7 Varian Makanan dan Minuman Khas Nan Unik dari Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur, yang Wajib Kamu Coba!

9595 views

Di Pulau Timor terdapat Kota Kupang, Ibu kota Provinsi NTT, cuacanya yang terkenal panas dan berada dekat pesisir pantai, Pulau Timor juga memiliki makanan dan minuman yang khas. Cita rasanya yang kaya selalu menggugah selera, terutama bagi Kamu yang belum pernah berkunjung ke Pulau Timor pasti akan ketagihan.

Penasaran apa saja makanan dan minuman khas Pulau Timor? berikut ulasannya bagi Kamu yang hendak mengunjungi Pulau Timor.

Se’i Sapi

Se'i Sapi Aroma Kupang

Se’i Sapi Aroma Kupang via: instagram.com

Se’i Sapi adalah jenis makanan yang terbuat dari daging Sapi dimasak menggunakan asap dari kayu api. kayu apinya berasal dari pohon bernama kesambi yang terpercaya dapat menghilangkan bau amis daging sapi. Kamu dapat menikmati Se’i sapi di berbagai rumah makan ataupun dapat membeli di toko daging di sekitaran Kota Kupang.

Jika Kamu ingin mengetahui proses pembuatan secara langsung Kamu dapat mengunjungi salah satu tempat legendaris di Baun bernama Om Ba’i, untuk menikmati Se’i dengan porsi banyak, bahkan bisa berkilo-kilo asalkan siap untuk mengendarai sejauh 25 Km dari kota Kupang. Cita rasa Se’i sangat khas di lidah penggemarnya, bumbunya meresap, dagingnya lembut saat masih panas dan proses pengasapan juga mengeluarkan minyak murni dari daging, bagi yang baru mencobanya pasti langsung ketagihan apalagi jika dinikmati bersama keluarga, sahabat ataupun rekan kerja.

Untuk makanan Se’i ini cukup mahal yakni 100 ribu rupiah per kilogram. Bagi Kamu yang mengalami tekanan darah tinggi diharapkan tidak mengkonsumsi dalam jumlah yang banyak karena Se’i Sapi memiliki kandungan lemak yang banyak. Oh ya, Se’i sapi juga bisa dijadikan oleh-oleh, akan tetapi tidak bisa bertahan lebih dari dua hari, kecuali dimasukan kedalam pendingin dan kemudian dipanaskan atau dimasak lagi sesuai keinginan.

Jagung Bose

Jagung Bose khas Pulau Timor

Jagung Bose khas Pulau Timor via: instagram.com

Jagung Bose merupakan makanan khas pulau Timor yang biasa dijadikan sebagai pengganti Nasi, Jagung Bose terdiri atas biji-bijian yakni Jagung, kacang tanah, dan kacang merah atau kacang nasi. Rasanya hambar layaknya nasi, biasanya dimasak menggunakan santan dan juga cukup memakan waktu untuk memasak Jagung Bose sehingga kuah Jagung Bose sangat kental dan rasanya pecah dimulut. Jagung Bose bisa dibuat sendiri di Rumah, bahannya dapat ditemukan dipasar tradisional, Jagung Bose disajikan dirumah biasanya dalam rangka menyambut tamu ataupun merayakan sebuah perayaan.

Jagung Bose dapat dibandrol dengan harga yang variatif di rumah makan ataupun restaurant yang menyajikannya, jangan lupa pesanlah sesuai porsi seperti Kamu memakan nasi. Pasangan paling mantap untuk memakan Jagung Bose adalah Se’i Sapi, hmmm dijamin ketagihan. Di pulau Timor makanan ini menjadi favorit bagi masyarakatnya.

Sambal Luat

Sambal Luat

Sambal Luat via: instagram.com

Sambal Luat sama seperti sambal pedas lainnya, bedanya sambal ini sangat beraroma daun kemangi dan jeruk, dibuat dengan menggunakan daun kemangi, perasan air jeruk dan juga kulit jeruk yang dipotong tipis.

Sambal luat bisa disimpan berlama-lama, tipsnya disimpan dalam toples, saat diambil tidak menggunakan tangan kosong dan hanya boleh menggunakan sendok bersih, maka Sambal Luat akan bebas bakteri sehingga bisa bertahan lama.

Oh ya, untuk mendapat yang sudah jadi dalam kemasan yang cantik Kamu bisa membelinya di toko makanan khas Pulau Timor, pokoknya siap disantap menggunakan berbagai jenis makanan.

Tuak Manis dari Nusa Lontar

Pohon Lontar Betina penghasil Buah

Pohon Lontar Betina penghasil Buah via savuraijuatourism.com

Di Pulau Timor terdapat banyak pohon Lontar, batang pohonnya tinggi menjulang keatas berwarna hitam, daunnya hijau lebar dan besar, bila sudah tua berwarna kecoklatan baik daun maupun batangnya, oleh karenanya harus menghindari pohonnya di saat berangin karena bisa tertimpa batang dan daun tua dari pohon lontar, ingat berbahaya. Tetapi pohon Lontar inilah sebagai penghasil Tuak manis, Tuak manis berasal dari nira (cairan yang dikeluarkan pohon lontar) yang belum mengalami fermentasi sehingga rasanya manis dan segar. Tuak manis bisa dikonsumsi siapa saja karena tidak memiliki kandungan alkohol.

Tuak manis ini biasa di jual dijalanan dekat pasar tradisional dipikul dengan menggunakan alat tradisional atau sudah dalam botol minuman, harganya pun murah meriah yakni 2.000 rupiah. Untuk Kamu pemula yang ingin meminumnya bisa meminta tester dulu sebelum dibeli dalam jumlah yang banyak, caranya Kamu harus sopan meminta agar bisa dikasih jangan asal ngomong ya,, nanti bukannya dikasih malah diomelin. Tuak manis ini pas sekali diminum saat musim panas yang membara, rasanya segar.

Jagung Pulut

Jagung Pulut Pulau Timor

Jagung Pulut Pulau Timor via: instagram.com

Jagung pulut bisa dibakar dan direbus, yang mudah ditemukan adalah jagung pulut versi bakar, tempatnya di depan Kantor Gubernur NTT, Jalan Eltari. Sepanjang jalan Kamu bisa menemukan jagung pulut dibakar dengan mentega dan dimakan dengan menggunakan sambal luat yang mereka sajikan. Jagung pulut warnanya putih, bulir jagungnya besar dan rasanya manis, kalau sudah tua biasanya digunakan untuk bahan pembuat Jagung Bose, tapi kalau masih muda dibakar atau direbus rasanya beda dari jagung biasa.

Harga jagung pulut mentah sangat terjangkau di pasar, tapi kalau sudah dimasak dan berada di tempat wisata biasanya lebih mahal. Jagung pulut mentah bisa dijadikan oleh-oleh khas dibawa kemanapun asalkan simpan di kotak penyimpanan yang aman supaya tidak rusak dan dimakan serangga. Jagung pulut bisa juga diolah menjadi jagung goreng dengan berbagai rasa;  manis, pedas, maupun asin.

Sayur Rumpu Rampe

Sayur Rumpu Rampe Khas Pulau Timor

Sayur Rumpu Rampe Khas Pulau Timor via: instagram.com

Sayur Rumpu Rampe adalah nama yang tidak asing bagi masyarakat Pulau Timor. Sayur Rumpu Rampe biasa disajikan bersama daging Se’i dan sambal luat, kombinasinya sangat pas. Menu Sayur Rumpu Rampe biasa tersedia di restaurant dan rumah makan. Sayur Rumpu Rampe bahannya sederhana yakni daun singkong, bunga pepaya, jantung pisang, dan campuran bumbu cabe rawit, bawang putih, bawang merah, sedikit terasi, gula dan garam.

Sayur Rumpu Rampe jenis sayuran yang ditumis atau oseng. Satu porsi sayur Rumpu Rampe harganya tidak sampai puluhan ribu rupiah. Untuk menikmatinya paling enak saat masih hangat dengan nasi putih dan tambahan lauk pauk. Sayur Rumpu Rampe sering dijadikan masakan rumahan oleh masyarakat Pulau Timor, karena bahannya mudah ditemukan dan bisa ditanam di kebun rumah.

Kue Cucur dan Gula Merah atau Gula Lempeng.

Kue cucur Oesao

Kue cucur Oesao via: kupang.tribunnews.com

Di Pulau Timor tepatnya di Oesao Kamu bisa menemukan kue Cucur yang masih hangat. Orang dari kota akan rela melintasi jalan sejauh puluhan kilometer untuk datang dan membeli kue Cucur di Oesao. Mengapa di Oesao? karena di tempat ini bisa mendapatkan kue cucur dalam jumlah yang banyak dan baru dimasak.

Gula Lempeng khas Pulau Timor

Gula Lempeng khas Pulau Timor via: pietoyosusanto.wordpress.com

Kue cucur terbuat dari tepung beras, gula merah atau gula lempeng, gula pasir dan daun pandan. Gula merah atau gula lempeng berasal dari pohon lontar, rasanya manis.

Gimana tertarikkan Kamu? pengen mencoba makanan dan minuman yang khas dan unik? ayo kunjungi Pulau Timor sekarang juga, dijamin kamu gak bakalan menyesal. Oh ya, makanan dan minuman dari Pulau Timor ini bisa dijadikan oleh-oleh, jadi kalau berkunjung silakan dibawa pulang ke tempatmu. Selamat menikmati makanan dan minuman khas Pulau Timor.

kuliner khas kota kupang kuliner nusa tenggara timur makanan khas pulau timor ntt wisata kuliner

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply

    16 + ten =