Kuliner Khas Pulau Lombok, Citarasa Pedas Yang Bikin Ketagihan

1247 views

Buat kamu nih yang doyan wisata kuliner, kalau belum pernah ke Pulau Lombok buruan dateng kesana deh. Lombok gak cuma terkenal dengan pantainya yang indah dan menawan, namun juga terkenal dengan kuliner khas Nusa Tenggara Barat yang memiliki citarasa pedas dan membuat ketagihan siapapun yang mencicipinya. Sebut saja Ayam Taliwang, makanan khas Lombok yang terkenal karena kelezatan dan citarasanya yang bakal bikin kamu gak akan lupa dengan sensasi rasa pedasnya.

Apa saja sih kuliner khas Lombok?

Yuk mari kita simak beberapa kuliner khas Lombok!

Ayam Taliwang

Ayam taliwang

Ayam taliwang via resepmasakanindonesia.me

Kuliner khas Lombok yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga kamu dan dapat kamu jumpai dimana saja. Ayam taliwang ini dimasak dengan menggunakan ayam kampung yang umurnya tidak terlalu tua supaya dagingnya tidak alot dan terasa lebih manis. Ayam kampung yang digunakan umumnya berusia tiga atau empat bulan atau yang baru beranjak dewasa.

Ayam taliwang ini dapat dimasak dengan beberapa pilihan yaitu dibakar atau digoreng. Aroma yang khas dan rasa yang lebih sedap dikarenakan proses memasak ayam taliwang ini tidak menggunakan kompor gas melainkan menggunakan kayu bakar seperti kayu kopi atau kayu nangka. Pada saat digoreng, minyak yang digunakan adalah minyak kelapa asli. Sedangkan untuk ayam bakar, ayam dibakar dulu dengan menggunakan api dari sabut kelapa  baru kemudian dibakar dengan menggunakan arang.

Sate Bulayak Suranadi

Sate Bulayak Suranadi

Sate Bulayak Suranadi via lombok.panduanwisata.id

Sate Bulayak ini terbuat dari daging sapi yang sudah dilumuri dengan bumbu khas Lombok. Bumbu ini terbuat dari kacang tanah yang disangrai dan ditumbuk, kemudian direbus dengan menggunakan santan. Setelah itu dicampur dengan berbagai bumbu lain seperti bawang, jintan, cabai, dan ketumbar. Setelah sate dilumuri dengan bumbu ini, sate kemudian dibakar diatas arang batok kelapa. Setelah matang, sate kemudian dikucuri air jeruk nipis dan diberi sambal. Rasa sate ini sangat gurih dan pedas seperti layaknya makanan khas Lombok lainnya.

Sate ini disajikan dengan Bulayak yaitu sejenis lontong yang dibungkus daun aren atau daun enau dengan bentuk spiral. Daun aren inilah yang menjadikan aroma dan rasa Bulayak menjadi lebih sedap konon dari lontong ataupun ketupat.

Kalau kamu ingin mencoba Sate Bulayak, kini sudah mudah ditemukan di beberapa obyek wisata sepert di Taman Suranadi, Pantai Senggigi, Jalan Udayana, Pura Lingsar, dan lain-lain.

Sate Rembiga

Sate Rembiga

Sate Rembiga via briliantipujiastuti.com

Sate ini terbuat dari daging sapi dan memiliki rasa yang gurih, pedas, manis dan tentunya lezat. Kamu dapat menikmati sate rembiga ini di Warung Rembiga yang telah berdiri sejak 25 tahun yang lalu di Jalan Dakota no. 2 Rembiga Mataram.

Sate ini dibuat dari daging sapi yang dipotong kecil-kecil dengan diberi bumbu cabe rawit, terasi, garam, gula, dan bawang putih dan direndam selama lebih kurang 3 jam supaya lebih meresap.

Nasi Balap Puyung Cap Inaq Esun

Nasi Balap Puyung Cap Inaq Esun

Nasi Balap Puyung Cap Inaq Esun via cahyacaihonk.blogspot.com

Nasi balap puyung ini terdiri dari nasi yang berisi suwiran daging ayam yang sudah dibumbu dengan cabai, kacang kedelai, taburan udang kering, abon, dan juga belut goreng.

Nasib Balap Putung Cap Inaq Esun ini sudah sangat terkenal di Lombok dan berlokasi di Desa Puyung, Lombok Tengah. Usaha nasi balap ini sudah dimulai sejak tahun 1970-an dan sudah memiliki cabang di Plaza Senggigi, Lombok Barat, dan Jalan Sriwijaya Mataram.

Sate Tanjung

Sate Tanjung

Sate Tanjung via telurusindonesia.com

Sate Tanjung ini terbuat dari ikan cakalang atau ikan langoan. Terkadang juga menggunakan ikan marlin bila ikan cakalang atau ikan langoan tengah susah untuk dijumpai. Pertama-tama sisik ikan dibersihkan terlebih dahulu, termasuk tulang, dan duri ikan. Kemudian ikan diiris kecil-kecil lalu diberi bumbu yang terbuat dari cabai kecil, jahe, kunyit, lengkuas, garam, kemiri, dan cuka. Setelah itu ditambahkan santan kelapa yang kental lalu diaduk hingga menjadi tepung. Sate tanjung ini kemudian dibakar diatas bara api batok kelapa kemudian diberi perasan daun jeruk nipis.

Kelezatan dan kegurihan sate ini memang sudah tidak diragukan lagi, terutama bila dinikmati pada saat masih panas beserta nasi ataupun lontonng. Kamu dapat menjumpai para penjual sate ini di pinggir jalan sekitar Terminal Tanjung ataupun Pasar Tanjung.

Ares Masakan Khas Lombok

Ares

Ares via hiburan.dbagus.com

Ares merupakan sayuran khas Lombok dan merupakan makanan tradisional Suku Sasak yang dibuat dari pelepah (gedebok) pisang yang masih muda. Hidangan ini memiliki rasa manis dan gurih. Bumbu yang digunakan adalah ketumbar, jintan, lengkuas, kunyit, kemiri, bawang putih, bawang merah, dan jahe. Semua bumbu tersebut dimasak dengan pelepah pisang yang sudah dipotong-potong.

Ares ini biasanya disajikan dalam upacara pernikahan karena penduduk setempat berpendapat bahwa sebuah pesta pernikahan tidak akan lengkap tanpa ada masakan Aris.

Masakan ini memiliki latar belakang yang cukup unik. Pada Jaman dahulu, hiduplah seorang yang bernama “Tuaq Ares” di dalam sebuah desa yang sedang kekeringan dan keterbatasan bahan pangan. Tuaq Ares duduk termenung melihat sapi-sapi yang lahap memakan batang pohon yang telah di potong kecil-kecil. Terlintas sebuah pertanyaan dalam benak Tuaq Ares, mengapa sapi-sapi tersebut sangat lahap memakan batang-batang pohon pisang yang telah di kelupas kulitnya. Tuaq Ares pun memiliki sebuah ide untuk mencoba mengolah sebuah batang pohon pisang menjadi makan sehari-hari.

Setelah lama mencoba untuk menciptakan makanan baru tersebut, akhirnya Tuaq Ares membuatkan bumbu-bumbu untuk olahan makanan barunya. Setelah semuanya di siapkan, Tuaq Ares kini tinggal mencampur semua racikannya untuk di masak. Lalu, setelah menunggu beberapa lama masakan Tuaq Ares pun telah matang dan Tuaq Ares siap untuk mencicipinya. Setelah di cicipi, Tuaq Ares belum berhasil untuk mengolah batang-batang pohon pisang tersebut menjadi makanan yang lezat. Tak sampai disini, Tuaq Ares terus mencoba sampai pada akhirnya dia berhasil mengolah semua bahan-bahan tersebut menjadi makanan yang sangat lezat. Setelah berhasil, Tuaq Ares memanggil seluruh penduduk desa untuk mencicipi makanan baru yang telah ia temukan. Ternyata penduduk desa menyukai makanan tersebut dan setuju menamakan makanan tersebut sesuai nama “Tuaq Ares” yaitu dengan nama “Ares”. (seperti yang dilansir oleh imrontraveling.blogspot.co.id)

Beberok Terong

Beberok terong

Beberok terong via youtube.com

Beberok terong ini menggunakan terong gelantik karena teksturnyya yang renyah dan tidak getir. Terong ini dipotong ukuran dadu dan juga dicampur dengan tomat dan bumbu halus yang terbuat dari cabe merah keriting, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, kencur, terasi bakar,  dan minyak goreng. Setelah itu bumbu ini disiram diatas sayuran dan diberi perasan jeruk limau sesuai selera.

Ikan Bakar Pantai Nipah

Ikan bakar pantai nipah

Ikan bakar pantai nipah via tripadvisor.co.id

Menikmati keindahan pantai berpasir putih di pesisir barat Lombok dengan menyantap ikan bakar yang lezat kedengarannya asik bukan? Di pantai Nipah kamu dapat mencicipi hidangan ikan bakar khas Lombok yang banyak dijual di sana.

Ikan bakar ini dibumbui dengan kecap dan  berbagai rempah pada saat dibakar dengan menggunakan sabut kelapa kering. Kamu dapat memilih berbagai jenis ikan seperti ikan kakap merah, ikan kakap putih atau ikan bawal. Tidak ketinggalan lalapan yang pedas dan segar seperti plecing kangkung, terong penyet, mentimun, dan lain-lain menemani santapan kamu.

Nasi Sukaraja

Nasi campur sukaraja

Nasi campur sukaraja via alfianwidi.com

Nasi campur sukaraja ini memiliki banyak penggemar. Nasi dengan tempe, ayam goreng, sate usus, perkedel kentang, telur, sambal dan olah-olah. Apa itu olah-olah? Olah-olah terbuat dari sayuran dan bumbu dengan sedikit santal kental.

Nah bagaimana, travel lovers? Tertarik untuk mencoba berbagai kuliner khas Lombok yang lezat ini? Yang kurang suka dengan makanan pedas harap hati-hati ya, karena hampir semua makanan khas lombok memiliki citarasa pedas yang luar biasa. Let’s travel and explore Lombok culinary!

makanan khas lombok sensasi pedas kuliner lombok wisata kuliner lombok

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply

    four + ten =