Kelezatan Kuliner Khas Manado Ini Wajib Dicoba Untuk Para Pecinta Wisata Kuliner

1718 views

Selain memiliki wisata alam yang indah dan menakjubkan, kota Manado juga terkenal dengan berbagai hidangan khas Manado yang sangat lezat dan diburu oleh para pecinta kuliner. Sebut saja mulai dari Cakalang Fufu, Sambal Roa, Ikan Woku Belanga yang memiliki bumbu khas dan citarasa yang sangat menggugah selera. Yuk kita simak berbagai hidangan kuliner Manado yang pastinya akan membuat kamu ingin mencobanya.

Warung Nasi Kuning Saroja

Warung nasi kuning saroja

Warung nasi kuning saroja via telusurindonesia.com

Warung nasi kuning saroja yang melegenda ini terletak di Jalan Diponegoro, Manado dan menyajikan nasi kuning dengan abon cakalang, semur daging, keripik ubi, dan sambal goreng. Nasi kuning ini memiliki banyak penggemar dan memiliki rasa yang sangat sedap.

Es Miangas

Es miangas

Es miangas via manadobaswara.com

Es Miangas ini adalah sebuah warung yang menjual es brenebon dan es kacang merah di sekitar jembatan Miangas, Manado. Kenapa disebut es miangas? Karena lokasinya yang terletak dekat dengan Jembatan Miangas.

Soto Rusuk Ba Ko Petrus

Soto rusuk ba ko petrus

Soto rusuk ba ko petrus via burpple.com

Salah satu soto rusuk yang sangat terkenal di Kota Manado adalah Soto Rusuk Ba Koh Petrus yang terletak di Jalan Laksda John Lie di kawasan kafe Pantai Mega Mas. Dengan kuah yang sangat gurih dan daging rusuk babi yang sangat empuk menjadikan soto ini memiliki tempat tersendiri di hati para pecinta kuliner masakan Indonesia.

Angel Fish Restoran

Angel fish resto

Angel fish resto via tripadvisor.com

Restoran Angel Fish ini terletak di daerah Boulevard yang merupakan pusat kuliner seafood di Kota Manado. Menu andalan restoran inia dalah ikan tude bakar ataupun ikan oci. Kelezatan ikan bakar Angel Fish ini sudah populer dan memiliki banyak penggemar bukan hanya dari masyarakat setempat tetapi juga para wisatawan yang berkunjung ke kota Manado. Menunya memang terlihat sederhana namun kegurihan ikan bakar yang disajikan dengan irisan cabai, bawang merah, air jeruk nipis dan garam ini sangat menggugah selera siapapun yang menyantapnya.

RM Pondok Maengket Teterusan

RM pondok maengket teterusan

RM pondok maengket teterusan via carloregitaict.blogspot.com

Rumah Makan Pondok Maengket Teterusan ini terletak di Jalan Terusan Mapanget dan menyajikan berbagai hidangan khas Manado seperti cah kangkung, dabu-dabu, ikan mujair bakar, ikan mujair woku belanga, ikan mujair goreng, dan ikan mujair bakar rica. Ikan mujair bakar memiliki bumbu yang sangat khas dan citarasa yang sangat lezat. Begitu juga dengan Ikan Mujair Woku Belanga yang juga memiliki rasa khas dengan bumbu rempah yang sangat sedap.

Wakeke

Wakeke

Wakeke via jalan2.com

Wakeke adalah salah satu tempat wisata kuliner yang terkenal di kota Manado dan terletak di Jalan Wakeke No. 1, Manado. Salah satu menu andalan disini adalah Tinutuan yang merupakan hidangan khas Manado yang terbuat dari beras yang diolah menjadi bubur kemudian dicampur dengan labu merah dan singkong. Umumnya Tinutuan ini dihidangkan dengan hidangan pelengkap cakalang fufu yaitu potongan ikan cakalang yang telah diasap kemudian ada pula dabu-dabu roa yaitu sambal khas Manado yang terbuat dari ikan roa, dan juga Perkedel Nike yang terbuat dari ikan nike.

Ananas

Ananas Café

Ananas Café via tripadvisor.com

Kafé Ananas ini terletak di Jalan BW Lapian 39, Kota Manado dan menyajikan beberapa makanan khas tradisional Manado yang sangat terkenal seperti Klappertaart, Panada, Lalampa, Cucur, Sambal Bakasang dan berbagai hidangan lainnya. Harga yang dibandrol di tempat ini mulai dari Rp 3.000,- hingga Rp 5.000,-. Sangat terjangkau bukan?!

Kios Pelangi

Kios Pelangi

Kios Pelangi via tripadvisor.com

Kios Pelangi ini merupakan sebuah tempat makan yang menjual berbagai makanan dengan harga yang sangat terjangkau mulai dari Rp 3.000,- sampai dengan Rp 17.000,-. Kios ini terlatak di Jalan Dr Sam Ratulangi, Kota Manado. Disini kamu dapat menikmati hidangan seperti Mie Cakalang Kuah, Mie Goreng Cakalang Pedas, Mie Ayam, Banana Fritters, Nasi Kuning, dan berbagai menu lezat lainnya.

Arafah

Tempat kuliner Manado bernama Arafah ini terletak di Jalan Babe Palar, Tomohon Tengah, Tomohon, Manado dan merupakan salah satu tempat kuliner yang sangat populer. Berbagai macam masakan dapat kamu nikmati disini seperti Soto Ayam, Lalapan, Gorengan, Aneka Sayur, Ikan Cakalang Fufu, Dabu-dabu, dan juga aneka jenis kue yang lezat dan nikmat. Harga yang dibandrol di tempat kuliner ini adalah berkisar mulai Rp 12.000,- hingga Rp 15.000,-

Wisata Bahari Seafood Restaurant

Wisata Bahari Seafood Restaurant Manado

Wisata Bahari Seafood Restaurant Manado via tripadvisor.com

Wisata Bahari Seafood Restaurant ini terletak di Jalan Wolter Monginsidi 1 Bahu Mall Complex, Kota Manado dan menyuguhkan berbagai macam hidangan seafood. Disini kamu dapat menikmati Salad Goropa yang terbuat dari Ikan Goropa yang merupakan salah satu menu andalan restoran ini. Kamu juga dapat memesan hidangan seperti sayur pakis, aneka olahan Udang Goropa Bakar Rica, Bobara, dan lain-lain. Harga yang dibandrol di tempat makan ini adalah berkisar mulai Rp 30.000,- hingga Rp 75.000,-.

Dego Dego

Dego dego café

Dego dego café via cumilebay.com

Dego Dego merupakan tempat makan yang terletak di Jalan Wakeke No. 11, Kota Manado dan memiliki salah satu menu andalan yaitu Tinutuan. Kamu juga dapat menikmati hidangan lainnya seperti Mie Cakalang dan juga Perkedel Nike. Tinutuan yang disajikan di Dego Dego ini berbeda dengan Tinutuan yang disajikan di tempat kuliner lainnya. Tinutuan ini disajikan dengan cara sayur dengan bubut dimasak terpisah sehingga sayur akan tetap terasa fresh ketika dinikmati. Hidangan pelengkap lain untuk menambah kelezatan Tinutuan ini adalah sambal bakasang dan juga sambal roa yang sudah tidak diragukan lagi kenikmatan rasanya.

Kios Tanta Marta

Kios Tanta Marta

Kios Tanta Marta via intiwhiz.com

Kios Tanta Marta ini terletak di Jalan Tikala Ares No. 71, Kota Manado dan menyajikan hidangan seperti Dego Dego yaitu bubur Tinutuan. Harga yang ditawarkan tempat kuliner ini pun tergolong sangat murah yaitu mulai dari Rp. 5.000 dan kamu sudah dapat menikmati hidangan yang lezat. Kios Tanta Marta ini telah berdiri sejak tahun 1962 dan telah memiliki banyak penggemar hingga sekarang. Ciri khas dari Kios Tanta Marta ini adalah adanya sayur rebung yang khas yang membedakannya dengan sajian di tempat kuliner lainnya.

Mi Ayam Mas Topan

Mie ayam mas topan

Mie ayam mas topan via hargapromoid.wordpress.com

Mie Ayam Mas Topan ini memiliki rasa yang khas dan terletak di Jalan Sam Ratulangi, Kota Manado. Selain mie ayamnya yang dijadikan menu andalan, kamu juga dapat menikmati hidangan lainnya seperti ayam bakar, ayam lalapan, bakwan malang, tahu telur, ketoprak dan berbagai jenis hidangan lainnya yang menggugah selera. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp 8.000,-

Gembira

Rumah Kopi Gembira

Rumah Kopi Gembira via tripadvisor.co.id

Gembira adalah merupakan tempat wisata kuliner yang terletak di Jalan Raua Kwangkoan, Sendangan Lingkungan 6, Kota Manado. Disini kamu dapat menikmati berbagai makanan ringan seperti roti bakar dan juga biapong temo yang terdiri dari 2 jenis yaitu biapong isi kacang hijau dan biapong isi daging babi. Kamu juga dapat menikmati kopi hitam ataupun kopi susu khas buatan Gembira ini. Harga yang dibanderol di tempat kuliner ini juga sangat murah yaitu mulai dari Rp 5.000,-.

Nah bagaimana travel lovers? Selain memiliki wisata alam yang sangat indah, Kota Manado juga terkenal memiliki berbagai hidangan kuliner yang lezat bukan? Let’s travel and explore Manado culinary!

rekomendasi tempat makan enak tempat makan enak di manado wisata kuliner

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply

    11 + nineteen =