Menikmati Eksotisme 5 Wisata Alam Di Kepulauan Mentawai Yang Begitu Cantik

2223 views

Mentawai adalah sebuah kabupaten di provinsi Sumatera Barat yang memiliki ratusan spot untuk berselancar dengan pantainya yang masih asri dan memiliki keindahan yang menawan. Sebagian besar wilayah kepulauan mentawai masih berupa hutan dengan beberapa spesies endemic yang dilindungi. Untuk menuju ke kepulauan ini, kamu dapat menggunakan pesawat udara dari Bandar Udara International Minangkabau di Padang untuk terbang menuju Bandara Rokot yang berada di Mentawai. Alternatif lain yang dapat kamu pilih untuk berpetualang di pulau yang konon merupakan surga bagi para peselancar kelas dunia, adalah menggunakan kapal motor dengan menempuh perjalanan selama kurang lebih antara 10 – 12 jam.

Panorama alam yang begitu cantik dan mempesona dengan banyak pantai indah berpasir putih dengan air yang begitu biru jernih dengan ombak besar, tinggi, dan panjang menjadikan Mentawai terkenal di kalangan turis mancanegara terutama bagi penggemar olahraga surfing. Yuk mari kita simak beberapa destinasi menarik untuk dieksplore ketika kamu akan berkunjung ke Mentawai.

Pulau Sipora

Pulau Sipora

Pulau Sipora via indahnyaindonesiaitu.blogspot.com

Keindahan Pulau Sipora

Pulau Sipora via sumbar.kemenag.go.id

Pulau ini terletak di antara Kepulauan Pagai dan Pulau Siberut dan memiliki luas hanya sekitar 845 km2. Disini merupakan salah satu tempat favorit bagi para peselancar karena ombak ganasnya yang memacu adrenalin sepanjang tahun.  Untuk menikmati keindahan wisata bahari yang mempesona di pulau Sepora, kamu dapat berkeliling dengan menggunakan perahu atau speed boat. Kamu juga dapat melakukan aktivitas diving, snorkeling ataupun sekedar bersantai di tepi pantai sembari menikmati angin pantai yang semilir berhembus sambil menunggu matahari terbenam.

Desa Sikakap

Pantai sikakap

Pantai sikakap via geospotter.org

Desa Sikakap

Desa Sikakap via twitter.com

Sikakap adalah salah satu kecamatan yang terbagi dalam 3 desa yaitu desa Matobek, desa Sikakap, dan desa Taikako. Di desa ini kamu dapat menjumpai sejumlah pantai dengan airnya yang begitu biru dan tenang nyaris tidak berombak sehingga nyaman untuk dilalui oleh perahu-perahu kecil yang melintas dari sisi Pagai Selatan dan Pagai Utara. Kamu dapat melakukan aktivitas memancing sembari menikmati semilir angin laut seperti kebanyakan dilakukan oleh masyarakat sekitar di desa ini.

Pulau Siberut

Pulau Siberut

Pulau Siberut via piknikdong.com

Pulau SIbeut

Pulau SIbeut via oldlook.indonesia.travel

Pulau terbesar di Mentawai ini terletak sekitar 150 kilometer sebelah barat Sumatera di Samudera Hindia, menjadikan ombak yang dihasilkan cukup ganas di bagian selatan sedangkan di bagian utara memiliki ombak yang cukup tenang. Bagi kamu yang menyukai tantangan dan petualangan, tempat ini sangat cocok untuk kamu pilih sebagai salah satu tujuan berlibur kamu. Pulau ini memiliki cagar alam biosfer yang disebut dengan nama Taman Nasional Siberut yang mempunyai keanekaragaman satwa bahkan termasuk satwa yang sangat langka dan juga memiliki keanekaragaman hayati. Pulau ini dikenal karena sebaran primatanya diantara lain bilou (Hylobates klossii), langur untut babi (Simiar concolor), langur Mentawai (Presbytis potenziani), dan beruk Pulau Pagai (Macaca pagensis). Memiliki keindahan alam yang mempesona termasuk hutan tropis yang masih alami yang memiliki pohon-pohon dengan ketinggian 60 meter dimana kamu dapat melakukan aktivitas trekking.

Desa Madobak

Desa Madobak

Desa Madobak via panchesatoko.blogspot.com

Air terjun Kulu Kubuk

Air terjun Kulu Kubuk via online-instagram.com

Desa ini terletak di hulu sungai Siberut Selatan dan memiliki air terjun Kulu Kubuk sedingin es dengan dua tingkatan setinggi 70 meter. Selain itu, disini memiliki pesona budaya yang masih tradisional. Dari Padang kamu dapat menempuh perjalanan dengan menggunakan kapal yang memiliki jadwal melintas hanya dua kali seminggu yaitu Kapal Sumber Rezeki Baru (minggu malam) dan Kapal Simasin (kamis malam) dengan masa perjalanan sekitar satu hari. Di desa ini kamu dapat melihat kehidupan alami suku tradisional disana dengan rumah-rumah kayu, kapal motor di pinggir sungai dan aneka ragam budaya lokal mereka yang menarik. Kamu dapat juga memesan berbagai souvenir menarik yang terbuat dari batang sagu atau kerajinan lainnya.

Pulau Nyang Nyang

Pulau Nyang Nyang

Pulau Nyang Nyang via tenda.biz

Pulau Nyang Nyang

Pulau Nyang Nyang via indookay.blogspot.com

Pulau ini terletak di kecamatan Siberut Selatan dan merupakan satu dari gugusan Kepulauan Mentawai yang memiliki panorama alam yang indah dan eksotis. Memiliki pantai yang masih alami, bersih, dan mempesona menjadikan pulau ini menarik untuk dikunjungi. Para peselancar berbondong-bondong datang untuk menaklukkan ganasnya ombak yang konon merupakan terbaik ketiga setelah Hawaii dan Tahiti.

Ketika kamu ingin berlibur disini, jangan lupa untuk membawa perbekalan seperti makanan dan minuman karena disekitar pulau ini tidak terdapat toko yang menjual keperluan tersebut. Kamu dapat meminta masyarakat lokal untuk menyediakan makanan seperti santapan ikan laut dengan membayar sejumlah uang. Bila kamu tidak ingin merogoh kocek dengan membayar mahal untuk tinggal di resort yang terdapat di pulau ini, kamu bisa tinggal di rumah-rumah tertentu yang masih terbuat dari kayu dengan harga yang lebih murah. Kamu juga dapat berkeliling di sekitar dengan berjalan atau menggunakan perahu dan berinteraksi dengan penduduk asli atau melihat kehidupan sehari-hari mereka seperti menangkap ikan di laut.

Selain menikmati keindahan pulau-pulau di Mentawai, kamu juga dapat melihat kehidupan lebih dekat suku pedalaman Mentawai mulai dari bahasa yang digunakan, budaya ataupun adat mereka. Suku Mentawai hidup harmonis dengan lingkungan sekitar. Suku Mentawai tinggal di empat pulau yaitu pulau Sibora, pulau Siberut, Pulau Pagai Utara, dan Pulau Pagai Selatan. Suku ini hidup sederhana dengan tempat tinggal yang terbuat dari kayu dan berbentuk panggung yang disebut dengan Uma. Sedangkan untuk pakaian mereka, biasanya para kaum lelaki menggunakan penutup bagian bawah tubuh yang terbuat dari kayu atau disebut Kabit, sedangkan para kaum perempuan menggunakan pelepah daun pisah untuk menutupi bagian bawah dan rajutan daun rumbai untuk bagian atas tubuh.

TIPS BERLIBUR KE MENTAWAI :

  • Perhatikan dengan seksama jadwal kapal-kapal yang menuju kesana, karena kadang-kadang jadwal tersebut dapat berubah.
  • Bawalah uang tunai yang cukup karena tidak ada ATM di kepulauan Mentawai.
  • Waspada terhadap nyamuk dan lintah, jadi sebaiknya kamu membawa lotion anti nyamuk.
  • Bawalah pakaian hangat karena pada saat malam hari suhu menjadi dingin.
  • Bila kamu gemar berselancar bawalah papan selancar, karena di mentawai susah ditemui toko-toko yang menjual ataupun menyewakan papan selancar.
  • Bawalah obat-obatan untuk menunjang aktifitas kamu sepanjang perjalanan.
  • Bila kamu tidak terlalu faham mengenai mentawai atau tidak ingin kerepotan saat berada disana, sebaiknya kamu menyewa pemandu wisata yang lebih memahami budaya masyarakat setempat.

Jadi travel lovers, apakah kamu semakin tertarik untuk berpetualang di kepulauan Mentawai yang cantik nan eksostis ini? Akan semakin seru apabila kamu bepergian dengan teman-teman atau kerabat kamu untuk memulai petualangan yang berkesan di masa liburan kamu mendatang di Mentawai. Lets travel and explore Mentawai!!

keindahan alam indonesia keindahan kepulauan mentawai pesona alam kepulauan mentawai wisata alam wisata bahari wisata pantai

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply

    19 + three =