6 Wisata Kuliner Jogja Yang Anti-Mainstream!

2281 views

Daerah Istimewa Yogyakarta atau yang sering disebut dengan DIY, merupakan sebuah kota yang memang benar-benar istimewa. Selain terkenal karena budayanya, kota Yogyakarta ini juga sangat terkenal dengan tempat wisata kulinernya.

Banyak sekali tempat kuliner Jogja yang menjadi sasaran para pemburu makanan enak di sekitaran daerah Jogja. Beberapa tempat kuliner Jogja yang akan kita bahas ini telah dirangkum dari berbagai sumber yang akan memberikan rekomendasi tempat kuliner dengan cita rasa yang  khas dan pastinya ramah dompet!

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda untuk membahas tentang info kuliner Jogja yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi anda yang saat ini sedang ada di kota Jogja dan anda setidaknya wajib untuk mencicipi Jogja kuliner yang sangat khas untuk pengalaman berkuliner yang baru.

1. Kalimilk Yogyakarta

Kalimilk Yogyakarta

Kalimilk Yogyakarta

Di saat coffee shop sedang menjamur di berbagai kota besar seperti Jakarta, Bogor dan Surabaya, namun lain halnya dengan di Yogyakarta. Di kota ini, kafe susu justru menjadi sangat populer. Di Yogyakarta, banyak kafe yang menyajikan aneka produk olahan susu, salah satu yang terkenal adalah Kalimilk.

Kaliurang Milk atau yang dikenal dengan Kalimilk, merupakan salah satu kedai susu segar di Yogyakarta yang menyajikan susu segar dengan rasa yang berbeda. Mulai dari susu hangat seperti susu murni, susu kopi, susu caramel, dan susu moca, sampai susu dingin seperti ice kalimilk banana, ice kalimilk pure, ice kalimilk capucino, ice kalimilk melon, strawberry, dan lainnya. Porsi yang ditawarkan adalah medium dan gajah. Untuk porsi gajah, pastikan sebelumnya Anda telah mengosongkan perut karena porsi gajah benar-benar berukuran jumbo.

Kalimilk memiliki sebutan yang unik bagi pelanggannya yaitu Neneners. Bagi Neneners yang sedang tak ingin minum susu, jangan khawatir, Kalimilk juga menyediakan aneka snack seperti omelet, kentang goreng, risoles, roti bakar, dan masih banyak lagi. Harga yang ditawarkan pun sangat bersahabat, sehingga tidak akan menguras dompet anda.

Alamat: Jalan Kaliurang KM 4,9, Yogyakarta

Jam buka: 11:00 – habis.

2. Nasi Goreng Beringharjo

Nasi Goreng Beringharjo

Nasi Goreng Beringharjo

Nasi goreng memang merupakan makanan favorit banyak orang. Hampir semua orang menyukai makanan yang satu ini. Meskipun mudah cara pembuatannya, namun tak jarang juga warung dan restaurant yang menjual masakan yang satu ini. Ada bermacam varian yang bisa ditambahkan pada masakan ini, mulai dari yang sederhana hanya menggunakan telur saja sampai yang menggunakan tambahan daging, sosis, bakso dan masih banyak lagi pelengkap masakan yang satu ini.

Walaupun bisa ditemui dimana saja, namun tak ada salahnya mencicipi nasi goreng istimewa di Yogyakarta yang sudah berdiri sejak tahun 1960 ini. Meski sudah sekian lama berdiri, namun rasa nasi gorengnya tak berubah karena tetap menggunakan resep lawas yang masih terjaga.

Di sini, Anda dapat memesan nasi goreng ayam atau nasi goreng babi. Meskipun ramai pembeli, Anda tak perlu menunggu lama sampai pesanan Anda siap. Hal ini dikarenakan nasi goreng telah dimasak dalam jumlah besar, namun tetap disajikan dalam keadaan hangat dan nikmat. Selain nasi goreng, menu lain yang bisa Anda coba adalah bihun goreng, bakmi goreng dan babi kecap. Porsi yang disediakan juga terbilang berbeda. Jika merasa belum kenyang menyantap satu porsi nasi goreng, Anda dapat memesan porsi dengan ukuran 1,5 atau 2 yang disajikan dalam satu piring.

Alamat: jalan Pabringan 1, Yogyakarta

Jam buka: 19:00 – habis.

3. Manggar Manding

Manggar Manding

Manggar Manding

Nasi gudeg merupakan makanan khas kota Yogyakarta. Sebagaimana telah kami paparkan bahwa kota Yogyakarta terkenal dengan kota gudeg. Gudeg sendiri merupakan makanan khas kota Yogyakarta. Seperti kita ketahui bahwa pada umumnya gudeg berbahan dasar nangka muda. Akan tetapi di Manggar Mading gudeg dibuat dengan sensasi yang berbeda. Gudeg di Manggar Mading justru terbuat dari manggar atau bunga kelapa yang masih muda. Manggar ini dimasak selama lebih dari 12 jam, sehingga memiliki cita rasa yang unik, lezat, legit dan lebih berserat daripada gudeg yang terbuat dari nangka muda.

Gudeg dulunya merupakan menu makanan istimewa di kerajaan yang biasanya disajikan dengan sayur krecek dan tempe bacem. Jadi, jika anda mencicipi gudeg manggar, sama artinya dengan anda telah menikmati sajian istimewa kerajaan.

Manggar dipercaya berkhasiat untuk memancarkan kecantikan. Tak heran jika gudeg manggar ini dulunya sangat disukai para puteri kerajaan. Anda tertarik mencicipi masakan khas kerajaan ini? Datang saja ke Jalan Parangtritis KM. 11,5, Bantul, Jogjakarta dan rasakan sensasi makan gudeg dengan rasa yang unik dan lezat!

Alamat: Jalan Parangtritis KM. 11,5, Bantul, Jogja.

4. Gudeg Pawon

Gudeg Pawon

Gudeg Pawon

Berbicara tentang kuliner Yogyakarta, tak lengkap rasanya jika tak menyebut gudeg. Gudeg sudah menjadi kuliner wajib yang harus Anda coba jika berkunjung ke Yogyakarta. Kuliner yang terbuat dari daging nangka muda ini banyak ditemui di tempat makan di seluruh pelosok Yogyakarta. Jika ingin menyantap gudeg di tempat yang berbeda, datang saja ke Gudeg Pawon.

Gudeg Pawon merupakan salah satu tempat wisata kuliner istimewa di Yogyakarta. Tempat makan yang sudah berdiri sejak tahun 1958 ini melayani pelanggannya langsung dari dapur atau pawon dalam bahasa Jawa. Anda bisa melihat tungku sederhana yang digunakan untuk memasak gudeg ini. Meskipun tempatnya sederhana, namun kenikmatan gudeg di sini tak bisa diremehkan.

Gudeg Pawon bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang suka melakukan wisata kuliner di malam hari. Menikmati nasi gudeg ditambah ayam dan segelas teh manis hangat akan menjadi sajian istimewa di tengah dinginnya Yogyakarta di malam hari. Sebaiknya Anda datang sebelum jam buka karena setiap harinya, Gudeg Pawon selalu banjir antrean pembeli.

Alamat: Jalan Dr. Soepomo, Umbulharjo, Yogyakarta.

Jam buka: 22:30 – habis.

5. Angkringan Lik Man

Angkringan Lik Man

Angkringan Lik Man

Angkringan bukanlah istilah yang asing di Kota Pelajar ini. Angkringan tak hanya menjadi tempat kuliner rakyat yang murah meriah, namun juga sudah menjadi sebuah budaya. Di angkringan, masyarakat bisa berkumpul dan berbincang tentang apa saja, mulai dari sepak bola sampai berita politik terhangat. Angkringan dapat dengan mudah Anda temui di Yogyakarta, namun ada satu angringan yang istimewa yaitu Angkringan Lik Man.

Apa istimewanya Angkringan Lik Man? Angkringan Lik Man merupakan angkringan pertama di Yogyakarta sejak tahun 1969. Menu yang disajikan pun sama dengan angkringan pada umumnya seperti sego (nasi) kucing, sate telur puyuh dan aneka gorengan. Tapi ada yang satu sajian yang berbeda, yaitu Kopi Joss.

Kopi Joss merupakan menu andalan di tempat wisata kuliner ini. Cara penyajian kopi ini sangat unik karena kopi akan dicampur dengan arang yang masih merah membara. Bunyi ‘jooossss’ yang ditimbulkannya inilah yang membuatnya disebut dengan Kopi Joss. Kopi Joss memiliki rasa unik yang khas dan tak dimiliki kopi lainnya. Konon, arang yang dicelupkan ke dalam kopi akan menetralisir kafein sehingga kopi ini aman untuk pencernaan Anda.

Angkringan Lik Man merupakan salah satu tempat wisata kuliner terbaik untuk menikmati Yogyakarta di malam hari. Hanya dengan merogoh kocek sebesar 10.000 – 15.000 Rupiah saja, Anda sudah bisa menikmati Kopi Joss dan nasi kucing dilengkapi dengan lauk sederhana yang tak kalah nikmat.

Alamat: Kawasan Stasiun Tugu, Yogyakarta

Jam buka: 18:00 – habis.

6. Mie Telap 12

Mie Telap 12

Mie Telap 12

Pernahkah Anda melihat gambar di bungkus mie instan dan merasa tergoda untuk mencicipinya, namun kecewa karena saat membuatnya sendiri di rumah, ternyata mie jauh dari gambaran? Anda tak perlu merasa kecewa jika datang ke Mie Telap 12. Di sini, Anda dapat menikmati mie instan yang disajikan persis seperti yang terlihat di bungkusnya.

Jika Anda memesan mie instan rasa rendang misalnya, maka Anda akan mendapat semangkok mie instan lengkap dengan potongan daging rendang dan topping lainnya yang ditata persis sama seperti di bungkusnya. Anda juga dapat memesan aneka minuman disini seperti milkshake, soda float dan teh dengan aneka rasa seperti lemon, strawberry, vanilla dan mangga. Berminat mencoba indomie dengan rasa yang sebenarnya?

Alamat: Jalan Pandean 10B, Yogyakarta.

Itulah tadi 6 tempat wisata kuliner di Jogja. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua terutama untuk menambah informasi bagi anda yang ingin mencari tempat wisata kuliner enak di Jogja. Selamat mencoba!

rekomendasi tempat makan wisata kuliner yogyakarta

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply

    11 + fourteen =