Berburu Kelezatan Kuliner Khas Pulau Dewata, Bali, Maknyuss

1683 views

Kelezatan kuliner khas Bali memang tidak perlu di ragukan lagi, nikmatnya bisa bikin kita melayang seperti sedang berada di Surga, hahaha. Bali memang merupakan sebuah pulau yang sangat menarik, indah, dan memiliki banyak tempat wisata, sehingga tak jarang orang menyebutnya dengan surga dunia bagi para wisatawan asing. Tidak hanya terkenal dengan keindahan alam pantainya yang sungguh mempesona, Pulau Dewata memiliki banyak kuliner lezat yang wajib untuk kamu coba ketika kamu sedang berada di sana. Bumbu khas bali yang begitu unik dengan aroma yang begitu menggoda, membuat kesan tersendiri yang bakal bikin kamu merasa berada di alam surga.

Penasaran? Yuk kita simak apa saja wisata kuliner khas Bali yang siap untuk menggoyang lidah kamu.

Bebek Bengil

Bebek Bengil

Bebek Bengil via bali-indonesia.com

Kuliner lezat ini berlokasi di Jalan Hanoman, Padang Tegal, Ubud, Bali. Menu andalan di rumah makan ini adalah bebek krispy yang sangat gurih dan tidak amis.

Ayam Bakar Bumbu Kuning Cak Iwan

Ayam Bakar Bumbu Kuning Cak Iwan

Ayam Bakar Bumbu Kuning Cak Iwan via ceritajajan.wordpress.com

Tempat wisata kuliner ini terletak di Jalan Raya Puputan Renon, Denpasar, Bali. Ayam goreng dengan bumbu kuning ini memiliki aroma khas dan kelezatan yang sudah tidak diragukan lagi.

Blayag Raja

Blayag Raja

Blayag Raja via flickr.com

Mungkin kamu jarang mendengar kuliner yang satu ini karena memang saat ini sudah agak langka untuk ditemui. Nasi blayag merupakan makanan khas Bali dari Buleleng. Nasi yang lezat ini terbuat dari ketupat, sayuran dan lebih nikmat lagi bila ditambah dengan kacang komak.

Lontong Jukut Serapah

Lontong Jukut Serapah

Lontong Jukut Serapah via kabardewata.com

Lontong Jukut Serapah ini memiliki bentuk segitiga dengan ukuran yang lumayan besar. Lontong dipotong kecil-kecil dan disajikan dengan aneka sayuran rebus seperti nangka, papaya, daun singkong dan jantung pisang. Kuahnya terbuat dari hasil sampingan minyak kelapa dan santan kelapa yang direbus.

Ayam/Bebek Betutu

Ayam/Bebek Betutu

Ayam/Bebek Betutu via resephariini.com

Masakan yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga kamu. Ayam atau bebek betutu memang merupakan makanan khas Bali yang amat popular. Ayam atau bebek ini diisikan berbagai macam bumbu pada bagian perut kemudian dipanggang. Kelezatan dan kegurihannya akan membuat kamu ketagihan. Salah satu tempat makan ayam/betutu yang terkenal di Bali adalah Ayam Betutu Men Tempeh di Gilimanuk.

Lawar Kuwir Khas Bali

Lawar Kuwir Khas Bali

Lawar Kuwir Khas Bali via gambarwisata.com

Makanan khas bali ini terbuat dari campuran daging cincang dan sayur-sayuran yang diramu khusus dengan menggunakan bumbu khas Bali. Kuliner ini biasanya dinikmati dengan nasi putih, sate lilit, kacang tanah, suwiran ayam betutu dan sayur batang pisang. Untuk daging yang digunakan pada makanan ini bagi kamu yang Muslim, perhatikan terlebih dahulu karena sebagian penjual umumnya menggunakan campuran daging babi. Kamu dapat memilih bebek entog sebagai alternatif.

Nasi Campur Ayam Bali

Nasi Campur Ayam Bali

Nasi Campur Ayam Bali via dunia-wisata.net

Nasi campur ayam ini juga merupakah salah satu kuliner Bali yang populer. Perpaduan sate lilit, suwiran ayam sisit bumbu basah genep bali, sayur urap dan lawar ayam yang dicampur menjadi satu dengan nasi hangat menambah kenikmatan masakan satu ini.

Nasi Jinggo Bali

Nasi Jinggo Bali

Nasi Jinggo Bali via ibalitour.com

Nasi Jinggo ini mudah ditemukan di hampir seluruh pinggir jalan di Bali.. Perpaduan rasa yang sedap, pedas dan harga yang murah menjadikan nasi jinggo salah satu kuliner favorit di Bali.

Penyajian nasi jinggo menggunakan daun pisang. Seporsi nasi ini dipadukan dengan daging ayam suwir, mie goreng, dan tempe goreng.  Bagi kamu yang menggemari makanan pedas, kamu patut mencoba kuliner yang satu ini, terutama dengan harganya yang amat terjangkau di kantong.

Tum Ayam Khas Bali

Tum Ayam Khas Bali

Tum Ayam Khas Bali via sajiansedap.com

Tum Ayam ini dapat dikatakan hampir mirip dengan Pepes. Bahan-bahan dicincang kemudian dibungkus dengan menggunakan daun pisang dan selanjutnya dikukus sampai matang. Meskipun cara memasak mirip dengan pepes yang merupakan masakan jawa, yang membedakan adalah bumbunya. Bumbu Tum Ayam ini terbuat dari campuran santan yang dipadukan dengan aneka rempah seperti lengkuas, jahe, kencur, dan lain-lain.

Rujak Bulung Khas Bali

Rujak Bulung Khas Bali

Rujak Bulung Khas Bali via balisoulmate.com

Rujak yang satu ini memang beda dengan rujak pada umumnya. Kenapa? Karena rujak khas bali ini terbuat dari rumput laut. Untuk membuat rujak bulung ini, jenis rumput laut yang dipakai adalah rumput laut boni. Tambahan parutan kelapa yang dibakar terlebih dahulu kemudian diberi parutan lengkuas dan bumbu yang sedap membuat rujak yang satu ini layak untuk kamu coba.

Tipat Cantok Khas Bali

Tipat Cantok Khas Bali

Tipat Cantok Khas Bali via water-sport-bali.com

Tipat artinya adalah ketupat, sementara cantok memiliki arti dihaluskan (diuleg). Makanan khas bali ini memiliki perpaduan isi kacang panjang, kangkung, dan tauge yang disiram dengan bumbu kacang.

Bubur Mengguh Khas Bali

Bubur Mengguh Khas Bali

Bubur Mengguh Khas Bali via sashylittlekitchen.com

Bubur mengguh ini terbuat dari beras dan santan yang disajikan dengan ayam suir yang telah dibumbui kemudian disiran dengan kuah ayam yang kental. Bukan hanya itu, bubur ini pun dilengkapi juga dengan urap sayur yang disajikan secara terpisah. Kegurihan dan kelezatan bubur ini menjadikan kuliner satu ini wajib untuk kamu coba.

Komoh Khas Bali

Komoh Khas Bali

Komoh Khas Bali via tempatwisataseru.com

Komoh adalah makanan sejenis sup yang diisi dengan aneka daging ayam, daging itik, daging penyu, daging entog dan daging babi. Dengan perpaduan aneka bumbu yang diracik dengan pas menjadikan makanan ini memiliki citarasa yang khas dan tidak diragukan lagi kelezatannya.

Rujak Kuah Pindang Khas Bali

Rujak Kuah Pindang Khas Bali

Rujak Kuah Pindang Khas Bali via dotnutur.com

Kuliner dapat dijumpai di banyak warung kecil di pinggir jalan. Rujak ini terdiri dari irisan mangga dan dicampur dengan kuah pindang dan memiliki rasa yang pedas. Kamu juga dapat menambah atau mengganti isi rujak ini dengan buah ataupun rumput laut sesuai dengan selera.

Serombotan

Serombotan

Serombotan via baliupdateinformation.wordpress.com

Serombotan merupakan kuliner khas Bali yang berasal dari Klungkung. Serombotan ini merupakan urap khas pulau dewata yang terbuat dari campuran aneka sayuran seperti bayam, kangkung, kacang panjang, terong bulat, tauge, pare, dan buncis.  Bumbu santannya terbuat dari campuran lengkuas, bawang merah, kencur, ketumbar, dan lain-lain yang dipadukan dengan bumbu pedas dan juga bumbu kacang.

Nasi Tepeng Khas Bali

Nasi Tepeng Khas Bali

Nasi Tepeng Khas Bali via 1000warnaindonesia.blogspot.com

Nasi tepeng ini merupakan makanan khas Bali dari Gianyar dan disajikan cukup lembek dengan racikan aneka bumbu rempah yang disiram diatas nasi tersebut. Perpaduan nasi tepeng dengan aneka sayur seperti daun kelor, kelapa parut, kacang merah, nangka muda, terong, dan kacang panjang dengan telur dan suwiran ayam goreng, dan tidak ketinggalan pula penyajian yang masih tradisional dengan menggunakan alas daun pisang menjadikan kuliner yang satu ini memang sungguh sedap dan memiliki cita rasa yang khas. Dan juga rasa pedas dari racikan aneka bumbu rempah yang melengkapi nasi tepeng ini memang memberikan sensasi tersendiri bagi para penggemar masakan pedas.

Nah, bagaimana travel lovers? Jangan lupa untuk mengajak teman, kerabat ataupun keluarga kamu untuk menikmati berbagai sajian kuliner menarik khas Bali diatas ketika kamu berlibur di Pulau Dewata yang mempesona, oke?! Let’s travel and explore Bali Culinary!

kuliner khas bali makanan enak di bali makanan khas pulau dewata wisata kuliner wisata kuliner bali

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply

    12 − three =