8 Surga Dunia Nan Eksotis yang Wajib Kamu Kunjungi di Pulau Sumba!

1827 views

Bagaimana kamu merencanakan liburan panjangmu yang akan datang?
Coba kamu bayangkan jika kamu akan menghabiskan liburanmu di Pulau Pribadi milikmu, menikmati keindahan alam bersama pasangan , atau mungkin bersama keluarga, dunia terasa hanya milik pribadi saja. Mungkin kamu berpikir bahwa itu semua hanya impian. Jangan khawatir, mimpimu dapat terwujud di Pulau Sumba. Pulau dengan keindahan alam yang masih asri dan alami, karena blm tersentuh tangan-tangan jahil yang tidak bertanggung jawab.

Ketika mendengar kata Pulau Sumba, banyak orang berpikir bahwa Pulau Sumba adalah bagian dari Sumbawa yang terkenal dengan wisata Pulau Lombok, padahal Pulau Sumba merupakan bagian dari Pulau di provinsi Nusa Tenggara Timur dengan luas wilayah 10.710 KM2. Pulau ini berbatasan langsung dengan Pulau Sumbawa di sebelah barat laut dan memiliki empat kabupaten, yaitu Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten Sumba Barat Daya, Kabupaten Sumba Tengah dan Kabupaten Sumba Timur, dengan Ibukota Waingapu sebagai kota terbesarnya. Mari kita jelajahi Sumba!

Jernihnya Danau Weekuri yang menenangkan jiwa.

Jernihnya Danau Weekuri yang menenangkan jiwa

Danau Weekuri via breaktime.co.id

Objek wisata Danau Weekuri terletak dikawasan Kodi Utara, Sumba Barat Daya, yang bisa kamu jangkau dengan dua jam perjalanan dari pusat Ibukota Kabupaten Sumba Barat Daya. Danau ini memiliki air yang jernih, tapi tidak hanya itu, Danau Weekuri juga memiliki air asin yang bersih dengan warna kebiruan. Uniknya lagi di danau ini kamu akan menemukan beberapa sumber mata air, sehingga menghasilkan warna yang bervariasi, ada yang berwarna cerah, agak hijau, dan gelap, selain itu ada yang hangat dan dingin. Danau Weekuri ini semakin cantik karena dilengkapi dengan tebing berupa karang dan pemandangan kehijauan di sekitarnya yang mempesona.

Surga bagi Para Peselancar dan penikmat Matahari, Pantai Tarimbang.

Surga bagi Para Peselancar dan penikmat Matahari, Pantai Tarimbang

Pantai Tarimbang via pinimg.com

Pantai Tarimbang berada diantara Sumba Timur dan Sumba Barat, akses transportasi yang masih sulit mengharuskan kamu merogoh kocek agak dalam yaitu kisaran harga lima ratus ribu sampai enam ratus ribu rupiah perhari untuk menyewa mobil plus sopir yang tentunya telah menguasai arena menuju Pantai Tarimbang. Tapi jangan khawatir, Sunset dengan warna orange yang cerah yang sangat menyejukkan mata dan desiran ombak besar yang menghantam bebatuan telah menanti kamu. Pantai yang jauh dari berbagai akses transpotasi dan penduduk ini dilengkapi dengan sebuah penginapan unik “Paters Magic Paradise Hotel”, yang berada tepat berdampingan dengan pantai Tarimbang, dengan konsep alam Sumba serta ecoliving yang akan membuat petualanganmu semakin menarik.

Desa Prailiu, mengetahui keindahan sejarah di Pulau Sumba

Desa Prailiu, mengetahui keindahan sejarah di Pulau Sumba

Desa Prailiu via indonesia.travel

Desa Prailiu, yang terletak di pinggiran Sumba Timur yang dapat kamu jangkau dalam waktu dua jam perjalanan dari pusat kota Waingapu. Desa Prailiu ditempati oleh penduduk dengan pemeluk agama Kristen namun mereka tetap menjalankan tradisi lokal berdasarkan kepercayaan asli mereka yaitu Marapu atau dikenal dengan Prai Marapu, sehingga desa Prailiu disebut sebagai desa wisata tradisi Pulau Sumba.

Selain itu, kamu bisa semakin mengenal tentang budaya Pulau Sumba beserta sejarahnya di Desa ini karena kamu akan menemukan berbagai kuburan kuno, rumah adat Sumba, serta produksi rumahan kain tenun Sumba dengan kekhasan berbagai motif khas Pulau Sumba seperti kuda, ayam dan kakatua secara langsung.

Padang Savana dan Kuda yang gagah.

Padang Savana dan Kuda yang gagah

Padang Sabana via brilio.net

Selain menemukan keindahan lautan Sumba, di Pulau Sumba kamu juga dapat menikmati keindahan daratan Sumba yaitu Savana yang luas dan mengangumkan, perlu kamu tahu bahwa 68 persen wilayah Pulau Sumba merupakan hamparan padang rumput atau savana. Padang savana ini seakan memiliki pasangan sejati yang selalu menghiasi pulau Sumba, yaitu kuda sandalwood yang menjadi ciri khas pulau sumba. Saat berlibur di Sumba, kamu akan banyak menjumpai hamparan savana dengan jejak cantik dari kumpulan kuda sandalwood.

Festival Pasola

Festival Pasola

Pasola via travel.kompas.com

Mendengar Pulau Sumba, tentu tidak lepas dari Festival yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya, ya! Festival Pasola atau permainan ketangkasan dengan saling melempar lembing kayu pada kelompok lawan, sambil berada di punggung kuda. Festival Pasola merupakan upacara tradisional yang masih rutin dilalukan oleh para penganut Marapu atau agama asli yang diyakini warga setempat, selain itu Festival Pasola telah menjadi salah satu festival yang paling terkenal dari Pulau Sumba.

Jika kamu ingin menyaksikan keseruan Festival ini, kamu dapat melakukan perjalanan pada bulan februari sampai maret, yang umumnya dilaksanakan pada empat kampung di Sumba Barat, yaitu Kodi, Lamboya, wonokaka dan Gaura. Buat petualangan mu untuk memahami kekayaan budaya Indonesia.

Pantai Bwana, menikmati ombak dan tebing yang memukau.

Pantai Bwana, menikmati ombak dan tebing yang memukau

Senja di Pantai Bwana via www.satu-indonesia.com

Pantai Bwana merupakan Pantai yang belum tersentuh oleh banyak wisatawan di Pulau Sumba, dengan pasir putih dan dikelilingi tebing yang kokoh, seakan terasa lengkap karena kamu dapat menikmati dua sensasi petualangan sekaligus, yaitu olahraga surving dan panjat tebing. Untuk menikmati keindahan pantai ini hanya memakan waktu sekitar dua jam dari Tambolaka, Ibukota Kabupaten Sumba Barat Daya. Pantai ini juga identik dengan karang besar berbentuk “batu bolong” yang selalu menjadi spot favorit para pengunjung.

Air Terjun Lapopu

Air Terjun Lapopu

Air Terjun Lapopu via awalnya.blogspot.co.id

Air terjun Lapopu terletak di dalam kawasan taman nasional Tanadaru provinsi sumba barat daya. Ketika berada di kawasan taman ini, dengan berada dari jarak 1 km kamu sudah dapat mendengar gemercik air terjun ini. Perjalanan dapat kamu tempuh hanya dengan waktu singkat selama 30 menit, dengan medan yang memang cukup berkelok-kelok.

Selain sebagai tempat wisata, air terjun ini juga merupakan sumber pembangkit listrik tenaga air bagi beberapa kepala keluarga di Kecamatan tersebut. Ketika berada di tempat ini, kamu tidak sekedar menikmati air terjun, tetapi kamu juga akan mendengar kicauan burung dan berbagai satwa dalam kawasan taman Nasional tersebut.

8. Manggulu, dodol manis dari Pulau Sandalwood.

Manggulu, dodol manis dari Pulau Sandalwood

Manggulu via ahmadrizali.com

Manggulu merupakan dodol manis khas Pulau Sumba yaitu berasal dari Sumba Timur, dodol ini memiliki nilai historis tersendiri bagi masyarakat sumba. Manggulu pada masa penjajahan pernah menjadi makanan favorit para serdadu Belanda, karena bentuknya yang praktis bisa dibawa kemana saja serta mampu menahan rasa lapar. Proses pembuatan Manggulu yang berbahan pisang dan kacang tanah ini juga memakan waktu yang cukup panjang yaitu kurang lebih dalam kurun waktu dua minggu, dan uniknya bungkus dari Manggulu ini juga terbuat dari daun pisang yang telah dikeringkan, karena masyarakat menyakini bahwa daun tersebut akan mempengaruhi proses pengawetan Manggulu sehingga dapat bertahan dan disimpan sampai 6 bulan. Manggulu bisa kita dapatkan dengan kisaran harga 4.000 sampai 10.000 rupiah perkotak.

Beberapa keindahan alam tersebut dapat membuat perjalanan mu semakin seru, tidak perlu menghabiskan biaya yang besar untuk keluar negeri dan tempat wisata dengan tiket yang mahal, jika ada Pulau Sumba yang menakjubkan. Oh ya, perlu kamu tahu bahwa kamu tidak membutuhkan tiket masuk untuk menikmati beberapa tempat wisata di Sumba. Berbagai tempat wisata diatas akan menambah pengalaman yang menakjubkan dalam hidupmu. Let’s makes your holiday with amazing Sumba.

destinasi wisata di pulau sumba indah nan eksotis keindahan alam pulau sumba pesona keindahan pulau sumba surga dunia di indonesia wisata alam

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply

    seven + eighteen =