5 Resto Unik Ini Harus Masuk Daftar Kuliner Wajib Kamu Saat Liburan Ke Jogja!

2337 views

Makan merupakan salah satu kebutuhan pokok naluriah manusia. Itulah sebabnya wisata makanan atau yang lebih akrab kita sebut wisata kuliner bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi tiap daerah. Bahkan banyak orang sengaja berkunjung ke suatu kota hanya untuk mencicipi kuliner khas yang ada.

Sama halnya dengan Yogyakarta. ada banyak kuliner dengan konsep unik dan asik yang hanya ada di Yogyakarta. Kamu wajib memasukkan kelima tempat ini ke dalam daftar wisata kuliner kamu ketika berkunjung ke Yogyakarta.

Jejamuran

Menu Jejamuran

Menu Jejamuran, via telusurindonesia.com

Rumah makan yang berada di Dusun Niron, Desa Pandowoharjo, Kecamatan Sleman ini bisa dibilang salah satu rumah makan unik yang berada di Yogyakarta. Semua menu yang ada di rumah makan ini terbuat dari bahan yang berbeda, yaitu jamur. Makanan, minuman, bahkan camilan semuanya berbahan jamur. Rumah makan unik serba jamur ini buka dari pukul 10.00 pagi hingga 21.00 malam. Menu serba jamur yang ada di sana bisa kamu nikmati setiap hari karena rumah makan ini buka setiap hari.

Di Jejamuran, kamu bisa mencoba berbagai menu menarik. Jamur diolah menggunakan beberapa resep khas Indonesia seperti tongseng, sate, dan masih banyak lagi. Selain itu, kamu juga bisa mencoba segarnya wedang jamur. Minuman segar yang berbahan jamur ini khusus diracik oleh pemilik rumah makan Jejamuran, yaitu Pak Ratidjo.

Jejamuran selalu ramai setiap harinya, terutama waktu makan siang dan makan malam. Kamu harus siap dan sabar mengantri kalau berkunjung saat makan siang dan makan malam. Selain itu, sensasi antrian panjang juga mungkin kamu rasakan pada hari-hari libur seperti akhir minggu ataupun libur nasional.

Selain sebagai rumah makan umum, Jejamuran sering digunakan sebagai tempat berkumpul. Berbagai acara seperti arisan, pengajian, hingga acara ulang tahun beberapa kali digelar. Tak lupa, acara buka bersama juga menjadi rutinnitas wajib setiap tahunnya. Hanya saja, kamu harus memesan tempat jauh hari jika ingin mengadakan acara buka puasa bersama di Jejamuran.

Menu lengkap, sajian unik, ramai dikunjungi orang. Tunggu apa lagi? Kamu harus coba!

Bakmi Mbah Gito

Suasana Warung Bakmi Mbah Gito

Suasana Warung Bakmi Mbah Gito, via travel.kompas.com

Bakmi Mbah Gito merupakan salah satu kuliner yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Yogyakarta. Kuliner bakmi lezat ini berlokasi di jalan Nyi Ageng Nis, Paleman, Rejowinangun, Kotagede, sekitar tiga kilometer ke arah selatan dari kebun binatang Gembira Loka. Meski lokasinya tersembunyi, warung bakmi ini selalu ramai pengunjung setiap harinya. Rasa yang lezat dan arsitektur yang unik menjadi daya tarik utama.

Beberapa menu khas masakan warung bakmi jawa bisa kamu pesan di sini. Bakmi goreng, bakmi rebus, bihun goreng, bihun rebus, capcay goreng, dan capcay rebus merupakan menu andalan utama. Saat jam makan, kamu harus rela menunggu untuk menikmati kuliner lezat ini. Selain karena banyaknya pemesan, kamu harus sabar karena setiap pesanan akan dimasak per porsi. Selain itu, masing-masing menu mempunyai juru masak masing-masing. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga cita rasa dari tiap menu.

Hal menarik lain dari warung Bakmi Mbah Gito yang pasti sayang untuk kamu lewatkan adalah desain arsitekturnya. Warung bakmi ini konon katanya dibangun menggunakan kayu-kayu dari bekas kandang sapi. Tempat duduk yang ada dalam warung pun unik, semua terbuat dari kayu dan bambu. Ornamen keris, wayang, dan beberapa benda pusaka tergantung di dinding dan langit-langit untuk menambah kesan njawani. Benar-benar memperkenalkan suasana Yogyakarta tempo dulu. Cocok untuk tongkrongan kamu dan teman-teman saat mengisi waktu luang.

Gudeg Pawon

Suasana Gudeg Pawon

Suasana Gudeg Pawon, via jenzcorner.net

Gudeg merupakan kuliner khas Yogyakarta yang bisa ditemukan di setiap sudut kota, mulai dari kaki lima pinggir jalan hingga restoran. Olahan nangka muda ini memiliki rasa manis dan biasanya disajikan hangat dengan berbagai lauk seperti ayam, hati, telur, maupun tahu dan tempe. Tak lupa olahan pedas krecek biasanya menjadi pelengkap sajian gudeg.

Dari banyaknya warung gudeg yang ada di Yogyakarta, ada satu yang wajib kamu kunjungi yaitu gudeg pawon. Apa uniknya? Warung gudeg ini buka di sebuah pawon atau dapur. Jadi, kamu bisa merasakan langsung sensasi makan di dapur pembuatan gudeg, sembari melihat gudeg dimasak.

Gudeg Pawon yang berlokasi di jalan Jaturan, Warungboto ini buka sejak pukul 22.30 malam setiap harinya. Tapi jangan salah, biasanya antrian sudah ramai mulai pukul 20.30. Kamu harus bergegas agar dapat antrian pertama karena biasanya Gudeg Pawon ludes terjual kurang dari dua jam. Orang saja rela mengantri berjam-jam untuk mencicipi lezatnya Gudeg Pawon. Rugi kalau kamu tidak coba.

House of Raminten

Set Menu House of Raminten

Set Menu House of Raminten, via nyapurnama.wordpress.com

Ingin merasakan masakan rumahan dengan gaya unik yang lebih moderen? House of Raminten tempatnya. Resto unik ini terletak di daerah Kotabaru, Yogyakarta.

Di House of Raminten, masakan rumahan disulap menjadi sajian yang unik dan menarik. Menu utama yang bisa kamu nikmati disini adalah menu-menu tradisional khas Yogyakarta seperti nasi kucing, tempe mendoan, dan masih banyak lagi. Uniknya, menu-menu tadi tidak serta merta tersaji seperti standar sajian pada umumnya. House of Raminten mempunyai standar tersendiri bagi setiap menu yang mereka punya.

Nasi kucing yang biasa kita jumpai terbungkus daun disajikan dalam sebuah piring saji lengkap dengan lauk berupa telur, kering tempe, maupun ditambahkan suwiran ayam. Selain itu, minuman pun tersaji unik dengan berbagai gaya dan nama. Es Degan Plentong merupakan salah satu menu minuman favorit yang harus kamu cicipi. Es Degan yang biasanya hanya tersaji dengan gula disajikan kembali dalam sebuah wadah berupa gelas super besar lengkap dengan sirup cocopandan dan tambahan nata de coco. Benar-benar nikmat dan menyegarkan dahagamu di siang hari.

Hal unik lain yang tidak akan ditemukan di resto lain adalah aneka jamu yang hanya dimilki House of Raminten. Jamu kunyit asam, beras kencur, hingga batuk pilek ada di sini. Cocok jadi alternatif obat tradisional buat kamu.

Oyot Godhong Resto

Oyot Godhong Cabaret Show

Oyot Godhong Cabaret Show, via njogja.co.id

Oyot Godhong merupakan salah satu resto unik yang wajib ada dalam daftar kuliner kamu. Resto ini terletak di lantai paling atas bangunan Mirota Batik jalan Malioboro, Yogyakarta. Lokasinya yang tinggi memungkinkan kamu menikmati hidangan sembari melihat kesibukan jalan Malioboro.

Resto Oyot Godhong dimiliki oleh orang yang sama dengan pemilik House of Raminten yaitu Pak Hamzah. Kesamaan pemilik membuat set menu dua resto ini tak jauh berbeda. Apa yang bisa kamu nikmati di House of Raminten juga bisa kamu temukan di sini. Namun, ada satu daya tarik khusus yang hanya dimiliki oleh Oyot Godhong dan tidak ada di tempat lain.

Setiap akhir pekan pertama malam hari, kamu akan kesulitan mendapatkan tempat ketika berkunjung ke sini. Jika beruntung, boleh jadi kamu akan merasakan sensasi duduk berdesakan dengan pengunjung lain. Ada satu agenda khusus yang hanya ada di sini setiap akhir pekan, yaitu pertunjukan kabaret.

Pertunjukan kabaret merupakan agenda rutin yang pasti dinantikan banyak orang yang berkunjung ke Oyot Godhong. Untuk menikmati pertunjukan ini, kamu cukup merogoh kocek sebesar 35.000 rupiah di luar harga makanan dan minuman yang kamu pesan selama pertunjukan. Selain itu, sangat disarankan agar kamu datang jauh lebih awal dari jam pertunjukan. Meski pertujukan dimulai pukul 18.00, kamu harus datang lebih awal agar mendapat tempat duduk yang nyaman dan sudut yang bagus saat menonton pertunjukan.

Makanan lezat dan minuman segar dipadukan dengan pertunjukan kabaret yang menghibur akan membuat akhir pekan kamu tak terlupakan.

liburan ke jogja restoran unik wisata kuliner

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply

    9 − 6 =