Film-Film Tentang Travelling Ini Telah Memberikan Inspirasi Kepada Banyak Penonton

1156 views

Nah setelah beberapa kali kami membahas artikel mengenai tempat-tempat wisata, gimana kalau kali ini kami tampilkan ulasan beberapa film yang menginspirasi perjalanan?

Berikut ini adalah beberapa film yang dilansir oleh thelostraveler.com :

Jungle Child

Jungle child

Jungle child via thelostraveler.com

Film yang berjudul asli Dschungelkind ini adalah kisah Sabine yang masih berumur delapan tahun ketika keluarganya memutuskan untuk hidup di belantara rimba Papua Barat demi mempelajari bahasa Suku Fayu yang terpencil. Mereka membangun rumah kayu dan hidup primitif tanpa teknologi yang memadai.

Tak seperti kakaknya, Sabine sangat menikmati kehidupannya disini hingga tak takut menemui siapapun. Konflik berawal ketika Sabine melihat seorang gadis kecil sakit yang ditinggal begitu saja karena masyarakat suku Fayu mempercayai bahwa anak tersebut telah terkena kutukan dewa. Keluarga Sabine berhasil menyembuhkan dan merawat Auri hingga orang-orang suku Fayu mulai menerima kehadiran mereka karena dianggap bisa mengalahkan kutukan.

Auri pun kemudian menjadi anak angkat keluarga Sabine dan mereka menjalin persahabatan kental  hingga beranjak remaja. Film yang terinspirasi dari kisah nyata ini sarat dengan cinta, pengorbanan dan kasih sayang yang lupa diperhatikan sebagian orang. Entah berada di tengah keramaian Jerman ataupun kesunyian belantara Papua, manusia sebetulnya tak pernah luput dari cinta, kita hanya enggan untuk melihatnya lebih seksama.

Wild

Wild, film inspirasi perjalanan

Wild via thelostraveler.com

Sebab kematian seorang ibu dan pernikahan yang kandas sepintas lalu membuat Cheryl Strayed berusaha lari dengan cara menyusuri Pacific Crest Trail sepanjang 4,286 km. Perjalanan yang dilakukannya seorang diri ini bagai sebuah perjuangan komikal mencoba keluar dari kekacauan namun harus terlebih dahulu berhadapan dengan kekacauan lain dalam bentuk kaki penuh luka dan cuaca tak bersahabat.

Jelas sekali Wild adalah drama yang tak bertumpu pada konklusi, melainkan pada segala sesuatu yang berproses dalam perjalanan Cheryl. Kisah tak menyerah walau terus dihantui kesendirian yang menyesakkan adalah salah satu pesan yang ingin diangkat film ini. Perjalanannya ini telah menumbuhkan kembali harapan Cheryl bahwa di luar sana, masih ada seseorang yang mampu mengakhiri kesepiannya.

Tentu Jean-Marc Vallée tahu tantangan apa yang akan dihadapinya ketika menyutradarai film berbasis karakter. Dia perlu menentukan karakter yang benar-benar tangguh agar mampu menarik simpati dan empati pada masalah yang dialami. Dan memang tak sia-sia, tantangan itu berhasil dijawab oleh Reese Witherspoon yang akhirnya berbuah manis karena namanya masuk sebagai salah satu nominasi Oscar pemeran wanita terbaik.

127 Hours

127 HOURS, film tentang travelling

127 HOURS via thelostraveler.com

127 Hours hadir dalam daftar ini sebagai pengingat bahwa perjalanan bisa saja menjadi sangat tak terduga walaupun telah dipersiapkan dengan seksama. Serupa kisah nyata Aron Ralston yang harus melewatkan lima hari dalam hidupnya terjepit di celah ngarai tebing Robbers nun jauh di pedalaman Utah, tanpa ada seorangpun tahu. Di saat-saat tanpa kepastian ini, hanya refleksi masa lalu yang membayang di mata Aron.

Selama terjebak, Aron menghabiskan waktunya untuk mengevaluasi makna hidup serta mengumpulkan segenap keberanian terus bertahan selama mungkin. Kondisi yang menempatkan karakter utama pada titik terendah memberikan pesan dalam tentang belajar dari kesalahan untuk kemudian diperbaiki dan terus melanjutkan hidup.

Harus kuakui kejeniusan Danny Boyle sebagai sutradara dan lakonnya James Franco dalam menghidupkan kesan klaustrofobik sekaligus menggali remah-remah karakter utama. Eksplorasi cerita dan kamera yang dibuat bertualang menjadikan film minim tokoh ini tak pernah kelihatan mati. Tak berlebihan jika film ini menang dalam 27 festival film Internasional dan meraih 124 nominasi, 6 diantaranya berasal dari Academy Award.

The Motorcycle Diaries

The motorcycle diaries, film inspirasi travelling

The motorcycle diaries via sites.psu.edu

The Motorcycle Diaries bercerita tentang Alberto Granado dan Ernesto Guevara saat melakukan perjalanan menelusuri Amerika Selatan. Fragmen kehidupan yang direkam Che selama perjalanan inilah yang kemudian menjadikannya sebagai sosok ikonik Revolusi Kuba. Perjalanan telah mengubahnya dari seorang ahli medis canggung menjadi tokoh penting yang akan selalu diingat dalam sejarah.

Tahun 1952 mereka berangkat dari Buenos Aires menaiki motor Norton 500 dengan rute melintasi pegunungan Andes menuju Chili. Dilanjutkan dengan Peru, Kolombia hingga berakhir di Venezuela. Perjalanan yang menghabiskan waktu lebih dari setahun ini menempuh jarak sejauh 12.000 km.

Selama perjalanan, mereka menyadari bahwa masyarakat Amerika Selatan sungguh hidup di tanah nan kaya raya namun menderita sebab industri skala besar merebut segala. Realitas sosial Amerika Latin soal ketimpangan situasi ekonomi dan bumbu-bumbu kemanusiaan memang sarat hadir dalam film ini. Inilah yang menjadikannya istimewa, The Motorcycle Diaries seolah berkisah tentang transformasi manusia bahwa pejuang tidak dilahirkan. Melainkan tumbuh dari sebuah proses yang panjang.

Into The Wild

Into the wild

Into the wild via thelostraveler.com

Perjalanan tak hanya sekedar jarak dan kesendirian, namun juga tentang renungan-renungan yang dihasilkan dari sebuah kepergian. Barangkali itulah salah satu alasan yang mendorong Christopher McCandless memutuskan untuk undur dari kehidupan mapan dan memilih untuk mengasingkan diri. Menggantungkan hidup pada alam dan menjadikan kisahnya sebagai seorang karib yang tak habis diceritakan.

Pemuda cerdas yang tergila-gila dengan karya Thoreau, Tolstoy, dan Jack London ini kemudian mengganti namanya menjadi Alexander Supertramp dan bepergian menyusuri ladang gandum South Dakota, mengarungi Colorado River hingga memasuki perbatasan Meksiko, menemui beraneka ragam tipe masyarakat di Slab City California, dan berakhir di kesunyian Alaska.

Meskipun berujung pada penyesalan dan kematian Alex sebab tanaman beracun, namun film ini penuh dengan pesan moral yang kuat. Seperti yang tertulis dalam catatan hariannya bahwa “Kebahagiaan hanya akan terasa nyata apabila dibagi.” Benarlah bahwa hidup adalah perihal seberapa banyak yang bisa kita berikan pada orang lain.

Selain jalan cerita yang menarik, Into the wild pun berhasil menjadi film petualangan yang sulit dilupakan dengan suguhan soundtrack apik dari Eddie Vedder. Film ini juga kaya dengan sudut penggambaran alam menakjubkan, mulai dari jeram sungai hingga padang salju yang angkuh dalam dingin. Sean Penn selaku sutradara pantas mendapat acungan jempol atas kerja kerasnya ini. Tak heran film ini berhasil memenangkan 26 penghargaan internasional dan meraih 86 nominasi dalam berbagai festival internasional, 2 diantaranya bahkan lolos dalam ajang bergengsi Academy Award.

Le Grand Voyage

Le Grand Voyage

Le Grand Voyage via thelostraveler.com

Sepintas, film besutan sutradara Maroko ini barangkali dianggap sebagai sebuah perjalanan  seorang ayah yang ingin menunaikan ibadah haji melintas darat. Namun tidak bagiku, ini adalah langkah besar pendewasaan yang sesungguhnya dilakukan oleh Reda melalui konflik selama perjalanan. Sebuah pesan yang sangat bijak bahwa ibadah tak selalu identik dengan hubungan vertikal, namun juga horizontal.

Le Grand Voyage bertutur soal kisah yang jamak makna. Perjalanan menyebrangi belasan negara berjarak ribuan kilometer ini dimulai Reda dan ayahnya dari Selatan Perancis hingga berakhir di tanah suci Mekkah. Selama perjalanan, ayah dan anak yang berwatak keras ini sangat jarang menjalin interaksi hingga membuat perjalanan selalu diwarnai dengan ketegangan dan sikap tak hirau satu sama lain. Reda bukanlah pemuda yang spiritual dan tugas mengantarkan ayahnya ini tak lebih dari sebuah keterpaksaan.

Semakin dekat dengan tanah suci, rona bahagia menyelimuti namun film diakhiri dengan kenyataan bahwa sang ayah meninggal dalam ibadahnya. Di tengah jutaan manusia yang menyebut nama Tuhan dengan khidmat, Reda merasakan titik balik dalam hidupnya. Tanpa perlu mengumbar dialog puitis, Le Grand Voyage berhasil menyuguhkan kisah haru nan berkelas.

Nah bagaimana, travel lovers? Kamu tertarik untuk menonton beberapa film yang disebutkan di atas?

film inspirasi perjalanan film tentang travelling film yang menginspirasi

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply

    19 − sixteen =