4 Destinasi Wisata di Indonesia yang Menarik Untuk Dikunjungi Tahun Ini!

1219 views

Mereka yang sehari-hari duduk di depan layar monitor dalam perusahaan, akan mengatakan bahwa liburan itu menenangkan diri dari hirup pikuk dunia kerja. Bagi pelajar, dan mahasiswa, liburan adalah menikmati hal baru selain angka dan tulisan. Begitulah, semua benar. Menjelajah, menikmati tempat baru, menikmati sensasi baru dalam hidup, menenangkan pikiran, dan lain sebagainya.

Alam masih menjadi daya tarik bagi orang-orang untuk berlibur. Indonesia begitu indah, indonesia begitu beragam. Gunung, laut, budaya yang beragam dari Sabang sampai Merauke, indonesia indah, indonesia kaya. Kalau banyak orang yang lebih suka pergi ke luar negeri, maka dia belum tau tempat wisata di indonesia yang aduh, bukan main.

1. Taman Wisata Rembangan, Jember, Jawa Timur

Taman Wisata Rembangan

Taman Wisata Rembangan via jembertourism.com

Bila anda berkunjung ke jawa timur, taman wisata rembangan adalah alternatif liburan alam yang mengagumkan. Taman wisata ini berada di kota jember, 15 km ke arah utara kota Jember. Andalan kawasan ini adalah pegunungan dan taman agrowisata.

Letaknya yang berada di puncak dengan ketinggian 650 mdpl menjadikan tempat wisata ini memiliki suhu udara yang sejuk. Gerah aktivitas sepanjang pekan akan diobati oleh hawa sejuk dengan suhu sampai 18 derajat celcius. Cocok untuk berlibur bersama keluarga.

Berbagai fasilitas hiburan dan objek agrowisata tersedia di sini, seperti kebun buah naga dan kebun bunga milik Politeknik Negeri (Poltek) Nursery. Jika pada musimnya anda, anda bisa memetik sendiri buah-buahan yang berada pada taman agrowosata tersebut, seperti buah naga, alpukat, pisang dll. Bila anda membawa keluarga untuk berlibur di sini, liburan anda sekaligus digunakan untuk belajar bagi anak-anak anda.

Setelah selesai berwisata di objek agrowisata, anda bisa mengajak keluarga atau orang-orang tercinta untuk bersenang-senang kembali dengan berenang di sumber air pegunungan yang terawat. Di sini terdapat kolam renang yang cukup luas yang siap memanjakan anda dan keluarga anda untuk mengakhiri sore hari. Soal fasilitas penginapan, anda tak perlu risau, berbagai penginapan dengan biaya terjangkau banyak dijumpai di sini.

2. Serayu Adventure, Banjarnegara, Jawa Tengah

Serayu Adventure

Serayu Adventure via fkhbanjarnegara.com

Bila anda menyukai kegiatan yang memacu adrenalin, Serayu Adventure adalah tawaran yang tak boleh ditolak. Anda akan mengeluarkan segala teriakan disepanjang derasnya sungai Serayu yang menjadi rute rafting. Serayu Adventure berada di desa Singamerta, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara, 10 menit perjalanan dari alun-alun Kabupaten Banjarnegara. Letak Basecamp Serayu Adventure yang tak tak jauh dari jalan raya Wonosobo-Banjarnegara, menjadikan lokasi ini mudah untuk ditemukan.

Dengan merogoh kocek antara Rp 200.000,- sd. Rp 300.000,- sesuai paket yang sudah disediakan, anda bisa menghilangkan segala penat setelah aktivitas selama seminggu. Selain wisata rafting, objek wisata Serayu Adventure juga menyediakan berupa-rupa permainan yang juga memacu adrenalin, seperti outbound dll.

Bila ingin menginap, serayu adventure juga menyediakan fasilitas penginapan yang berstandar nasional. Atau bila ingin langsung bersentuhan dengan alam, anda bisa mendirikan tenda di area basecamp. Area basecamp yang luas sangat memungkinkan didirikan banyak tenda-tenda, malam hari bisa ditutup dengan menyalakan api unggun dan mengisinya sambil bernyanyi bersama orang-orang tercinta.

3. Wisata Atas Awan Dieng, Jawa Tengah

Wisata Atas Awan Dieng

Wisata Atas Awan Dieng via birowisatadieng.com

Ada yang mengatakan, berwisata ke dieng adalah berwisata ke atas awan. Ini cukup beralasan, diketinggian kira-kira 2000m diatas permukaan laut, tempat setinggi ini masih dihuni oleh penduduk yang bermata pencaharian sebagai petani. Banyak yang dapat kita jumpai bila berwisata ke Dieng. Hamparan perkebunan yang luas, dan pemandangan dari beberapa gunung yang elok seperti gunung Sumbing, Sindara, Merbabu, Merapi. Selain itu berbagai wisata budaya yang penuh akan nilai sejarah dan cerita rakyat juga banyak dijumpai di sini. Candi-candi, dan telaga adalah dua diantaranya.

Bila anda ingin mendapat wisata budaya yang lebih, datanglah pada bulan Agustus karena di situ ada Dieng Cultur Festival (DCF). Sesuai dengan namanya, Dieng Cultur Festival adalah acara budaya yang mengangkat kearifan budaya lokal masyarakat Dieng. Tradisi acara ruwatan / pemotongan rambut bocah gimbal dieng adalah inti dari rangkaian festival budaya ini. Upacara pemotongan rambut anak-anak di sekitar dieng yang memiliki rambut Gimbal merupakan tradisi turun temurun di Dieng. Selain itu banyak rangkaian acara yang mengiringi festival ini, seperti Jazz atas awan yang mana pengunjung akan dimanjakan dengan alunan musik jazz yang tenang.

Malam hari yang romantis akan dibuat semakin romantis dengan adanya Festival Lampion dan Kembang Api. Ribuan pengunjung Dieng Culture Festival akan berkumpul pada suatu tempat lapang dengan masing-masing membawa lampion yang telah disediakan. Riuh rendah semarak suara pengunjung di malam itu, kemudian secara serentak lampion-lampion dilepas ke udara. Pendar cahaya bagai emas terbang menghiasi langit dieng, suatu keromantisan suasana yang sulit digambarkan.

4. Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah

Karimunjawa

Karimunjawa via pesonaindo.com

Andalan wisata utama dari Kepulauan Karimunjawa adalah keindahan lautnya. Karimunjawa terletak di sebuah kecamatan di kabupaten Jepara, Jawa Tengah, enam jam perjalanan dari pelabuhan pantai kartini dengan menggunakan kapal.

Hamparan pantai pasir putih yang bersih, keaneka ragaman hayati bawah laut yang kaya, kondisi pulau dengan hutan yang masih asri semakin membuat nyaman para pengunjung pulau ini. Pulau Tengah, Pulau Cemara Kecil, Pulau Cemara Besar, Pulau Geleang, Pulau Menjangan Kecil, Pulau Kecil, yang masing-masing memiliki pesona dan keunikan tersendiri. Sangat cocok untuk berlibur dengan keluarga, maupun orang-orang tercinta lainnya.

Snorkeling, menurut banyak pengunjung yang telah mencoba aktivitas snorkeling di sini, karimun jawa adalah salah satu tempat terbaik untuk melakukannya. Anda akan dimanjakan dengan berbagai keaneka ragaman ikan, terumbu karang yang masih terjaga, ditambah dengan kebersihan dan air yang tenang. Selain itu, ada penangkaran hiu di pulau ini, jadi bagi yang ingin memacu adrenalin, anda bisa mencoba berenang dengan hiu-hiu tersebut. Tak perlu takut dengan hiu-hiu disini, karena anda pasti aman.

Berkeliling pulau sembari menikmati senja di pulau ini adalah hal yang tak boleh terlewatkan. Kemudian, aktivitas-aktivitas seperti memancing, bermain pasir, berjemur, Trekking hutan mangrove, berfoto-foto, dan api unggun di malam hari akan menjadikan liburan anda di karimunjawa akan semakin berkesan.

Demikianlah pesona surga di tanah indonesia. Turis internasional saja mendatangi tempat-tempat itu, masa kita yang mendiami tanah ini tak sempat mengunjunginya, amat rugi bukan?

keindahan alam indonesia tempat wisata populer indonesia wisata alam

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply

    15 − six =