

Kopi Italia

Kopi Italia

Kopi Italia via republika.co.id

Salah satu jenis kopi Italia yang sangat terkenal adalah Espresso. Banyak bar di Italia yang menyajikan espresso tradisional Italia, selain itu mereka juga menyajikan cappuccino ataupun kopi hitam untuk dinikmati para pengunjung.

Risotto

Risotto

Risotto via foodnetwork.com

Risotto ini terbuat dari beras dan umumnya disajikan dengan seafood dan juga jamur. Risotto umumnya dimasak sesuai dengan musim yang tengah berlangsung di negara Italia, seperti msialnya jika pada saat musim semi ataupun musim panas maka risotto disajikan dengan berbagai bumbu dan sayuran musim semi seperti asparagus.

Nah bagaimana travel lovers? Apakah kamu tertarik untuk mencoba berbagai macam hidangan khas Italia yang sudah tidak diragukan lagi kelezatannya?

hidangan tradisional italia makanan enak khas italy wisata kuliner wisata kulliner italia

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply

    9 − 4 =