Italy, Historikal Dan Romantisme Liburan Yang Akan Membuatmu Terpukau

840 views

Negara Italia memiliki banyak bangunan bersejarah dengan arsitektur yang megah dan menakjubkan. Banyak para wisatawan memilih negara ini sebagai salah satu tujuan wisata mereka. Berbagai tempat wisata di Italia mampu memberikan kesan romantis, sehingga banyak pasangan pengantin baru yang datang untuk melakukan bulan madu. Tak hanya itu, banyak pelajar dari berbagai negara yang datang untuk mempelajari sejarah dan arsitektur seni bangunan khas Eropa sembari menikmati keindahan kota-kota di Italia yang begitu mempesona. Berikut ini beberapa tempat wisata di Italia yang dapat kamu jadikan rekomendasi untuk tujuan berlibur kamu.

Colosseum

Colosseum

Colosseum via freshtraveldestinations.com

Colosseum merupakan salah satu bangunan yang amat bersejarah di Italia dan terletak di Roma, Ibukota Italia. Colosseum ini dibangun pada sekitar tahun 72 hingga 80 masehi oleh Kaisar Vespasian, pendiri Dinasti Flavianus. Colosseum memiliki ukuran ketinggian kurang lebih 48 meter dengan ukutan 88 meter x 156 meter. Dengan bentuk layaknya stadion sepakbola, konon Colosseum dapat menampung hingga sekitar kurang lebih 55.000 orang dengan 80 pintu masuk.

Colosseum merupakan salah satu obyek wisata di Italia yang selalu menarik minat para wisatawan dan buka setiap hari pada pukul 8.30 pagi hingga tutup satu jam sebelum matahari terbenam.

Piazza Navona

Piazza Navona

Piazza Navona via reidsitaly.com

Piazza Navona  adalah sebuah alun-alun yang indah yang terletak di pusat kota Roma di sebelah barat Pantheon. Alun-alun ini ramai digunakan sebagai tempat bersantai untuk menikmati pemandangan sekitar pada saat sore hari baik oleh masyarakat setempat ataupun oleh para wisatawan dari mancanegara. Berbagai deretan gedung-gedung megah dengan arsitektur khas Eropa yang indah semakin menambah keindahan pemandangan di sisi kiri dan kanan Piazza Navona ini.

Di Piazza Navona ini terdapat tiga macam air mancur yaitu Fontana del Moro dimana di air mancur ini terdapat empat Tritons (sebutan bagi dewa laut yang memiliki bagian tubuh bawah seperti lumba-lumba), Fountain of the Four Riversyang dimana di bagian puncak terdapat patung Obelisk of Domitian, kemudian ada air mancur Fountain of Neptune. Di sekitar ketiga air mancur tersebut disediakan tempat untuk duduk bagi para masyarakat lokal ataupun wisatawan mancanegara yang ingin menikmati pemandangan ketiga air mancur tersebut dari jarak dekat. Di belakang Piazza Navona ini juga terdapat gereja raksasa yang bernama Baroque Sant’Agnese di Agone.

Trevi Fountain

Trevi Fountain

Trevi Fountain via travelioo.com

Trevi Fountain merupakan air mancur terbesar dan paling terkenal di seluruh dunia. Air mancur yang dibangun pada tahun 1732 dan didesain oleh Nicola Salvi ini memiliki ketinggian kurang lebih 26,3 meter dan lebar 49,5 meter. Trevi Fountain dengan gaya Baroque Style ini dihiasi oleh banyak patung yang menceritakan mengenai Taming of The Waters atau yang berarti Seseorang yang menjinakkan air.

Di tengah Trevi Fountain terdapat patung yang menggambarkan Neptunus atau Poseidon yang juga disebut dengan Dewa Laut tengah menaiki kereta tempur yang tengah ditarik oleh dua ekor monster laut yang memiliki bentuk berupa kuda. Kemudi dari kereta tempur tersebut dipegang oleh Dewa berekor lumba-lumba yaitu Triston. Berbagai macam ekspresi Nampak dari sederetan kuda-kuda yang menarik kereta tempur itu mulai dari ekspresi tenang hingga ekspresi gelisah. Hal tersebut konon mengambarkan kondisi air laut yang dapat berubah-ubah. Di sisi kiri patung Dewa Laut terdapat juga adanya relief Abudance (lambang kemakmuran) tengah menuangkan air dari dalam sebuah kendi. Dan di sisi kanan terdapat Salubrity (lambang kesehatan) tengah memegang air yang diminum oleh seekor ular. Semua hal tersebut konon menceritakan mengenai kisah pembangunan saluran air Aqua Virgo bersama dengan Agrippa yang merupakan salah satu pembangunnya.

Trevi Fountain ini juga memiliki mitos yang terkenal di seluruh dunia. Konon jika seseorang melempar koin dengan posisi membelakangi sisi air mancur ke dalam kolam, maka diyakini suatu saat nanti akan dapat berkunjung kembali kesini. Hal ini menyebabkan banyak para wisatawan yang melemparkan koin ke air mancur ini. Oleh pemerintah setempat koin-koin tersebut dikumpulkan dan disumbangkan sebagai subsidi kepada para warga miskin yang membutuhkan.

Pantheon

Pantheon

Pantheon via greecemedtravel.com.au

Pantheon adalah merupakan sebuah kuil peninggalan kekaisaran Romawi yang dirancang pada sekitar tahun 27 SM dan selesai dibangun pada tahun 126 M ketika Kaisar Hadrianus berkuasa. Pada masa sekarang ini Pantheon telah beralih fungsi menjadi Gereja Katolik Roma. Bangunan ini terletak berdekatan dengan Piazza Navona, lebih tepatnya terletak di tepi Piazza Della Rotonda atau alun-alun pusat kota Roma. Dengan tiang-tiang yang tinggi pada bagian terasnya, bangunan ini Nampak berdiri megah dan kokoh dan juga konon menjadi inspirasi akan pembangunan berbagai bangunan lainnya seperti universitas, tempat pemerintahan, dan lain sebagainya.

Awalnya memang Pantheon ini dirancang sebagai kuil untuk melakukan pemujaan atau penyembahan kepada dewa-dewa Romawi, namun ketika terjadi peristiwa kebakaran pada tahun 80 M dan hanya tersisa bangunan tiang bagian teras depan maka Kaisar Hadrianus yang pada waktu itu berkuasa pun merombak dan memperbaiki bangunan tersebut dengan menambahkan bagian berbentuk lingkaran atau Rotunda pada bagian dalam Pantheon. Kemudian mulai tahun 609 M, Pantheon pun dialihfungsikan menjadi gereja dan juga dijadikan sebagai tempat untuk memakamkan para pahlawan nasional Italia.

Basilica Di Santa Maria Maggiore

Basilica Di Santa Maria Maggiore

Basilica Di Santa Maria Maggiore via goitaly.about.com

Basilica di santa maria maggiore merupakan salah satu bangunan sejarah yang megah dan indah di kota Bergamo dan menyimpan banyak kisah sejarah. Banyak wisatawan berkunjung ke tempat ini untuk menambah wawasan dan pengetahuan sejarah mereka. Banyak juga peneliti yang melakukan penelitian mengenai tempat bersejarah yang merupakan peninggalan sejarah di masa yang lampau.

Venice

Venice

Venice via jokowarino.id

Venice adalah sebuah kota yang sangat indah di Italia. Kota ini terletak di timur laut Italia dan sepenuhnya dibangun di atas air. Bukan hanya terkenal karena keindahannya saja, namun kota ini pun juga dikenal sebagai kota yang sangat romantis dan umumnya dijadikan tujuan bulan madu bagi para pasangan.

Kota ini juga dikenal sebagai The city of water dan memiliki banyak jembatan yang sangat cantik dan memukau. Venice memiliki ratusan jembatan, namun ada lima jembatan yang sangat populer di kalangan para wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Apa sajakah jembatan itu?

  • Ponte degli Scalzi yang merupakan jembatan penghubung antara wilayah Sestier Santa Croce dan Cannaregio. Jembatan ini terletak di depan stasiun kereta utama Kota Venesia.
  • Ponte Tron (Ponte de la Piavola). Jembatan ini memiliki bentuk yang kecil dan disebut juga sebagai jembatan boneka (la piavola).
  • Ponte di Rialto. Jembatan ini merupakan jembatan yang tertua di Grand Canal dan memiliki panjang kurang lebih sekitar 48 meter dengan 12.000 tiang kayu.
  • Ponte della Liberta. Jembatan ini merupakan jembatan yang mengubungkan kota Venesia dengan kota Mestre dan memiliki panjang kurang lebih 3,85 kilometer dan memiliki sisi historis yang menarik minat para wisatawan.
  • Ponte Condordia (Bridge of Sighs). Jembatan ini sangat terkenal karena memiliki mitos yang konon jika pasangan saling berciuman dibawah jembatan ini pada saat matahari terbenam maka cinta mereka akan abadi selamanya. Jembatan ini dulunya merupakan jembatan penghubung antara penjara tua kota Venesia dengan ruang interogasi.

Nah bagaimana travel lovers? Apakah kamu tertarik untuk berlibur ke negara Italia yang menyimpan berjuta sisi romantis dan berbagai bangunan historis? Let’s travel and explore Italy!

berlibur ke negara italia destinasi wisata di italy tempat indah di Italy

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply

    two + 12 =

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.