Berburu Oleh-Oleh Khas Jakarta & Bandung

2936 views

Jakarta dan Bandung, dua kota yang lokasinya berdekatan ini terdapat di pulau Jawa bagian Barat. Jarak antara kedua kota ini dapat di tempuh hanya dalam waktu 2-3 jam saja, maka tak heran jika kedua kota ini memiliki banyak kesamaan. Ibukota Jakarta dan Kota Bandung memang selalu penuh dengan aktivitas manusia dan hiruk pikuk kemacetan yang menghiasi berbagai jalan. Bukan hanya terkenal dengan mall-mall mewah yang hampir bisa kamu temukan di setiap pusat keramaian, namun kedua kota besar ini juga memiliki beberapa oleh-oleh khas yang dapat kamu jadikan buah tangan untuk teman ataupun keluarga tercinta.

Oleh-Oleh Khas Jakarta

Banyak orang dari berbagai kota datang ke Jakarta untuk mengadu nasib untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Dan pada musim mudik tiba, banyak orang yang membawa oleh-oleh khas Jakarta untuk di bawa ke kampung halaman sebagai buah tangan untuk keluarga tercinta di kampung. Yuk Kita simak apa saja Oleh-oleh khas Jakarta yang bisa kita bawa untuk teman-teman kita di kampung.

Pepes Tulang Lunak Ikan Mas – Petulu

Pepes tulang lunak ikan mas

Pepes tulang lunak ikan mas via id.openrice.com

Makanan siap saji dengan packaging yang unik ini dapat kamu dapatkan di Lantai 1 Mayestik Walk ataupun kalau kamu malas pergi kesana, kamu dapat memesan melalui delivery order. Pepes tulang lunak ikan mas ini dibuat dengan cara dikukus dengan daun pisang dan ikannya dipotong-potong. Jangan khawatir dengan tulang ikan mas ini karena tulangnya telah dimasak dengan sangat lunak.

Marquerite Nougat

Marquerite Nougat

Marquerite Nougat via nougatworld.com

Oleh-oleh yang satu ini bisa kamu dapatkan di Jalan Kelapa Puan Timur V NB5 No. 10 Kelapa Gading. Marquerite Nougat ini memiliki rasa yang enak dan tidak mengandung bahan pengawet sama sekali karena dibuat dari bahan-bahan premium berkualitas tinggi. Tersedia 13 varian rasa Nougat yang dapat kamu pilih.

Kue Geplak

Kue geplak

Kue geplak via indonesiakaya.com

Kue geplak ini merupakan makanan tradisional khas betawi yang saat ini sudah mulai langka untuk ditemukan. Kue ini terbuat dari beras dengan proses pembuatan menggunakan tangan dengan cara ditepuk-tepuk untuk meratakan adonan. Kue ini memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut. Umumnya kue ini digunakan sebagai seserahan dalam acara adat pernikahan masyarakat betawi. Kalau kamu tertarik untuk membeli kue geplak ini, kamu dapat memesannya di beberapa home industry yang ada di area Bintaro.

Kembang Goyang

Kue kembang goyang, oleh-oleh khas jakarta

Kue kembang goyang via mangcook.com

Kue kembang goyang yang terkadang juga dikenal dengan sebutan kembang Loyang tebuat dari adonan tepung beras yang ditambah dengan gula pasir, telur, dan vanilli serta perasan air jahe. Kue ini juga merupakan makanan tradisional khas masyarakat Betawi.

Kue Semprong Glory

Kue semprong glory

Kue semprong glory via bukalapak.com

Kue semprong merk glory ini bisa kamu dapatkan di Jalan KS. Tubun III No. 2 Slipi, Jakarta Barat. Kamu dapat membeli kemasan 250 gram ataupun 600 gram. Kue semprong ini memiliki rasa yang sangat gurih dan lezat. Selain itu kue ini juga tahan lama sehingga cocok bila kamu jadikan oleh-oleh untuk sahabat ataupun kerabat.

Dodol Betawi

Dodol betawi

Dodol betawi via antaranews.com

Dodol Betawi ini terbuat dari campuran ketan hitam, ketan putih, dan durian. Karena proses pembuatannya yang terbilang cukup rumit, makanan khas betawi ini sulit ditemui. Umumnya dodol betawi ini dibuat ketika ada acara pernikahan, acara syukuran, bulan Ramadhan, Idul Fitri ataupun Idul Adha.

Bir Pletok

Bir Pletok

Bir Pletok via infonitas.com

Ketika kamu mendengar bir pletok mungkin yang terlintas di benak kamu adalah minuman beralkohol, namun jangan salah minuman ini justru 100% bebas dari kadar alkohol. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat bir pletok ini adalah sari jahe asli, sari bunga selasih, gula, dan beberapa jenis akar-akaran.

Oleh-Oleh Khas Bandung

Kota Bandung memang selalu menarik untuk diulas. Bukan hanya tentang berbagai tempat wisata yang menarik ataupun wisata kulinernya yang memang sudah terkenal kelezatannya, namun juga oleh-oleh khas Bandung yang memang telah memiliki begitu banyak penggemar. Apa saja sih oleh-oleh khas Bandung? Yuk kita simak!

Primarasa Picnic Roll

Primarasa picnic roll

Primarasa picnic roll via justtryandtaste.com

Salah satu makanan khas Bandung yang terkenal adalah picnic roll yang merupakan olahan daging cincang yang telah diberi bumbu kemudian dimasukkan ke kulit pastry bersama dengan telur rebus lalu dipanggang sampai berwarna kecoklatan. Untuk merasakan kelezatan picnic roll ini, kamu dapat membelinya di Jalan Pasirkaliki, Bandung. Semua produksi kue dan pastry Primarasa ini hanya dipusatkan di satu dapur saja di Jalan Kemuning demi menjaga kualitas produk.

Peuyeum Bandung

Peuyeum, oleh-oleh khas bandung

Peuyeum Bandung via sebandung.com

Peuyeum ini merupakan produk olahan dari singkong yang sudah dibersihkan kemudian ditaburi ragi dan disimpan di tempat tertutup hingga 2 – 3 hari. Peuyem ini dapat kamu jumpai di banyak pusat oleh-oleh, salah satunya adalah di Jalan Cihampelas. Peuyem ini digemari oleh banyak orang karena dapat menimbulkan efek hangat di dalam tubuh.

Gepuk Nyonya Ong

Gepuk Ny. Ong

Gepuk Ny. Ong via yummybandung.com

Gepuk Nyonya Ong ini berlokasi di Jalan Dr. Djunjunan 155E dan memiliki banyak pelanggan. Terbuat dari lahan daging sapi atau empal yang telah digeprek kemudian ditipiskan dirangkai dengan lidi untuk menjaga seratnya supaya tidak hancur ketika dimasak.

Di Gepuk Nyonya Ong ini kamu juga dapat menikmati olahan daging ayam selain daging sapi. Gepuk ini diolah dalam beberapa varian rasa yaitu beef original, beef salty, beef extra pedas, beef less sugar, chicken original dan juga chicken spicy.

Brownies Kukus Amanda, Bandung

Brownies kukus Amanda

Brownies kukus Amanda via sebandung.com

Pada awalnya brownies kukus Amanda ini diproduksi di Jalan Rancabolang no. 29, Margahayu Raya namun kini telah memiliki berbagai cabang yang tersebar di berbagai kota di Indonesia mulai dari Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera, Sulawesi, dan juga Kalimantan.

Brownies kukus ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa coklat yang legit dan nikmat. Tersedia berbagai varian rasa mulai dari cokelat original, cheese cream, burberry, choco marble, sarikaya pandan, tiramisu, banana bizz, dan masih banyak lagi varian rasa lainnya.

Surabi Bandung

Surabi bandung

Surabi bandung via sebandung.com

Surabi ini merupakan salah satu makanan khas kota Bandung yang sudah sangat populer dan memiliki berbagai macam varian yang menjadikannya memiliki semakin banyak penggemar yang ingin menikmati kelezatan surabi ini. Jika kamu ingin membeli surabi, kamu dapat membelinya di Jalan Setiabudi.

Pisang Bollen Kartika Sari, Bandung

Pisang bolen kartikasari

Pisang bolen kartikasari via katalogwisata.com

Nah siapa sih yang tidak kenal dengan pisang bollen kartika sari yang sudah sangat terkenal itu? Toko ini terletak di Jalan H. Akbar No. 4, Kebon Kawung dan menyediakan pisang bollen yang rasanya sungguh lezat. Berbagai varian rasa pisang bollen ini dapat kamu nikmati mulai dari rasa keju, coklat, dan durian.

Kartika Sari ini merupakan pelopor pisang bollen sejak tahun 1970-an dan masih sangat populer hingga sekarang. Disini kamu juga dapat membeli berbagai aneka pastry dan kue seperti risoles, kroket, brownies kukus rainbow, dan juga bagelen.

Oncom Raos

Oncom raos

Oncom raos via wikimapia.org

Oncom Raos ini terbuat dari olahan kacang yang difermentasi dan sering dijadikan bahan baku untuk membuat oncom goreng yang sangat digemari oleh banyak orang. Jika kamu ingin menikmati sedapnya oncom ini, kamu dapat membelinya di Jalan Cihampelas 91 B.

Kerajinan Tangan Khas Lembang

Kerajinan khas lembang

Kerajinan khas lembang via anekawisata.com

Untuk berburu kerajinan khas lembang ini , kamu dapat membelinya di toko-toko kerajinan di sepanjang Jalan Raya Lembang. Disini kamu dapat memilih berbagai kerajinan yang terbuat dari bambu, tas anyaman, hingga keramik.

Angklung

Angklung

Angklung via update-profile.blogspot.co.id

Angklung adalah alat musik yang terbuat dari bambu. Di Saung Angklung Udjo di Jalan Padasuka, kamu dapat menyaksikan pementasan angklung setiap hari yang sering juga disaksikan oleh para wisatawan asing. Dan jika kamu tertarik untuk membeli angklung untuk kamu koleksi sendiri atau kamu jadikan oleh-oleh untuk teman ataupun keluarga, kamu pun dapat membelinya disini. Kamu dapat memilih miniatur angklung ataupun gantungan kunci.

Nah bagaimana travel lovers? Apakah kamu tertarik untuk membeli oleh-oleh khas Jakarta ataupun oleh-oleh khas Bandung?!

jakarta dan bandung oleh-oleh khas bandung oleh-oleh khas jakarta

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply

    one × 1 =