7 Jajanan Aneh dan Unik yang Lagi Tren Tahun Ini!

8487 views

Tahun ini merupakan tahunnya kuliner di Yogyakarta. Terlepas dari sebutan kota pelajar, beragam kuliner berkembang beberapa tahun belakangan di kota gudeg ini. Mungkin karena banyaknya pelajar yang datang silih berganti singgah dan menetap di Yogyakarta, yang kemudian membuat para pebisnis harus putar otak agak bisnis kulinernya berbeda dan menarik.

Mulai dari kuliner berat sampai kuliner ringan semacam jajanan yang siap santap, semuanya berkembang di Yogyakarta. Bahkan festival kuliner pun seperti ga ada istirahatnya, ibaratnya hampir setiap bulan selalu saja ada festival jajanan atau kuliner. Mulai dari jajanan tradisional yang kemudian naik daun lagi, hingga jajanan unik dan menggugah selera seperti tumpah ruah.

Sekian banyak jajanan yang ada di berbagai festival kuliner yang ada di Yogyakarta, ternyata ada beberapa jajanan yang ngetrend. Karena saking ngetrend nya, jajanan – jajanan ini bahkan menjamur di seantero Yogyakarta dengan berbagai merk dan rasa. Mulai dari jajanan dengan harga murah meriah hingga jajanan yang tergolong cukup mahal, bisa ditemukan di Yogyakarta. ini dia jajanan yang ngetrend banget di tahun ini.

Kue Cubit

Kue Cubit

Kue Cubit via www.ceritamakan.com

Jajanan satu ini merupakan jajanan nostalgia buat anak – anak kelahiran tahun 90an. Kuliner ini dulunya dijual di depan sekolah – sekolah dan menjadi jajanan yang laris karena harganya yang super terjangkau juga enak. Kue cubit menjadi trend di Yogyakarta semenjak tahun 2014 dengan berjualan di pinggir jalan menggunakan tenda dan gerobak. Kemudian di tahun lalu kue cubit menjadi booming dengan munculnya berbagai cafe yang menjajakan kue cubit.

Kepopuleran kue cubit pun menjadi peluang bagi para pebisnis dengan membuat brand yang berbeda – beda. Walaupun jajanan yang dijual sama, yaitu kue cubit, mereka selalu menginovasinya sehingga persaingan di bisnis ini terus berkembang. Dari beragam pilihan rasa dan teknik juga merk, tentunya yang paling banyak dicari adalah kue cubit setengah matang yang lembutnya lumer di mulut ketika digigit.

Burger Warna Warni

Burger Warna Warni

Burger Warna Warni via www.koranyogya.com

Keunikan dari jajanan satu ini dapat langsung kita lihat dari tampilan luarnya. Burger yang biasanya kita lihat dengan warna coklat, sekarang tampil dengan warna yang lebih cerah dan memiliki pilihan warna yang bermacam – macam. Warna yang unik ini tentunya ditambah dengan rasa dari dagingnya yang lezat dan saus yang pas membuat jajanan ini laris manis di Yogyakarta.

Tentu saja yang menjajakan kuliner ini tidak hanya satu atau dua orang saja, berbagai cafe dan restoran ikut serta dalam mengenalkan dan mempopulerkan jajanan satu ini. Yang kemudian membedakan antar satu dengan yang lainnya adalah jenis daging dan teknik pengolahan daging yang digunakan. Selain dari daging, isian serta sausnya pun berbeda-beda.

Es Krim dengan Batok Kelapa

Coconut Ice Cream

Coconut Ice Cream via www.instagram.com/tropic_id

Siapa yang suka es krim? Nah, jajanan satu ini menawarkan satu jenis eskrim yang lain dari yang lain. Coconut ice cream alias eskrim kelapa ini ditampilkan menggunakan batok kelapa aslinya dan juga daging kelapa muda di dalamnya. Selain tampilannya yang unik, rasa eskrim ini pun khas, karena menggunakan eskrim dengan cita rasa kelapa.

Eskrim dengan batok kelapa ini juga menghiasi berbagai festival kuliner di Yogyakarta. Ada beberapa penjual yang terkenal di Yogyakarta, namun tentu saja cita rasa yang ditawarkan selalu berbeda. Banyak diantaranya menggunakan eskrim yang berasal dari supermarket dan mengkreasikannya dengan pilihan topping yang beragam. Namun ada pula yang benar – benar menggunakan eskrim yang berasal dari kelapa yang kemudian dihiasi dengan berbagai topping dan buah – buahan segar.

Mochi Ice Cream

Mochi Ice Cream

Mochi Ice Cream via en.tempo.co

Lain dengan es krim kelapa, es krim satu ini berada di dalam balutan kulit mochi yang lembut dan manis. Mochi Es krim namanya, merupakan jajanan fusion yang bercitarasa lembut, manis, dan menyegarkan. Mungkin sudah tidak asing lagi dengan mochi dengan isian kacang merah yang berasal dari negeri sakura, namun ternyata mochi es krim ini juga berasal dari Jepang.

Kuliner unik ini mulai menjadi trend semenjak tahun 2014. Seiring berjalannya waktu, penjual mochi es krim ini semakin banyak dan beberapa diantaranya menjual mochi es krim ini dengan tampilan mewah di cafe – cafe. Hal ini yang menyebabkan nama mochi es krim semakin menyebar dan terkenal.

Martabak Manis

Martabak Manis

Martabak Manis via www.ngemalngemil.com

Biasanya kita membeli jajanan ini dipinggir jalan dengan gerobak. Namun kali ini, kepopuleran martabak manis semakin berkembang, yang membuat kuliner kemudian menjadi jajanan berkelas cafe. Para penjualnya pun tidak hanya menjual martabak manis dengan pilihan rasa yang biasa, berbagai rasa unik pun menjadikan kuliner martabak manis ini menjadi digemari.

Beragam rasa seperti green tea, red velvet, tiramisu, dan masih banyak lagi lainnya, membuat martabak manis naik kelas. Jajanan ini kemudian ditampilkan dengan berbagai wajah menarik dan tampilan yang berkelas sehingga dibanderol dengan harga yang berbeda dengan martabak manis lainnya.

Bubble Tea

Bubble Tea

Bubble Tea via www.thecoast.ca

Minuman satu ini mulai terkenal di Yogyakarta pada tahun 2013. Semenjak munculnya salah satu cafe yang menjual bubble tea ini, kemudian banyak pebisnis lain yang membuka gerai – gerai bubble tea dengan merk berbeda. Harga semakin bersaing dan pilihan rasa pun semakin beragam.

Trend bubble tea yang berawal dari cafe kemudian merambah ke jalan dengan menggunakan gerobak. Semakin banyaknya penjual bubble tea di Yogyakarta, membuat minuman ini memiliki tempat sendiri bagi pelajar kota Yogyakarta.

Es Krim Pot

Es krim Pot

Es krim Pot via jogja.tribunnews.com

 Kalau tadi sudah ada dua macam es krim yang menghiasi jajaran kuliner ngetrend di Yogyakarta yaitu coconut ice cream dan mochi ice cream, sekarang ada Es krim pot. Es krim satu ini tentunya tidak kalah unik dengan dua es krim sebelumnya, es krim pot dijual dengan menggunakan wadah berupa pot yang biasa digunakan untuk menanam tanaman. Uniknya lagi, es krim pot dibentuk menyerupai tanah dan terdapat bunga di tengahnya. Bahkan es krim pot ini juga dihiasi dengan cacing – cacing yang berasal dari jelly.

Es krim ini sempat populer di kota Bandung, kemudian kepopuleran tersebut merambah ke Yogyakarta. Pada bulan puasa tahun ini, di sepanjang jalan Universitas Gadjah Mada, terdapat belasan penjual es krim pot ini. Mereka menjual es krim ini setiap sore sembari ngabuburit.

Selain kuliner – kuliner unik di atas, masih banyak lagi kuliner lainnya yang tidak kalah unik dan cukup terkenal di tahun ini. Kuliner dan jajanan yang diatas cukup menjadi trend karena banyak sekali yang menjual jajanan tersebut walaupun dengan nama toko yang berbeda – beda. Karena banyaknya penjual tersebut, membuat jajanan – jajanan itu tersebar ke seluruh penjuru Yogyakarta dan menjadi jajanan yang terkenal di tahun ini.

festival kuliner Yogyakarta jajanan unik di Yogyakarta kuliner unik wisata kuliner

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply

    seventeen − fourteen =