Menikmati Hidangan Khas Kota Makassar Yang Melegenda Hingga Ke Seluruh Negeri

1420 views

Salah satu tempat yang kaya dengan tempat wisata kuliner yang memiliki kelezatan hidangan dengan aroma khas yang memanjakan lidah para penggemarnya adalah Makassar yang merupakan ibukota dari Propinsi Sulawesi Selatan. Kali ini kami akan membahas sederet tempat wisata kuliner seru di kota Angin Mamiri ini untuk kamu jadikan rekomendasi berburu hidangan lezat saat kamu berkunjung ke Makassar.

PALLU BASA SERIGALA

Pallu Basa, Makassar

Pallu Basa, Makassar via tripadvisor.co.id

Pallu Basa Serigala adalah salah satu hidangan khas Makassar yang memiliki cita rasa khas dengan ramuan rempah-rempah. Isinya berupa aneka campuran jeroan dan daging sapi dengan santan dan serbuk kelapa sangrai yang terasa menyatu dengan kuahnya, sehingga semakin menambah kelezatan hidangan ini. Ketika memesan, kamu akan ditawari mau menggunakan telur atau tidak. Salah satu tempat yang sangat terkenal di Makassar adalah Pallu Basa Serigala yang beralamat di Jl. Serigala No. 54. Tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh pembeli dan merupakan salah satu ikon kota Makassar.

COTO GAGAK

Coto Gagak Makassar

Coto Gagak Makassar via hellomakassar.com

Coto Gagak ini konon merupakan tempat yang menjual coto Makassar paling enak dan terletak di Jl. Gagak no. 27, sehingga dinamakan Coto Gagak. Warung ini sudah berdiri lebih kurang sekitar 40 tahun dan sekarang melayani pembeli 24 jam. Kualitas rasa Aroma Coto Gagak memang sudah tidak diragukan lagi. Dagingnya khusus didatangkan dari Bulukumba, Sinjai, Luwuk (Banggai) dan Kupang. Tungku dari tanah liat yang digunakan untuk memasak daging dan kuah coto ditempatkan di ruang terbuka sehingga pembeli dapat melihat langsung proses peracikan soto. Dan harap diingat, warung ini tidak membuka cabang dimanapun untuk menjaga kualitas rasanya.

PISANG EPE

Pisang Epe

Pisang Epe via jadiberita.com

Pisang Epe ini merupakan camilan khas Makassar yang dibuat dari pisang kapok serta campuran gula merah kemudian digepengkan dan dibakar. Makanan tradisional ini memiliki rasa yang sangat lezat terutama bila disantap dalam keadaan masih hangat.  Kamu juga dapat memilih kuah durian sesuai selera masing-masing.

SOP KONRO KAREBOSI

Sop Konro Karebosi

Sop Konro Karebosi via qraved.com

Rumah makan Sop Konro Karebosi ini berdiri pada tahun 1968 dan awalnya hanya merupakan warung kaki lima di lapangan Karabosi, Makassar. Tempat yang memiliki banyak pelanggan ini terletak di Jl. Gunung Lompobattang, Pisang Utara, Kecamatan Makassar dan merupakan masakan legendaris di kota Makassar.

Sop Konro dibuat dengan menggunakan bahan iga sapi dan daging sapi dan memiliki kuah yang berwarna coklat kehitaman. Biasanya sop ini disantap dengan ketupat yang telah dipotong-potong. Masakan ini memiliki aroma bumbu yang cukup kuat dan kaya rempah. Apabila kamu tidak terlalu suka dengan masakan yang berkuah, kamu dapat mencoba kelezatan Konro Bakar yaitu iga sapi yang dicampur dengan bumbu khas dan dibakar.

COTO PARAIKATTE

Coto Paraikatte

Coto Paraikatte via beritamks.com

Tempat makan ini berdiri sejak tahun 1980 dan terletak di Jl. A.P.Pettarani no. 125 dan memiliki cabang di Jl. Perintis Kemerdekaan KM.7 (dekat MTOS). Coto disajikan dalam mangkuk kecil yang terbuat dari tanah liat dengan kuah kentalnya yang beraroma harum dan disajikan tanpa garam sehingga kamu dapat menambahkan garam sesuai selera.

ES PISANG IJO

Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo via resepmakan.info

Kuliner yang satu ini memang sangat terkenal yaitu pisang ijo. Di kota Makassar, tempat untuk mencicipi es lezat satu ini adalah Pisang Ijo Bravo yang terletak di Jl. Andalas no. 145. Pisang Ijo berupa pisang yang dibalut oleh adonan tepung berwarna hijau. Tepung tersebut terbuat dari tepung beras, air, pewarna hijau dan air daun pandan. Kekenyalan dari tepung beras yang menyelimuti pisang begitu pas berpadu dengan manisnya pisang raja di dalamnya. Kesegaran akan guyuran sirup merah yang menyelimuti bubur sumsun memang sangat cocok untuk dinikmati di tengah udara yang panas.

ULU JUKU

Ulu Juku

Ulu Juku via akbarmangindara.wordpress.com

Tempat makan ini dulunya adalah tempat jualan bakso namun kemudian diubah oleh si pemilik karena kurang menguntungkan. Pada tahun 2005 diubahlah menjadi RM Ulu Juku yang menjual hidangan berbahan dasar ikan segar dan terletak di Jl. Prof. Dr. Abdurrahaman Basalamah No. 99A. Hidangan andalan dirumah makan ini adalah kepala ikan sesuai dengan arti dari Ulu Juku seperti pallumarapallukaloagulai dan sop kepala ikan. Bahan baku kepala ikan yang digunakan adalah kepala ikan kakap merah dan kakap putih. Kepala ikan ini biasanya disajikan dalam keadaan terbelah sehingga menambah kenikmatan kamu ketika menghisap-hisap tumpukan lemak bergizi tinggi yang menempel di tulang kepala ikan yang dihidangkan. Tertarik untuk mencoba?

SONGKOLO BAGADANG ALHAMDULILLAH

Songkolo Bagadang Alhamdulillah

Songkolo Bagadang Alhamdulillah via adlienerz.com

Bila kamu ingin mencoba menu yang berbeda ketika berkunjung di kota Angin Mamiri ini, kamu dapat mencoba Songkolo Bagadang Alhamdulillah di Pannara Antang yang terletak di sebuah gang samping masjid.

Hidangan songkolo ini berasal dari ketan yang disajikan dengan sarundeng (bajabu‘ kaluku), ikan teri (juku mairo) dan sambal. Songkolo ini biasanya dihidangkan di acara-acara adat di Sulawesi Selatan. Warung Songkolo Bagadang ini ramai dikunjungi pembeli di malam hari sampai pagi hari. Bila kamu tidak terlalu menyukai ketan, kamu dapat menikmati hidangan lain di warung ini seperti pallu basa dan aneka kue modern dan tradisional

MIE TITI

Mie Titi

Mie Titi via masakansedap.com

Bila kamu penggemar mie, kamu wajib mencoba kekenyalan dan kelezatan mie yang sangat terkenal di makassar ini. Mie Titi ini diciptakan oleh seseorang keturunan Tiongkok bernama Ang Kho Tjao dan diturunkan ke anak-anaknya yang kemudian dikenal mulai tahun 1970 oleh masyarakat luas. Konon rasa mie titi ini tidak akan kamu dapatkan dari rasa mie-mie lainnya. Mie yang disajikan adalah mie kering dimana dalam proses pembuatannya, mie ini digoreng kering terlebih dahulu kemudian disiram dengan kuah kental yang berisi sayuran, udang, bakso dan daging ayam.

JALANGKOTE

Jalangkote

Jalangkote via youtube.com

Camilan khas Makassar ini memang hampir sama dengan pastel dan dibuat dengan cara digoreng dengan isi yang terdiri dari bahan lainnya seperti wortel, kentang, daging, telur, tauge serta soun pada bagian dalamnya dan memiliki kulit pembungkus untuk bagian luar. Jalangkote ini disajikan dengan saus cabai sebagai bahan pelengkap. Sekilas memang mirip dengan pastel namun perbedaannya terletak di isinya yang terbuat dari mie putih, tauge, kentang, telur, wortel dan daging cincang dengan ukuran yang cukup besar. Dan tentu saja saus cabainya yang khas dan pedas.

Penjual Jalangkote yang terkenal di Makassar adalah Jalangkote Lansirang yang terletak di Jl. Lasinrang no. 11A dan memiliki salah satu cabang di Jl. Pengayoman no. 8C. Bila kamu tertarik untuk membawa oleh-oleh cemilan ini untuk keluarga tercinta, kamu bisa memesan jalangkote yang digoreng setengah matang.

NASU PALEKKO

Nasu Palekko

Nasu Palekko via resepmasakanpedia.com

Namanya memang tidak setenar Sop Konro ataupun Coto Makassar, namun soal rasa kelezatannya tidak kalah dengan hidangan-hidangan khas Makassar lainnya. Bahan utama dari nasu palekko ini adalah itik dan diolah dengan kepedasan yang mampu menggoyang lidah kamu dan membuat dahimu jadi berkeringat kepedesan. Masakan ini memiliki rasa yang sangat gurih dan sensasi rasa pedas yang menggigit. Kuliner ini mudah ditemui di beberapa kabupaten seperti Kabupaten Sidrap, Wajo, dan Pangkajene. Bila kamu penggemar hidangan ekstra pedas, kamu wajib mencoba nasu palekko yang super lezat ini.

Bagaimana, travel lovers? Let’s travel and explore Makassar culinary!

Hidangan Khas Kota Angin Mamiri hidangan khas makassar rekomendasi tempat makan tempat makan enak wisata kuliner wisata kuliner makassar

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply

    13 − ten =