Kuliner Legendaris Di Jakarta Yang Bertahan Hingga Puluhan Tahun

1588 views

Di tengah hiruk pikuk ibukota dan kemacetan yang luar biasa yang seolah sudah menjadi ikon Jakarta. Alangkah nikmatnya bila kamu berhenti sejenak untuk mencoba memanjakan lidah di beberapa tempat makan legendaris di Jakarta yang sudah bertahan hingga puluhan tahun lho! Jakarta memang banyak menyuguhkan berbagai macam kuliner lezat. Tangan-tangan ahli dari tukang masak profesional maupun tukang masak rumahan, seolah berlomba memberikan yang terbaik untuk memanjakan lidah para pelanggannya. Perpaduan bumbu tradisional dan modern seolah bersatu menjadi masakan yang nikmat dan tak terlupakan rasanya.

KETOPRAK CIRAGIL

Ketoprak Ciragil

Ketoprak Ciragil via qraved.com

Ketoprak Ciragil ini berlokasi di Jalan Ciragil II Blok Q No. 24, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dan mulai buka pada jam 9 pagi hingga jam 6 sore. Penjual ketoprak ini sudah berjualan dari 20 tahun yang lalu dan rasa bumbu kacangnya sangat gurih dan enak.

SOTO H. MA’RUF

Soto H. Ma’ruf, Cikini

Soto H. Ma’ruf, Cikini via raja-makan.co.id

Rumah makan Soto Betawi H. Ma’Ruf ini sudah berdiri sejak tahun 1940 di kawasan Taman Ismail Marzuki (TIM) di Jalan Cikini Raya No. 73 Jakarta Pusat dan buka mulai jam 9 pagi sampai jam 10 malam.

Hidangan paling populer di rumah makan ini tentu saja Soto Betawinya yang sudah melegenda. Soto ini menggunakan jerohan dan daging sapi yang digoreng terlebih dahulu hingga garing setelah sebelumnya direndam di kuah soto.

Kamu juga dapat mencoba menu yang lain seperti Laksa Betawi dengan kuah rempah-rempahnya yang lezat ataupun Sate Ayam dengan bumbu kacang yang pas di lidah.

NASI UDUK GONDANGDIA

Nasi Uduk Gondangdia

Nasi Uduk Gondangdia via lifestyle.okezone.com

Nasi uduk Gondangdia ini sudah berdiri dari tahun 1993 dan sangat populer. Terletak di Jalan Cikini IV No.12, Menteng, Jakarta, warung ini memang tidak pernah sepi pelanggan.

Nasi uduknya dimasukkan ke dalam pincuk daun pisang sehingga memberikan aroma khas yang lezat dan menggoda. Dengan nasi yang pulen dengan taburan bawang goreng, kamu dapat menyantapnya dengan lauk ayam, sate telur, jeroan, tahu, dan tempe.

Kamu dapat memilih sambal yang tersedia di masing-masing meja yaitu sambal goreng merah dan sambal kacang dimana dua-duanya memiliki rasa yang cocok dan enak.

NASI GORENG KEBON SIRIH

Nasi Goreng Kebon Sirih

Nasi Goreng Kebon Sirih via manual.co.id

Siapa sih yang tidak tahu kuliner nasi goreng? Kuliner khas Indonesia ini mudah dijumpai di hampir seluruh kawasan namun ada satu tempat makan yang menjajakan nasi goreng yang telah melegenda yaitu Nasi Goreng Kebon Sirih yang terletak di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Nasi Goreng ini telah ada dari tahun 1958 dan tetap memiliki pelanggan setia sampai sekarang. Bumbu nasi gorengnya yang amat gurih dari olahan rempah-rempah dan minyak samin terasa sangat memanjakan lidah.

Nasi Goreng ini awalnya didirikan oleh Haji Nein yang telah almarhum dan usaha ini pun menjadi turun temurun sampai saat ini dan konon sudah merupakan generasi ketiga. Selain menu nasi goreng, kamu juga dapat memilih menu sate kambing, sate hati kambing, ataupun sate ayam.

Jika kamu ingin menikmati gurihnya Nasi Goreng Kebon Sirih ini kamu dapat datang pada jam 5 sore sampai jam 2 pagi. Di akhir pekan nasi goreng ini buka hingga jam 3 pagi.

GADO GADO BONBIN

Gado-gado bonbin

Gado-gado bonbin via wisatakuliner.com

Gado-gado ini telah dijual sejak tahun 1960 oleh Oma Lanny yang meracik sendiri bumbu gado-gadonya.

Warung gado-gado ini dulunya berlokasi di Jalan Bonbin III yang sekarang bernama Jalan Cikini IV No. 5. Kebun binatang cikini sudah diubah menjadi Taman Ismail Marzuki (TIM) pada tahun 1984.

Tampilan warung ini tidak banyak berubah hanya temboknya yang dulu terbuat dari bambu sekarang sudah diubah dari beton. Untuk luas warungnya tetap sama yaitu kurang lebih sekitar 5 x 8 meter.

MIE AYAM GONDANGDIA

Mie ayam gondangdia

Mie ayam gondangdia via qraved.com

Mie ayam legendaris ini terletak di Jalan Cikini IV No.12A, Menteng, Jakarta Pusat dan sudah beroperasi dari tahun 1968.

Tempat makan ini pernah mengalami kebakaran yang kemudian berpindah ke lokasi baru dan tetap tidak menyurutkan keinginan para pelanggannya untuk tetap menikmati semangkuk mie ayam-nya yang memang sudah melegenda di Jakarta. Dengan resep tradisional turun temurun Toe Wah Seng dan Lim Kwi Fong mampu bertahan selama hampir 4 dekade melayani para pelanggan yang menyukai masakan mereka meskipun banyak kedai-kedai mie modern yang bermunculan dan menyaingi.

Semangkuk mie ayam tradisional buatan tangan dipadu dengan potongan daging ayam yang manis dan empuk disiram dengan kuah kaldu yang gurih akan memanjakan lidah kamu. Belum lagi dengan bakso sapi yang gurih dan kenyal serta pangsit rebus yang lembut dijamin akan membuat kamu ketagihan.

ES KRIM BALTIC

Es krim baltic

Es krim baltic via roelly87.com

Toko es krim veteran yang menyediakan aneka es krim tart dan es krim reguler tanpa bahan pengawet ini berlokasi di  Jalan .10 Senen, Jl. Salemba Raya No IV, Kramat, jakarta dan buka mulai jam 9 pagi sampai dengan jam 5 sore.

Es krim jadul ini sudah mulai beroperasi dari tahun 1939 dan produknya yang populer adalah es krim dalam kemasan cup dan stik. Dengan menggunakan susu sapi murni sebagai bahan baku alami membuat es krim ini memiliki tekstur lembut dan tidak cepat lumer.

Es krim ini menyediakan beberapa varian rasa antara lain :

Cup Spesial : Coklat-chip, Mocca-chip, Vanila-oreo, Rum Raisin, Nougat, Strawberry Fruit Mix, Peppermint, Green tea, Blueberry
Cup Reguler : Coklat, Strawberry, Durian, Alpukat, Mocca, Kopyor, Vanila, Orange
Cup Puter : Melon-Durian-Nangka, Coklat-Kopyor-Strawberry

Selain itu, kamu juga dapat memesan mini ice tart, ice tart regular special, dan lain-lain.

Soto tangkar haji diding, kota tua

Soto tangkar haji diding

Soto tangkar haji diding via foody.id

Soto tangkar haji diding memiliki banyak pelanggan yang rela makan berhimpitan bahkan juga rela antre demi mendapatkan tempat duduk. Warung ini buka mulai dari jam 7 pagi sampai dengan jam 5 sore.

Disini kamu dapat memilih menu sate kuah daging atau soto tangkar.

Mungkin kamu penasaran apa sih sate kuah daging itu? Sate kuah daging ini terbuat dari daging sapi bakar yang dicemplungkan ke dalam kuah soto tangkar dengan rajangan daun bawang yang ditabur. Disini pelayan menyajikan pesanan kamu dengan cepat karena mereka tidak pernah berhenti membakar sate.

Soto tangkarnya pun terasa begitu gurih, nikmat dan kental dari santan yang dicampurkan. Penasaran? Yuk buruan coba makanan yang satu ini.

ES KRIM RAGUSA

Es krim ragusa

Es krim ragusa via perutgendut.com

Es krim Ragusa ini terletak di Jalan Veteran 1 No. 10, Gambir, Jakarta Pusat dekat dengan halte bus juanda. Es krim ini memiliki banyak pelanggan terutama bila di hari libur selalu ramai dengan pembeli. Bahkan pembeli rela antre untuk dapat menikmati es krim yang lezat ini. Salah satu keunggulan es krim ini adalah sama sekali tidak menggunakan bahan pengawet.

Kamu dapat menikmati berbagai macam menu yang disediakan seperti spaghetti ice cream, tutti frutti, chocolate sundae, lemon ice, cola float, special mix dan juga banana split. Es krim Ragusa ini tetap mempertahankan interior tempoe doloe yang terkesan kuno. Tidak ada Ac dengan atap yang memungkinkan sirkulasi udara tetap terjaga.

Nah bagaimana, travel lovers? Tertarik untuk mencoba beberapa tempat makan legendaris di ibukota? Dijamin kamu pasti akan ketagihan! Let’s travel and explore Jakarta culinary!

makan enak di jakarta makanan legendaris jakarta rekomendasi tempat makan wisata kuliner

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply

    ten + 15 =